Sukses

Sapioseksual, Saat Tergila-gila dengan Orang Pintar

Kalau pemilik tubuh proporsional dianggap seksi, itu wajar sekali. Kalau orang yang punya wawasan luas Anda anggap seksi? Bisa jadi Anda tipe sapioseksual!

Bicara soal seksi, mungkin yang terpikirkan adalah tubuh yang proporsional, otot yang kencang, atau seseorang dengan pandangan mata yang tajam. Kendati demikian, itu tidak berlaku buat orang dengan sapioseksual.

Pasalnya, yang dianggap seksi oleh mereka bukanlah perkara tubuh, melainkan kepintaran!

Kenapa Sapioseksual Anggap Orang Pintar Itu Seksi?

Sapioseksual sendiri merupakan kondisi ketertarikan seksual seseorang terhadap orang lain yang dianggapnya pintar, punya wawasan luas, dan pemikiran yang unik. 

Istilah sapioseksual berasal dari kata sapiens yang berarti bijaksana plus kata seksual yang tentu sudah Anda ketahui maknanya. 

Lalu, kenapa ada orang yang menganggap kejeniusan itu sebagai sesuatu yang menggairahkan?

Nah, menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi.,Psikolog, diduga penyebabnya adalah pengalaman semasa kecil. 

“Saat dia masih anak-anak, ada kemungkinan dia ini sering dibilang kurang pintar. Alhasil, kondisi tersebut memengaruhi individu. Dia merasa dirinya kurang berkualitas,” ujar Ikhsan. 

“Untuk memenuhi kekurangannya itu, dia akhirnya tertarik dengan orang yang lebih pintar agar kualitas dirinya yang nggak bisa dipenuhi jadi bisa terpenuhi,” jelasnya. 

Selain itu, pengalaman dalam menjalin hubungan juga bisa membuat seseorang selalu tertarik dengan orang yang lebih pintar darinya. 

“Ketika dia pernah berhubungan dengan orang yang kebetulan memang cerdas dan hubungannya tersebut berjalan baik. Hanya saja, karena faktor lain mereka harus berpisah. Nah, si orang ini bisa saja terus mengagumi orang-orang yang pintar,” kata psikolog itu. 

Artikel Lainnya: Sex Appeal, Bisa Dibentuk atau Bawaan Lahir?

1 dari 4 halaman

Siapa yang Paling Sering Jadi Sapioseksual, Pria atau Wanita?

Untuk pertanyaan yang satu ini, Ikhsan mengatakan, “Kalau dari berbagai penelitian yang saya lihat, perempuan cenderung lebih banyak menjadi sapioseksual.” 

“Namun, yang jelas, ini tidak bisa menjadi patokan pasti. Karena perempuan itu cenderung selektif dalam mencari pasangan. Untuk short term relationship saja, mereka cukup selektif,” ucapnya. 

Pada awalnya, manusia memang akan tertarik dengan penampilan fisik seseorang dulu.

Setelah ngobrol-ngobrol, barulah Anda akan menyadari dan punya ketertarikan seksual dengan isi otak-nya. 

Sementara itu, dilansir dari Psychology Today,  Diana Raab, Ph.D, membahas siapa saja yang sering dijadikan “sasaran” oleh sapioseksual. 

“Pustakawan, guru, profesor, dan lainnya yang terkait dengan lembaga pembelajaran sering kali menjadi sasaran orang sapioseksual. Dalam antologi berjudul The Sexy Librarian’s Big Book of Erotica, Bix Warden menulis bagaimana pustakawan sering dijadikan fantasi seksual,” kata dia.

“Dia setuju, otak adalah organ paling seksi di tubuh dan mengatakan bahwa kecerdasan itu seksi,” tutur Raab, penulis Writing for Bliss: A Seven-Step Plan for Telling Your Story and Transforming Your Life

Artikel Lainnya: Daya Tarik Seksual pada Istri Berkurang, Apa yang Harus Dilakukan?

2 dari 4 halaman

Apakah Sapioseksual Termasuk Gangguan?

Raab berpendapat, mereka yang menyukai orang pintar dapat dirangsang atau ditantang oleh cara berpikir orang lain. Mereka pada dasarnya mencintai pemikiran!

“Bahkan terkadang, individu sapioseksual juga disebut sebagai ‘nymphobrainiacs’ atau individu yang terangsang dengan perspektif intelektual orang lain. Bagi beberapa orang, kata nymphobrainiac terdengar agak ekstrem,” katanya.

Secara umum, Ikhsan berpendapat “keunikan” orientasi seksual sapioseksual ini bukanlah sebuah gangguan mental dan hanya bersifat ketertarikan. Anda pun tidak perlu terlalu khawatir. 

“Namun, kondisi ini bisa berubah menjadi sebuah masalah saat dia punya ekspektasi tinggi terkait kecerdasan calon pasangannya,” ucap Ikhsan.

Sebagai contoh, calon pasangannya itu harus mengetahui semua hal yang akan dibahas.

Di sisi lain, pasti ada beberapa topik yang memang kurang dikuasai oleh seseorang dan itu wajar. 

Begitu si calon tidak mengetahuinya, dia langsung ilfeel. Padahal, akan sulit untuk menemukan orang yang tahu segalanya seperti ensiklopedia.

Artikel Lainnya: Pengaruh Stres pada Libido Pria

3 dari 4 halaman

Apa Anda Termasuk Sapioseksual? Cek Tanda-tanda Ini!

Untuk tahu apakah Anda termasuk individu yang menyukai orang pintar, ciri-ciri yang dikutip Mind Body Green di bawah ini bisa menjadi indikatornya:

  • Kecerdasan Lebih Menarik dari Penampilan dan Kepribadiannya

Seorang sapioseksual mungkin lebih tertarik untuk mendiskusikan buku atau politik di kencan pertama daripada mencoba mengenal kepribadiannya. 

  • Percakapan Intelektual Bikin Anda Terangsang

Anda sering kali secara fisik turn on oleh kecerdasan. Jika perdebatan politik atau diskusi panjang tentang sastra bikin terangsang untuk berhubungan seks, ini adalah tanda Anda sapioseksual.

  • Anda Perlu Berdiskusi Intelektual sebelum Berhubungan Seks 

“Hubungan intelektual” dianggap sebagai foreplay yang lebih menarik daripada sekadar sentuhan fisik. Jika Anda agak susah terhubung dengan pasangan sebelum ngobrol panjang lebar tentang hal-hal berat, bisa jadi Anda sapioseksual.

Itu dia penjelasan soal sapioseksual, kondisi saat Anda benar-benar menyukai orang pintar.

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan mental lainnya, konsultasikan kepada psikolog melalui fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar