Kesehatan Umum

Cat Tembok Bisa Jadi Pilihan dalam Lindungi Kesehatan Keluarga

KlikDokter, 09 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tembok diketahui bisa menjadi media penyebar virus corona. Untuk menghindari paparan, Nippon Paint merilis cat antivirus pertama di Indonesia!

Cat Tembok Bisa Jadi Pilihan dalam Lindungi Kesehatan Keluarga

Masih jadi musuh masyarakat dunia, virus corona diteliti bisa menempel pada berbagai benda mati termasuk dinding rumah.

Bayangkan kalau tembok rumah Anda ternyata ada berbagai macam virus dan salah satunya virus corona. Berbahaya, bukan?

Belum lagi dinding sering dipegang anak-anak ketika bermain. Risiko tertular cenderung tinggi.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih waspada terhadap penularan corona yang bisa terjadi di rumah dan transmisi virus pada benda mati, salah satunya dinding.

Sekilas tentang Penularan COVID-19 di Rumah

Baru-baru ini disebutkan, COVID-19 telah menyebar di unit terkecil masyarakat, yakni klaster keluarga. Adanya berbagai aktivitas dari anggota keluarga saat di luar dan melakukan kontak dekat di rumah, membuat kasus klaster keluarga semakin meningkat.

“Penularan COVID-19 dapat terjadi ketika droplet berisikan virus dikeluarkan melalui batuk ataupun bersin dari penderita COVID-19, masuk ke saluran napas orang lain. Proses penularan ini semakin cepat dan mungkin terjadi, karena COVID-19 dikonfirmasi dapat bertahan lama di udara (airborne),” jelas dokter spesialis paru RSU Adhyaksa, dr. Ahmad Muslim Nazaruddin, Sp.P. FERS.

Ia menambahkan, selain airborne dan droplet, sentuhan dari tangan juga bisa jadi perantara penyebaran virus.

Bila virus hinggap di gagang/handle pintu, smartphone, atau dinding rumah, kemudian tersentuh tangan lalu memegang area mata, mulut, dan hidung, virus bisa masuk ke tubuh.

“Khusus dinding, virus corona dapat bertahan hidup dalam kisaran 2 jam hingga 9 hari. Hal tersebut bergantung pada suhu, kelembapan, dan paparan sinar matahari, serta sirkulasi udara di ruangan,” kata dr. Ahmad.

Artikel Lainnya: Awas! Ini Bahaya Tembok Berjamur bagi Kesehatan Keluarga

Cat Dinding yang Mampu Menangkal Virus

Kalau sudah begini, Anda butuh proteksi ekstra di rumah demi keselamatan keluarga. Nippon Paint sebagai brand cat dinding tepercaya menciptakan inovasi rangkaian cat atau pelapis dinding dengan Silver-Ion sebagai antimikroba.

"Pengembangan teknologi Silver-Ion untuk cat atau pelapis antimikroba Nippon Paint merupakan bentuk usaha kami dalam membantu penekanan penyebaran COVID-19 yang berisiko tinggi pada kesehatan manusia,” ungkap CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan

Berbeda dengan cat lainnya, teknologi Silver-Ion ciptaan Nippon Paint sudah teruji awal tahun 2020 oleh Analytical Lab Group (ALG), sebuah laboratorium independen berstandar global terhadap Human Coronavirus, ATCC VR– 740, strain 229E.

Hasil tes menunjukkan efektivitas 99,9 persen membasmi virus dalam 24 jam setelah kontak dengan lapisan cat yang mengandung teknologi Silver-Ion dari Nippon Paint.

Teknologi mutakhir tersebut telah hadir dalam serangkaian cat dinding untuk kesehatan, seperti Nippon Paint Spot-less Plus, Vinilex Anti-Kuman, dan yang terbaru Nippon Paint VirusGuard sebagai cat antivirus pertama di Indonesia!

Artikel Lainnya: Salah Pilih Cat Tembok, Kesehatan Tubuh Bisa Terancam

Fungsi Silver-Ion dari Nippon Paint diciptakan secara khusus sebagai antibakteri dan antivirus. Tahap-tahapnya yaitu penetrasi ke dalam virus atau bakteri, menghentikan reproduksi, mematikan metabolisme, lalu menghancurkan mikroorganisme tersebut.

Daya antimikroba dalam teknologi ini bertahan lama, sehingga efektif melawan kuman.

Selain Human Coronavirus (strain 229E), teknologi Silver-Ion juga efektif membasmi virus influenza A (H1N1 dan H3N2), penyakit tangan, kaki, dan mulut (Hand Foot Mouth Diseases/HFMD), serta bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus, serta MRSA.

Rangkaian cat ini ramah lingkungan, rendah VOC (volatile organic compound), dan tidak berbau, sehingga aman bagi kesehatan anggota keluarga.

Tak hanya itu, cat dinding antivirus Nippon Paint hadir dalam ratusan pilihan warna memikat yang sangat cocok untuk keindahan ruangan.

Misalnya rumah, klinik atau rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, hotel, dan perkantoran.

“Teknologi Silver-Ion dalam produk Nippon Paint bukanlah zat aditif (penambah) seperti cat lainnya, tetapi terformulasi khusus dalam bahan cat. Jadi, tidak sama dengan Silver- Ion lainnya, Silver-Ion dalam produk Nippon Paint ini tetap bekerja aktif antivirus dan antibakterinya selama lapisan cat menempel di dinding,” pungkas Jon Tan. 

Selalu jaga kesehatan dan maksimalkan perlindungan diri di rumah dengan menggunakan cat dinding antivirus pertama di Indonesia dari Nippon Paint!

(FR/AYU)

Advertorial

Konsultasi Dokter Terkait