Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Adakah Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot secara Permanen?

Adakah Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot secara Permanen?

Sebagian pria mencari cara menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen. Tujuannya agar rambut di wajah ini tidak lagi tumbuh. Anda salah satunya?

Sebagian pria merasa tidak nyaman dengan kumis dan jenggot miliknya. Beberapa dari mereka bahkan mencari cara menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen, agar rambut di wajah ini tidak lagi tumbuh dan mengganggu penampilan.

Pertanyaannya, adakah cara efektif dan sesuai dengan tinjauan medis untuk mencegah pertumbuhan kumis dan jenggot secara permanen?

1 dari 3 halaman

Bisakah Kumis dan Jenggot Hilang Selamanya?

Cara paling efektif untuk mencegah pertumbuhan rambut di wajah adalah dengan terapi laser. Menurut dr. Nabila Viera Yovita, terapi tersebut dapat membuat rambut berhenti tubuh.

“Sinar laser yang digunakan dalam terapi akan menembus batang rambut dan mematikan akar rambut," kata dr. Nabila.

Sayangnya, terapi laser hanya dapat menghambat pertumbuhan rambut di wajah alias tidak menghilangkan kumis atau jenggot secara permanen. Rambut di wajah dapat kembali tumbuh setelah dilaser, meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

Faktanya, pertumbuhan rambut sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon tubuh.  Keseimbangan hormon yang berubah dapat merangsang folikel rambut, sehingga menghasilkan pertumbuhan rambut baru.

“Perlu dilakukan beberapa kali laser untuk bisa berhasil tidak tumbuh. Efeknya akan bisa bertahan selama beberapa tahun. Apabila nanti tumbuh lagi, perlu dievaluasi ulang untuk dilaser kembali,” tegas dr. Nabila.

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Menumbuhkan Kumis dan Jenggot bagi Kesehatan Pria?

2 dari 3 halaman

Cara Cukur Kumis dan Jenggot yang Mudah

Tak merasa nyaman dengan kumis atau jenggot? Anda dapat menghilangkannya untuk sementara waktu dengan cara-cara berikut:

1. Mencukur

Mencukur merupakan cara menghilangkan kumis atau jenggot yang paling cepat dan mudah. Gunakan alat cukur yang bersih dan higienis, agar terhindar dari risiko infeksi kuman.

Wajah Anda akan terbebas dari kumis atau jenggot selama satu hingga tiga hari. Jika rambut di wajah sudah kembali tumbuh dan tampak mengganggu, Anda tinggal mencukurnya lagi.

2. Mencabut

Mencabut kumis atau jenggot juga efektif untuk menghilangkan rambut di area wajah. Gunakanlah pinset, karena telah dirancang khusus untuk mencabut hingga ke akar rambut.

Artikel Lainnya: Jenggot dan Kumis Tidak Tumbuh, Apa Sebabnya?

Berikut ini tips agar proses mencabut kumis atau jenggot memberikan hasil yang optimal:

  • Bersihkan pinset dengan cairan alkohol
  • Seka wajah dengan handuk hangat agar kulit terasa lembut
  • Tekan kulit di bagian yang hendak dicabut. Cabut rambut satu per satu
  • Selalu tarik ke arah luar, tegak lurus dengan arah pertumbuhan rambut

Tempelkan handuk dingin atau es batu ke area-area yang terasa nyeri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemerahan dan peradangan.

3. Waxing

Waxing juga dapat dilakukan di area wajah untuk menghilangkan kumis atau jenggot. Gunakan jenis soft wax atau yang diformulasikan khusus untuk digunakan pada wajah.

Lakukan secara perlahan dan hati-hati, agar hasilnya optimal tanpa khawatir risiko efek samping.

Terapi laser adalah yang terbaik untuk menghambat pertumbuhan kumis atau jenggot. Berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter sebelum melakukan tindakan ini, agar hasilnya optimal dan minim risiko efek samping.

Jika Anda punya pertanyaan mengenai kumis, jenggot, atau masalah kesehatan kulit pria lainnya, konsultasikan secara langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan fakta medis lainnya!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar