Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine untuk Turunkan Tekanan Darah?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine untuk Turunkan Tekanan Darah?

Amlodipine ialah salah satu obat yang terkenal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi, bolehkah obat ini dikonsumsi ibu hamil?

Ibu hamil memang mesti hati-hati kalau mau mengonsumsi obat. Pertimbangannya harus matang dan atas rekomendasi dokter. 

Dokter biasanya akan memberikan obat yang lebih tinggi manfaatnya dibanding risikonya terhadap kesehatan kehamilan atau janin. Bagaimana dengan konsumsi obat amlodipine? Simak ulasannya, yuk.

1 dari 4 halaman

Mengenal Manfaat Obat Amlodipine

Amlodipine secara luas dikenal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Obat ini termasuk dalam golongan obat penghambat saluran kalsium. 

Cara kerjanya dengan merelaksasi pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih mudah. 

​​Lalu, amlodipine juga digunakan untuk mencegah beberapa jenis nyeri dada (angina). Obat ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berolahraga dan mengurangi frekuensi serangan angina. 

Dengan menurunkan tekanan darah tinggi, tubuh bisa terhindar dari stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Hal inilah yang kemudian membuat amlodipine sangat diandalkan oleh penderita hipertensi.

Banyaknya konsumsi amlodipine ditentukan berdasarkan kondisi medis seseorang dan respons terhadap pengobatan. Dokter mungkin secara bertahap akan meningkatkan dosis pada kondisi tertentu, pemakaiannya pun harus sesuai dengan instruksinya.

Penggunaan obat ini harus secara teratur guna mendapatkan manfaat maksimal. Bahkan, beberapa orang tetap disarankan minum amlodipine dalam keadaan sehat. Sebab, kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak merasa sakit.

Namun, obat tersebut memiliki beberapa efek samping. Bisa menyebabkan pusing, pergelangan kaki atau kaki bengkak, dan kemerahan. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, maka beritahu dokter segera.

Untuk menurunkan keluhan pusing, bangunlah secara perlahan dari posisi duduk atau berbaring.

Artikel Lainnya: Hipertensi Saat Hamil, Apa Bahayanya bagi Ibu dan Janin?

2 dari 4 halaman

Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine?

Bagaimana dengan ibu hamil yang punya hipertensi? Masalah hipertensi dalam kehamilan bisa berujung serius pada kandungan dan janin bila tidak ditangani.

Menurut dr. Arina Heidyana, sudah ada penelitian mengenai amlodipine untuk ibu hamil. Penelitian dilakukan pada hewan dan cukup berefek pada perkembangan janin.

"Amlodipine sebenarnya masuk di kategori C untuk ibu hamil, yang berarti ditemukan adanya efek cacat pada hewan penelitian yang digunakan. Tapi, tidak ada data pada manusia," ungkap dr. Arina.

Dokter Arina kemudian mengungkapkan, obat hipertensi untuk ibu hamil biasanya metildopa atau nifedipin. Tapi diakuinya, obat-obat tersebut agak susah didapat apalagi di puskesmas. 

"Jadi, amlodipine bisa jadi pilihan lain kalau memang terpaksa, karena tidak ada obat yang utama," katanya.

Namun, pemakaian obat tersebut harus berdasarkan resep dokter, ya.

Artikel Lainnya: Bahaya Hipertensi Gestasional Saat Hamil

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Aman Atasi Hipertensi bagi Ibu Hamil?

Rekomendasi minum obat untuk mengatasi hipertensi saat hamil biasanya memang harus datang dari dokter. Tapi, sebenarnya ada cara yang lebih aman dan tidak membahayakan kandungan. 

Menurut dr. Arina, kondisi tersebut bisa diatasi dengan modifikasi gaya hidup. "Jadi, harus perhatikan makannya, kurangi yang tinggi garam. Lebih banyak makan sayur dan buah, serta juga harus olahraga teratur."

Itulah sejumlah informasi yang perlu Anda ketahui tentang konsumsi amlodipine saat hamil. 

Gunakan fitur LiveChat dari Klikdokter untuk konsultasi dokter lebih mudah dan cepat seputar keluhan kehamilan. Anda juga bisa baca artikel kesehatan menarik lainnya lebih lengkap!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar