Sukses

Amankah Ibu Hamil Makan Buah Plum?

Buah plum terkenal kaya nutrisi dan manfaat. Tapi, apakah ibu hamil aman mengonsumsi plum?

Plum dikenal sebagai salah satu buah yang sangat bergizi dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Buah segar berwarna merah keunguan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral, serat, serta antioksidan. 

Dalam kehamilan, nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun, apa boleh mengonsumsi plum ketika mengandung? Simak ulasannya, yuk.

1 dari 5 halaman

Nutrisi dalam Buah Plum

Di seluruh dunia, sebenarnya ada banyak jenis plum. Buah dengan nama ilmiah Prunus ini bisa dimakan mentah atau dijadikan jus. Menyegarkan!

Nilai gizi buah plum segar cukup tinggi dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya. Melansir NutritionData, 1 cangkir (165 gram) plum memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 46 kcal
  • Karbohidrat: 11,4 gram
  • Protein: 0,7 gram
  • Lemak: 0,28 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Folat: 5 mcg
  • Asam pantotenat: 135 mcg
  • Niacin: 417 mcg
  • Piridoksin: 29 mcg
  • Riboflavin: 26 mcg
  • Kalium: 157 mg
  • Thiamin: 28 mcg
  • Vitamin A: 200 mcg
  • Vitamin C: 9,5 mg
  • Vitamin E: 260 mcg
  • Vitamin K: 6,4 mcg
  • Kalsium: 6 mg
  • Zat besi: 170 mcg
  • Magnesium: 7 mg
  • Mangan: 52 mcg
  • Zinc: 100 mcg
  • Fosfor: 16 mg

Artikel lainnya: Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

2 dari 5 halaman

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Plum?

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengonsumsi plum saat hamil, jangan khawatir. Karena, buah ini justru sangat disarankan untuk ibu hamil, mengingat nutrisinya yang luar biasa. 

Yang penting, jangan lupa cuci dulu buah plum sampai benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya agar terhindar dari berbagai bakteri. 

Menurut dr. Nabila Viera Yovita, buah plum masih tergolong aman dikonsumsi ibu hamil. Beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi kesehatan kehamilan.

"Tapi, hati-hati apabila dikonsumsi wanita yang memiliki masalah ginjal. Karena, dapat memicu terbentuknya batu ginjal kalau dimakan berlebihan," jelasnya.

Artikel lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

3 dari 5 halaman

Manfaat Makan Plum Selama Hamil

Berikut sederat manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makan buah plum saat hamil:

  1. Menjaga Berat Badan

Plum mengandung karbohidrat (pada dasarnya adalah gula dalam buah), konsentrasinya pun relatif rendah. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan yang baik sebagai makanan berkalori rendah, terutama bila ingin menurunkan bobot tubuh ketika hamil. 

Namun, plum kering tidak disarankan untuk ibu hamil. Sebab, mengandung banyak natrium dan karbohidrat.

  1. Mencegah Anemia

Anemia, terutama anemia defisiensi besi, adalah salah satu masalah umum selama kehamilan. Banyak wanita hamil yang mengalami kondisi ini. 

Jika tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah pada bayi. 

Oleh karena itu, sebaiknya dicegah sejak awal. Konsumsilah makanan mengandung zat besi, misalnya buah plum.

Artikel Lainnya: Jangan Dihindari, Konsumsi Buah Anggur saat Hamil Menyehatkan, Lho!

  1. Memberi Energi

Vitamin C pada plum membantu penyerapan zat besi melalui sistem pencernaan, sehingga menurunkan risiko anemia. Buah ini juga memiliki antioksidan kuat yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif. 

Vitamin C juga penting untuk sintesis L-carnitine, sebuah asam amino alternatif untuk pemecahan asam lemak dan produksi energi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Karena plum kaya antioksidan, konsumsi buah ini secara teratur dapat mengurangi peradangan dan mencegah sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Plum juga mengandung polifenol yang baik untuk kesehatan. Contohnya, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes

Selain itu, buah plum tergolong rendah lemak. Untungnya, lemak yang terkandung pun bersifat tidak jenuh, sehingga tidak meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung

  1. Membantu Atasi Sembelit

Kandungan serat dalam buah plum bermanfaat untuk sistem pencernaan. Buah ini dapat merangsang saluran pencernaan untuk mengeluarkan feses dengan mudah dan mengurangi efek sembelit.

  1. Mencegah Persalinan Prematur

Magnesium yang cukup tinggi dalam buah plum dapat menurunkan risiko kontraksi dini. Peranannya sangat penting dalam relaksasi otot serviks.

  1. Membantu Perkembangan Tulang

Plum kaya vitamin A yang dapat meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan tulang. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium, vitamin K, kalsium, dan fosfor. Unsur-unsur tersebut berperan penting untuk memelihara kesehatan tulang ibu hamil.

  1. Membantu Atasi Stres dan Kelelahan

Stres dan kelelahan merupakan contoh-contoh keluhan umum selama kehamilan. Nah, makan buah plum dapat mengurangi gejala tersebut. 

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam plum bekerja untuk mendukung metabolisme tubuh dan meningkatkan energi.

4 dari 5 halaman

Berapa Jumlah Plum yang Disarankan untuk Ibu Hamil?

Mengonsumsi apa pun memang tidak boleh berlebihan, termasuk buah plum. Terlebih, bagi Anda yang memiliki masalah ginjal.

"Secara umum, konsumsi buah yang dianjurkan dalam sehari untuk bumil adalah 5-7 porsi buah segar. Plum bisa dimakan sebanyak 2 buah, yang dianggap setara dengan 1 porsi buah segar," ungkap dr. Nabila Viera.

Jadi, makan buah plum saat hamil sah-sah saja. Manfaatnya bagus sekali untuk kesehatan kehamilan!

Bila ingin konsultasi lebih lanjut seputar kehamilan, pakai Live Chat dari KlikDokter. Anda bisa pilih sendiri dokter kandungan sesuai keinginan hanya lewat smartphone.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar