Perawatan Pria

Adakah Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot secara Permanen?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 06 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebagian pria mencari cara menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen. Tujuannya agar rambut di wajah ini tidak lagi tumbuh. Anda salah satunya?

Adakah Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot secara Permanen?

Sebagian pria mungkin merasa tidak nyaman dengan kumis dan jenggot mereka. Bahkan, beberapa dari mereka mencari cara untuk menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen. Tujuannya agar rambut di wajah tidak lagi tumbuh dan mengganggu penampilan.

Sebenarnya, adakah cara agar kumis dan jenggot tidak tumbuh secara permanen? Simak ulasannya berikut ini. 

Bisakah Kumis dan Jenggot Hilang Selamanya?

Pertumbuhan rambut sebenarnya sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon tubuh. Keseimbangan hormon yang berubah dapat merangsang folikel rambut, sehingga menghasilkan pertumbuhan rambut baru.

Lalu, adakah cara menghilangkan kumis dan jenggot agar tidak tumbuh lagi selamanya?

Perlu Anda ketahui, tidak ada metode cukur kumis dan jenggot permanen yang memberikan hasil 100 persen. Kendati demikian, ada beberapa cara yang dinilai paling efektif.

Artikel Lainnya: Tips Merawat Jenggot Agar Tetap Rapi dan Sehat

Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot secara Permanen

Berikut adalah beberapa cara paling efektif untuk membantu menghilangkan rambut pada wajah:

1. Terapi Laser

Hingga saat ini, terapi laser masih dianggap sebagai cara efektif untuk menghilangkan kumis dan jenggot. Terapi ini dapat membuat rambut berhenti tumbuh.

Sinar laser yang digunakan adalah sinar laser khusus yang akan menembus batang rambut dan mematikan akar rambut.

Sinar laser ini sebenarnya hanya menghambat pertumbuhan rambut di wajah. Jadi, bukan untuk menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen.

Tak hanya itu, warna rambut dan jenis kulit akan ikut memengaruhi keberhasilan terapi laser ini.

Prosedur laser paling efektif untuk orang yang memiliki kulit terang dan rambut hitam, karena sinar laser menargetkan pigmen warna pada rambut.

Meski cara menghilangkan kumis dan jenggot ini tidak permanen, waktu yang dibutuhkan bagi rambut untuk tumbuh kembali lebih lama.

Prosedur ini perlu dilakukan beberapa kali agar efeknya terlihat. Efeknya akan bisa bertahan selama beberapa tahun. Nanti jika tumbuh lagi, perlu dievaluasi ulang untuk dilaser kembali.

2. Metode Elektrolisis

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen adalah dengan metode elektrolisis. Metode ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum halus ke dalam folikel rambut. Setelahnya, arus listrik dialirkan ke dalam akar folikel.

Elektrolisis bekerja selayaknya “membakar” akar rambut sehingga mampu mencegah produksi akar rambut yang lebih banyak.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Ketombe di Kumis dan Janggut

FDA dan American Medical Association berpendapat, elektrolisis adalah satu-satunya prosedur yang dapat menghilangkan rambut secara permanen. Kendati demikian, hasilnya tidak menjamin 100 persen.

Sampai saat ini, pedoman perizinan yang terstandardisasi untuk prosedur ini belum ada. Jadi, ahli yang berpengalaman terkait bidang ini masih sulit ditemukan.

Maka dari itu, diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui lebih detail mengenai keuntungan dan kerugian dari prosedur ini.

Selain itu, elektrolisis dianggap sebagai metode yang menyakitkan. Ada pula efek samping yang berisiko muncul, yaitu infeksi, pembentukan keloid, hipopigmentasi, dan hiperpigmentasi.

Untuk melakukan prosedur ini, Anda membutuhkan waktu perawatan antara 12 hingga 18 bulan sehingga hasilnya benar-benar terlihat.

Cara Mencukur Kumis dan Jenggot yang Mudah

Bila Anda tidak merasa nyaman dengan kumis atau jenggot dan ingin menghilangkannya untuk sementara waktu, Anda dapat mencukur dengan alat cukur, mencabut menggunakan pinset, serta melakukan waxing.

1. Mencukur

Mencukur merupakan cara menghilangkan kumis atau jenggot yang paling cepat dan mudah. Gunakan alat cukur yang bersih dan higienis, agar terhindar dari risiko infeksi kuman.

Wajah Anda akan terbebas dari kumis atau jenggot selama satu hingga tiga hari. Jika rambut di wajah sudah kembali tumbuh dan tampak mengganggu, Anda tinggal mencukurnya lagi.

Artikel Lainnya: Benarkah Pria Bisa Tidak Memiliki Bulu di Tubuhnya?

2. Mencabut dengan Pinset

Mencabut kumis atau jenggot juga efektif untuk menghilangkan rambut di area wajah. Gunakanlah pinset, karena telah dirancang khusus untuk mencabut hingga ke akar rambut.

Berikut ini tips agar proses mencabut kumis atau jenggot memberikan hasil yang optimal:

  • Bersihkan pinset dengan cairan alkohol.
  • Seka wajah dengan handuk hangat agar kulit terasa lembut.
  • Tekan kulit di bagian yang hendak dicabut. Cabut rambut satu per satu.
  • Selalu tarik ke arah luar, tegak lurus dengan arah pertumbuhan rambut.
  • Tempelkan handuk dingin atau es batu ke area-area yang terasa nyeri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemerahan dan peradangan.

3. Waxing

Waxing dapat dilakukan di area wajah untuk menghilangkan kumis atau jenggot. Pilih jenis soft wax atau yang diformulasikan khusus untuk digunakan pada wajah.

Lakukan secara perlahan dan hati-hati, agar hasilnya optimal tanpa khawatir risiko efek samping.

Demikian beberapa cara menghilangkan kumis dan jenggot, baik secara permanen maupun sementara. 

Jika Anda punya pertanyaan mengenai topik ini atau masalah kesehatan lainnya, konsultasikan secara langsung kepada dokter lewat fitur Live Chat. Jangan lupa unduh aplikasi Klikdokter agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

[WA]

JenggotKumis

Konsultasi Dokter Terkait