Kulit

Benarkah Jeruk Nipis Campur Kunyit Bisa Memutihkan Kulit?

Tamara Anastasia, 13 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin kulit cerah dengan bahan alami? Kunyit campur perasan jeruk nipis disebut bisa jadi solusinya. Tapi apa pendapat dokter akan hal ini?

Benarkah Jeruk Nipis Campur Kunyit Bisa Memutihkan Kulit?

Punya kulit putih dan mulus masih menjadi impian beberapa orang. Untuk mendapatkan warna yang diinginkan, orang rela mengoleskan kulit dengan bahan alami seperti kunyit yang dicampur jeruk nipis.

Namun, benarkah keduanya ampuh dalam memutihkan kulit? Simak apa tanggapan dokter mengenai ramuan alami untuk kulit ini.  

Kandungan Dalam Kunyit dan Jeruk Nipis

Sebelum menjawab ampuh atau tidaknya jeruk nipis campur kunyit, sebaiknya ketahui dulu kandungan dari kedua bahan alami tersebut.

Dilansir dari Healthline, satu buah jeruk nipis mengandung sekitar 11 kalori, 4 gram karbohidrat, dan 22 persen asupan vitamin C harian. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung manfaat nutrisi berikut:

  • 0,5 gram protein 
  • 01 gram lemak
  • 1,9 gram serat
  • 2 persen besi 
  • 2 persen kalsium 
  • 2 persen vitamin B6
  • 2 persen tiamin 
  • 1 persen kalium 

Sedangkan menurut United States Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, satu sendok makan kunyit mengandung sekitar: 

  • 29 kalori
  • 0,91 gram protein
  • 0,31 gram lemak
  • 6,31 gram karbohidrat
  • 2,1 gram serat
  • 0,3 gram gula

Artikel Lainnya: Bukan Bulir ataupun Airnya, Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan

Kombinasi Jeruk Nipis dan Kunyit

Melihat banyaknya kandungan nutrisi dari jeruk nipis dan kunyit, wajar saja apabila keduanya sering dijadikan obat atau perawatan kecantikan alami. 

Lalu, apa benar jeruk nipis campur kunyit bisa memutihkan kulit tubuh? Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan sampai saat ini tidak ada jurnal atau penelitian yang membuktikan jeruk nipis dan kunyit dapat memutihkan kulit. 

Ia juga menjelaskan, dalam istilah medis tidak ada kalimat memutihkan, tetapi yang benar adalah mencerahkan. Sebab, jika sifatnya memutihkan, artinya ada pigmen melanin yang memberi warna pada kulit dan ini adalah kondisi yang berbahaya. 

Selain itu, mengoleskan bahan alami sembarangan ke kulit juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Alergi dapat menyebabkan ruam merah, gatal-gatal, bahkan infeksi kulit jika tidak segera ditangani. 

Artikel Lainnya: Tak Cuma Makanan & Minuman, Lemon Juga Bermanfaat untuk Wajah

Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami

Lantas, cara alami apa yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit tubuh Anda? Berikut beberapa cara amannya. : 

  • Konsumsi Vitamin C 

“Untuk mencerahkan bisa, dengan menghentikan sementara pigmen melanin, gimana caranya? Caranya konsumsi vitamin C secara rutin. Vitamin C dapat menghambat sementara pigmen melanin. Konsumsi vitamin ini dalam bentuk suplemen atau makan buah dan sayur yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, jambu biji, kiwi, dan sebagainya,” ujar dr. Dyah. 

  • Rutin Membersihkan Kulit 

Mencuci wajah atau mandi teratur adalah kunci penting untuk mencerahkan kulit tubuh. Apabila kulit tidak dibersihkan secara teratur, pori-pori dapat tersumbat kotoran dan memicu produksi minyak berlebih. Alhasil, kulit bisa kelihatan kusam, kasar, kering, dan bersisik. 

Disarankan untuk menggunakan sabun sesuai tipe kulit tubuh. Segera mandi setelah ke luar rumah atau sehabis melakukan aktivitas berat yang memicu keringat keluar. 

Artikel Lainnya: Cara Mencerahkan Paha Bagian Dalam yang Menghitam

  • Gunakan Tabir surya

Agar terlindungi dari bahaya ultraviolet (UV) akibat paparan sinar matahari, gunakan tabir surya atau sunscreen. Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan flek hitam, keriput, atau kulit kusam. 

Saat memilih tabir surya, pastikan memilih produk dengan sun protection factor (SPF) di atas 30 atau lebih agar perlindungan yang didapat maksimal.

  • Eksfoliasi Tubuh

Eksfoliasi atau melepas kulit mati menggunakan scrub dipercaya dapat mencerahkan kulit. Eksfoliasi  dapat mengangkat lapisan kulit mati dan kotoran yang membuat warna kulit jadi kusam. Lakukan perawatan ini sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. 

Tak hanya itu, imbangi juga saran di atas dengan olahraga rutin dan makan makanan yang sehat bergizi. Karena sejatinya kesehatan kulit tidak hanya dijaga dari luar, tapi juga dari dalam tubuh!

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan tentang manfaat jeruk nipis campur kunyit untuk kesehatan lainnya, jangan ragu konsultasikan ke dokter Anda. Untuk lebih mudahnya, gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

Perawatan Kulit

Konsultasi Dokter Terkait