HomePsikologiRelationshipApa Itu Sapioseksual? Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya Ini
Relationship

Apa Itu Sapioseksual? Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya Ini

Ayu Maharani, 25 Okt 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sapioseksual adalah orientasi seksual yang cenderung lebih tertarik pada tingkat kecerdasan seseorang dibandingkan fisiknya. Ini bukan merupakan gangguan mental dan lebih sering terjadi pada wanita.

Apa Itu Sapioseksual? Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya Ini

Bicara soal seksi, mungkin yang terpikirkan adalah tubuh yang proporsional, otot yang kencang, atau seseorang dengan pandangan mata yang tajam. Kendati demikian, itu tidak berlaku buat orang dengan sapioseksual. Pasalnya, yang dianggap seksi oleh orang sapioseksual bukanlah perkara tubuh, melainkan kepintaran.

Sapioseksual sendiri adalah kondisi ketertarikan seksual seseorang terhadap orang lain yang dianggapnya pintar, punya wawasan luas, dan pemikiran yang unik. Istilah sapioseksual berasal dari kata sapiens yang berarti bijaksana dan kata seksual.

Kenapa Sapioseksual Anggap Orang Pintar Itu Seksi?

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi.,Psikolog, diduga penyebab sapioseksual dapat dipengaruhi oleh pengalaman semasa kecil.

“Saat dia masih anak-anak, ada kemungkinan dia ini sering dibilang kurang pintar. Alhasil, kondisi tersebut memengaruhi individu. Dia merasa dirinya kurang berkualitas,” ujar Ikhsan.

“Untuk memenuhi kekurangannya itu, dia akhirnya tertarik dengan orang yang lebih pintar agar kualitas dirinya yang nggak bisa dipenuhi jadi bisa terpenuhi,” jelasnya.

Selain itu, pengalaman dalam menjalin hubungan juga bisa membuat seseorang selalu tertarik dengan orang yang lebih pintar darinya.

“Ketika dia pernah berhubungan dengan orang yang kebetulan memang cerdas dan hubungannya tersebut berjalan baik. Hanya saja, karena faktor lain mereka harus berpisah. Nah, si orang ini bisa saja terus mengagumi orang-orang yang pintar,” kata psikolog itu.

Siapa yang Paling Sering Jadi Sapioseksual, Pria atau Wanita?

Menurut penelitian, perempuan cenderung lebih banyak yang menjadi sapioseksual dibandingkan pria. Meski tidak pasti, namun kecenderungan sapioseksual pada wanita lebih besar karena wanita cenderung lebih selektif dalam mencari pasangan. Bahkan, untuk hubungan jangka pendek.

Pada awalnya, manusia memang akan tertarik dengan penampilan fisik seseorang dulu.

Setelah ngobrol-ngobrol, barulah kamu akan menyadari dan punya ketertarikan seksual dengan isi otak-nya.

Sementara itu, dilansir dari Psychology Today, Diana Raab, Ph.D, membahas siapa saja yang sering dijadikan “sasaran” oleh sapioseksual.

Pustakawan, guru, profesor, dan lainnya yang terkait dengan lembaga pembelajaran sering kali menjadi sasaran orang sapioseksual. Dalam antologi berjudul The Sexy Librarian’s Big Book of Erotica, Bix Warden menulis bagaimana pustakawan sering dijadikan fantasi seksual.

“Dia setuju, otak adalah organ paling seksi di tubuh dan mengatakan bahwa kecerdasan itu seksi,” tutur Raab, penulis Writing for Bliss: A Seven-Step Plan for Telling Your Story and Transforming Your Life

Apakah Sapioseksual Termasuk Gangguan Mental?

Secara umum, orientasi seksual sapioseksual ini bukanlah sebuah gangguan mental dan hanya bersifat ketertarikan. Kamu pun tidak perlu terlalu khawatir jika termasuk ke dalam golongan ini.

Namun, kondisi ini bisa berubah menjadi sebuah masalah saat mereka punya ekspektasi tinggi terkait kecerdasan calon pasangannya.

Sebagai contoh, calon pasangannya itu harus mengetahui semua hal yang akan dibahas.

Di sisi lain, pasti ada beberapa topik yang memang kurang dikuasai oleh seseorang dan itu wajar. 

Begitu si calon tidak mengetahuinya, dia langsung ilfeel. Padahal, akan sulit untuk menemukan orang yang tahu segalanya seperti ensiklopedia.

Apa Saja Ciri-Ciri Orang dengan Sapioseksual?

Untuk tahu apakah Kamu termasuk individu yang menyukai orang pintar, ciri-ciri yang dikutip Mind Body Green di bawah ini bisa menjadi indikatornya:

Kecerdasan Lebih Menarik dari Penampilan dan Kepribadiannya

Seorang sapioseksual mungkin lebih tertarik untuk mendiskusikan buku atau politik di kencan pertama daripada mencoba mengenal kepribadiannya.

Percakapan Intelektual Bikin Terangsang

Kamu sering kali secara fisik turn on oleh kecerdasan. Jika perdebatan politik atau diskusi panjang tentang sastra bikin terangsang untuk berhubungan seks, ini adalah tanda kamu sapioseksual.

Kamu Perlu Berdiskusi Intelektual sebelum Berhubungan Seks 

“Hubungan intelektual” dianggap sebagai foreplay yang lebih menarik daripada sekadar sentuhan fisik. Jika kamu agak susah terhubung dengan pasangan sebelum ngobrol panjang lebar tentang hal-hal berat, bisa jadi kamu sapioseksual.

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan mental lainnya, konsultasikan kepada psikolog melalui fitur Tany Dokter dan kamu juga bisa chat dengan psikolog secara online di aplikasi Klikdokter. Di aplikasi KlikDokter, kamu juga bisa pesan layanan kesehatan online dengan mudah dan aman. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

(HNS/AYU)

sapioseksual

Konsultasi Dokter Terkait