Sukses

Cara Mengatasi Ketombe di Kumis dan Janggut

Ketombe di kumis atau janggut bisa mengganggu penampilan dan bikin tak nyaman. Lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi ketombe di area tersebut.

Ketombe menjadi masalah kulit yang menjengkelkan bagi kebanyakan orang. Selain menyebabkan gatal, serpihan kecil berwarna putih ini juga bisa mengganggu penampilan. 

Mengutip dari Sciencedirect, sekitar 50 persen populasi dunia menghadapi masalah ketombe. Faktor pemicunya bermacam-macam, bisa karena peningkatan produksi minyak, kerentanan individu (bawaan), dan iritasi oleh mikroorganisme patogen, seperti Malassezia spp

Lazimnya, ketombe muncul di rambut kepala. Namun, nyatanya, ketombe di janggut dan kumis juga bisa muncul! Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak di sini. 

1 dari 4 halaman

Penyebab Ketombe di Kumis dan Janggut

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, ketombe atau dermatitis seboroik umumnya muncul di area tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak (kelenjar sebaceous). 

“Area yang berminyak meliputi kepala, wajah, dan dada. Jadi, tidak jarang juga ditemukan ketombe di janggut ataupun kumis,” kata dr. Theresia. 

Mikroba Malassezia globosa cenderung berkembang di area yang punya banyak kelenjar minyak, seperti kulit kepala dan wajah. Jamur ini bertugas membantu memecah sebum, yakni minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous, guna memicu pergantian sel-sel kulit baru.

Proses tersebut menyisakan asam oleat, yang mengiritasi kulit beberapa orang. Jika punya kecenderungan kulit berminyak, Anda mungkin punya lebih banyak mikroba M. globosa.

Artinya, peluang Anda memiliki ketombe di janggut dan kumis semakin besar, terlebih jika jarang dibersihkan.

Menurut penuturan Hoooman Khorasani, Kepala Bedah Kulit dan Kosmetik Mount Sinai's Icahn School of Medicine, sebagaimana dilansir Menshealth, ketombe di janggut berbeda dengan yang ada di kulit kepala. Ketombe di janggut lebih berbentuk butiran, bukan seperti serpihan.

Faktor usia juga menjadi penentu. Biasanya ketombe berwarna putih dan halus. Namun, pada pria yang lebih tua ketombe berwarna kekuningan dan bersisik. 

Artikel lainnya: Jenggot dan Kumis Tidak Tumbuh, Apa Sebabnya?

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ketombe di Kumis dan Janggut

Kemunculan ketombe di janggut dan kumis tentu membuat tidak nyaman. Selain itu, ketombe juga bisa membuat sebagian orang minder ketika harus beraktivitas di luar. Untuk mengatasinya, berbagai cara menghilangkan ketombe di jenggot dan kumis dilakukan.

Berikut cara yang disarankan oleh dr. Devia Irine Putri:

  • Cukur Kumis atau Rambut di Janggut

Ini merupakan cara yang mudah untuk mengatasi ketombe yang mengganggu. Mencukur kumis dan janggut juga memudahkan Anda ketika hendak memberikan perawatan lainnya.

  • Cuci dengan Sabun atau Sampo

Saat mandi, bersihkan area kumis dan janggut dengan sabun atau sampo yang mengandung  ketoconazole atau selenium sulfida.

Caranya, pijat lembut area kulit janggut dan kumis dengan sampo. Tunggu 1 atau 2 menit sebelum membilasnya. 

Jangan menggunakan air ekstra panas. Penggunaannya justru bisa mengeringkan dan makin mengiritasi kulit.

  • Gunakan Pelembap Jika Diperlukan

Melembapkan jenggot menjadi cara penting untuk menghilangkan ketombe. Pelembap membantu rehidrasi dan melindungi kulit Anda setelah keramas. Oleskan pelembap segera setelah dibersihkan.

  • Memberikan Obat Oles Kortikosteroid

Anda bisa memberikan obat oles kortikosteroid saat ketombe mulai menyebabkan radang. Namun, sebaiknya cara ini dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Artikel lainnya: Adakah Manfaat Menumbuhkan Kumis dan Jenggot bagi Kesehatan Pria?

3 dari 4 halaman

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Meskipun beberapa cara perawatan di rumah telah dilakukan, bisa saja masalah ketombe di janggut atau kumis tak kunjung menghilang. Itu sebabnya, menurut dr. Devia, segera ke dokter saat Anda mengalami kondisi ini:

  • Terjadi ruam atau kemerahan yang meluas 
  • Sisik putih atau ketombe semakin banyak
  • Gatal sekali sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dengan penanganan yang tepat, masalah ketombe di janggut dan kumis sesegera mungkin dapat diatasi.

Dapatkan informasi seputar kesehatan kulit dan nutrisi pendukungnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar