Sukses

Menilik Manfaat Buah Bit untuk Menstruasi

Tak banyak yang tahu soal manfaat buah bit untuk menstruasi. Buah berwarna merah keunguan ini dituding bisa mengurangi keluhan datang bulan. Apa kata medis?

Menstruasi pasti akan membuat tubuh mengalami gejala yang bikin tidak nyaman. Lemas, nyeri, pegal, hingga perut kembung, semuanya bisa bikin mood berantakan. Adakah cara mengatasinya?

Ada! Salah satu cara mengatasi gangguan menstruasi adalah dengan mengonsumsi buah bit. Buah berwarna merah keunguan ini dituding mengandung banyak gizi penting, yang bisa mengurangi keparahan gejala saat menstruasi.

1 dari 4 halaman

Kandungan Gizi dalam Buah Bit

Berikut adalah kandungan gizi dalam 1 cangkir bit mentah:

  • Kalori: 58,5.
  • Gula: 9,19 gram.
  • Serat: 3,81 gram.
  • Protein: 2,19.
  • Vitamin C: 7,4 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 0,3 persen dari kebutuhan harian pria dan 0,39 persen dari kebutuhan wanita.
  • Asam Folat: 37 persen dari kebutuhan harian.
  • Magnesium: 7,83 persen dari kebutuhan harian pria dan 10,97 persen dari kebutuhan harian wanita.
  • Fosfor: 7,7 persen dari kebutuhan harian.

Buah berwarna merah keunguan ini juga mengandung kalsium, zat besi, tiamin, riboflavin, vitamin B6, dan selenium.

Dilansir Medical News Today, buah bit yang sudah matang mengandung lebih banyak zat besi, vitamin C, A, magnesium, serta asam folat.

Artikel Lainnya: Dapatkan Rahim Sehat dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Bit untuk Menstruasi

Berdasarkan dr. Sepriani Timurtini Limbong, hingga saat ini belum ada penelitian skala besar yang mencari hubungan langsung antara buah bit dan gangguan menstruasi.

“Manfaat buah bit saat haid juga tergantung dari jenis gangguan yang dirasakan. Apakah perdarahannya yang banyak? Siklusnya memanjang atau tidak reguler? Atau, lebih ke nyeri haid alias dysmenorrhea?” kata dr. Sepri.

“Bukan berarti buah bit itu sama sekali tidak ada manfaatnya bila dikonsumsi saat haid. Tetap ada manfaatnya, kok. Cuma, tidak untuk semua jenis gangguan menstruasi,” tegasnya.

Menurut dr. Sepri, konsumsi buah bit saat menstruasi bisa memberikan manfaat berikut ini:

  • Mengatasi Badan Lemas Karena Anemia

Wanita memiliki sel darah merah (hemoglobin) yang lebih sedikit dari pria, apalagi saat sedang menstruasi. Kadar hemoglobin normal 14-18 g/dL, sedangkan pada wanita kadarnya hanya sekitar 12-16 g/dL.

Kebutuhan zat besi wanita juga lebih tinggi daripada pria. Dilansir dari Tabel AKG Kemenkes RI, pria usia 10-49 tahun hanya butuh 8-11 mg/hari. Sedangkan wanita usia 10-49 tahun butuh 8-18 mg/hari.

Ditambah lagi, setiap bulan wanita mengeluarkan banyak darah. Makin sedikitlah sel darah merah yang dimiliki kaum hawa. Karena itu, wanita membutuhkan asupan zat besi ekstra agar tetap sehat, salah satunya dari buah bit.

“Dengan mengonsumsi buah bit, wanita datang bulan bisa mencegah anemia yang parah. Tanda-tanda anemia yang paling terlihat adalah badan menjadi sangat lemas. Buah bit bisa membantu mengatasi kondisi tersebut,” tutur dr. Sepri.

  • Mengurangi Gejala Begah atau Perut Kembung

Nafsu makan cenderung menurun saat menstruasi, karena kondisi perut yang begah. Keadaan ini disebabkan oleh perubahan hormon sehingga tubuh menahan lebih banyak air dan garam.

“Buah bit merupakan sumber serat yang baik. Buah yang satu ini bisa mengurangi begah saat menstruasi,” ungkap dr. Sepri.

Artikel Lainnya: Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Haid

 

3 dari 4 halaman

Lengkapi Buah Bit dengan Ini Agar Gangguan Menstruasi Makin Berkurang

Dikatakan oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan buah bit untuk mengurangi gejala menstruasi.

Anda tetap perlu melakukan hal-hal berikut ini agar keluhan menstruasi bisa berkurang lebih signifikan:

  • Terapkan Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang

“Tetap terapkan pola makan gizi seimbang. Anda harus mendapatkan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral dari variasi makanan lain. Zat besi juga bisa didapatkan dari daging merah” ujar dr. Sara.

  • Konsumsi Vitamin C

Kombinasikan konsumsi buah bit dengan asupan mengandung vitamin C. Ini bertujuan agar proses penyerapan zat besi oleh tubuh berlangsung lebih optimal.

“Hindari konsumsi asupan vitamin C bersamaan dengan kalsium atau kafein. Itu malah menghambat penyerapan, sehingga konsumsi buah bit akan jadi sia-sia,” jelas dr. Sara.

  • Segera ke Dokter Jika …

Apabila kondisi badan lemas saat menstruasi dirasakan sangat parah, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Dikhawatirkan kondisi tersebut terjadi bukan akibat anemia, melainkan gangguan kesehatan yang lebih parah lagi.

Bila masih ada pertanyaan seputar manfaat buah bit untuk menstruasi, makanan alami, atau topik kesehatan reproduksi lainnya, langsung saja konsultasikan pada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa untuk aplik Klikdokter agar tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar