Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspada, Virus Corona Bertahan Lama di Uang Kertas dan Ponsel!

Waspada, Virus Corona Bertahan Lama di Uang Kertas dan Ponsel!

Studi terbaru menyebut virus corona bisa bertahan hingga 28 hari di layar ponsel dan uang kertas. Bagaimana tanggapan dokter terkait temuan ini?

Tidak terasa, sudah hampir satu tahun masyarakat berhadapan dengan virus corona. Sejak kemunculannya pada akhir Desember 2019 hingga saat ini, muncul banyak teori seputar virus ini. 

Beberapa dari teori tersebut bisa dipercaya, meski lainnya belum punya bukti valid. Sama halnya dengan teori yang baru-baru ini dicetuskan ilmuwan dari Australian Centre for Disease Preparedness (ACDP). 

Peneliti mengatakan, COVID-19 yang menempel pada uang kertas dan layar ponsel bisa bertahan hingga 28 hari.

Apa pendapat tim medis akan hal ini? Benarkah teori yang disebutkan oleh para ilmuwan tersebut? 

1 dari 3 halaman

COVID-19 Bisa Ada di Uang Kertas dan Ponsel hingga 28 Hari?

Melansir The National, peneliti menemukan coronavirus bisa bertahan hingga 28 hari di permukaan uang kertas dan benda lainnya, seperti layar ponsel.

Virus ini diketahui juga dapat bertahan pada suhu kamar atau sekitar 20 derajat Celsius. kondisi tersebut sebanding dengan kelangsungan hidup 17 hari untuk virus influenza.

Kesimpulan ini didapat ketika peneliti melakukan tes pada suhu 20 derajat Celsius atau sekitar suhu kamar dalam kondisi gelap yang stabil.

Studi yang dimuat dalam Virology Journal ini juga menunjukkan, ketahanan COVID-19 akan berkurang saat berada di suhu panas (>40 derajat celcius).

Temuan ini menambah bukti bahwa virus bertahan lebih lama dalam suhu yang rendah, sehingga bakal sulit dikendalikan di musim dingin.

Ilmuwan juga membandingkan ketahanan virus pada permukaan yang lebih berpori seperti kain. Hasilnya, virus ini hanya bertahan sekitar 14 hari. 

Artikel Lainnya: Ini Waktu yang Diperlukan Virus Corona untuk Hidup di Benda Mati

Menanggapi temuan daya tahan virus corona di uang tersebut, dr. Dyah Novita Anggraini tidak membenarkan maupun membantah. 

Pasalnya, penelitian tersebut dilakukan oleh ilmuwan Australia dan sudah masuk dalam jurnal ilmiah yang bisa dipercaya kebenarannya. 

“Dalam jurnal tersebut ada tiga suhu yang dijadikan patokan yaitu, suhu 20 derajat dengan kelembapan 50 persen virus bisa bertahan 28 hari di permukaan gelas, uang, baja, dan besi.”

“Pada suhu 30 derajat, virus corona bertahan 21 hari. Untuk suhu 40 derajat, virus corona bertahan sekitar kurang dari satu hari,” ujar dr. Dyah Vita. 

Meski butuh penelitian lebih lanjut, dia mengatakan, studi ini bisa dijadikan alasan agar Anda lebih hati-hati dan tidak sembarang menyentuh barang. Utamanya, barang asing yang tidak diketahui level kebersihannya.

Artikel Lainnya: Cegah Coronavirus dengan Tenang, Sigap, dan Efektif

2 dari 3 halaman

Tips Mencegah Penularan Virus Corona dari Uang Kertas dan Ponsel

Virus corona bisa menular dari mana saja, termasuk dari benda-benda yang Anda pegang. Termasuk itu dari uang kertas, ponsel, gagang pintu, dan kaca mobil.

Artinya, masyarakat harus lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti:

  • Hindari memegang barang asing yang ada di luar rumah. Misalnya ketika Anda pergi ke supermarket, gunakan siku untuk membuka pintu dan menyemprot troli barang dengan desinfektan atau alkohol.

Anda bisa menyediakan semprotan alkohol di dalam tas sebagai bentuk pencegahan lainnya.

  • Jangan menyentuh area wajah atau mengucek mata usai memegang ponsel. Apalagi jika Anda baru saja pergi dari luar. Bila perlu, bersihkan terlebih dahulu ponsel Anda sebelum kembali digunakan.
  • Biasakan untuk melakukan metode pembayaran cashless. Boleh saja menggunakan uang tunai, tapi pastikan Anda membayar dengan uang pas sehingga tidak ada kembalian. Lebih amannya, gunakan kartu atau cara pembayaran virtual saat bertransaksi.
  • Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jangan bergantung pada handsanitizer karena efektivitasnya masih di bawah mencuci tangan dengan air dan sabun.

Lakukan cara tersebut untuk mencegah penularan virus corona di uang kertas, ponsel, dan benda lainnya. 

Tetap taati protokol kesehatan dan menjaga jarak sekurang-kurangnya satu meter. Dapatkan informasi terbaru lainnya seputar virus corona hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar