Sukses

Seputar Kedalaman Vagina pada Wanita

Kedalaman vagina sering dianggap memengaruhi performa ketika berhubungan seks. Jangan salah kaprah. Yuk, kulik fakta medis mengenai kedalaman Miss V!

Setiap wanita memiliki kedalaman vagina yang berbeda-beda. Uniknya, organ reproduksi wanita itu memiliki kedalaman rata-rata yang tidak lebih dari ukuran penis kebanyakan pria di dunia.

Vagina merupakan saluran antara leher rahim dan alat kelamin wanita. Organ ini dikelilingi oleh otot-otot berbentuk cincin dan berlekuk, yang dapat memanjang atau melebar akibat suatu kondisi. 

1 dari 3 halaman

Menilik Kedalaman Vagina untuk Rata-rata Wanita di Dunia

Ukuran dan tingkat kedalaman vagina pada tiap wanita sangat bervariasi. Secara garis besar, kedalaman vagina untuk rata-rata wanita di dunia berkisar antara 3 sampai 7 inci atau setara dengan 7,6 sampai 17,7 centimeter. 

“Menurut jurnal kandungan, rata-rata kedalaman vagina adalah 3,77 inci atau setara dengan 9,6 centimeter,” kata dr. Arina Heidyana.

Vagina dapat melebar dan memanjang sesuai kondisi. Saat istirahat, vagina wanita dewasa memiliki diameter sekitar 6,4 hingga 7,6 centimeter dan panjang sekitar 8 hingga 9 centimeter. Ukuran tersebut dapat bertambah sampai dua kali lipat ketika sedang berhubungan intim atau melahirkan. 

Artikel Lainnya: Vagina Kemasukan Binatang Kecil, Apa yang Harus Dilakukan?

“Saat terangsang, kedalaman vagina bisa bertambah,” dr Arina membenarkan. 

Darah yang mengalir ke vagina akan lebih banyak saat wanita sedang bergairah. Kondisi ini membuat organ reproduksi tersebut memanjang, sehingga leher rahim atau ujung rahim sedikit terangkat. 

Ukuran vagina yang bertambah saat wanita terangsang memungkinkan lebih banyak bagian penis yang dapat masuk ke dalamnya. 

2 dari 3 halaman

Pengaruh Kedalaman Vagina pada Performa Seksual

Ukuran vagina, dalam jurnal International Urogynecology, disebut tidak berpengaruh pada performa seksual wanita. Meskipun penelitian dengan 500 partisipan wanita heteroseksual itu menemukan, mereka yang aktif secara seksual memiliki ukuran vagina lebih panjang. 

Terlepas dari itu, akan lebih baik jika Anda memikirkan kesehatan vagina secara keseluruhan. Pasalnya, organ intim yang sehat berbanding lurus dengan kepuasan seksual.

Artikel Lainnya: Kentut Vagina, Perlukah Dikhawatirkan?

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan vagina agar tetap sehat dan fungsinya terjaga: 

  • Mengganti pakaian dalam yang basah secepat mungkin untuk menghindari infeksi
  • Cebok dari arah depan ke belakang
  • Ganti pembalut secara berkala saat datang bulan
  • Tidak menggunakan pakaian ketat, yang bisa menyebabkan iritasi
  • Buang air kecil setelah berhubungan seks guna menghindari risiko infeksi saluran kemih
  • Tidak mencukur habis rambut kemaluan
  • Tidak disarankan menggunakan sabun pembersih vagina (vaginal douche)
  • Segera konsultasikan ke dokter jika terdapat keanehan pada vagina, seperti muncul flek, keluar cairan abnormal yang berbau tak sedap, atau nyeri saat berkemih.

Kedalaman vagina tiap wanita memang berbeda-beda. Namun, hal tersebut tidak memengaruhi performa seorang wanita di atas ranjang. Daripada memikirkan ukurannya, lebih baik pedulikan kesehatan organ intim Anda. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kedalaman miss v normal? Punya pertanyaan seputar seks dan reproduksi? Konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar