Kehamilan

Amankah Ibu Hamil Makan Buah Plum?

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 06 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah plum terkenal kaya nutrisi dan manfaat. Tapi, apakah ibu hamil aman mengonsumsi plum?

Amankah Ibu Hamil Makan Buah Plum?

Plum adalah buah yang masih satu keluarga dengan peach, aprikot, dan ceri. Terdapat lebih dari 40 spesies buah plum, tapi yang paling umum adalah Prunus domestica dan Prunus salicina

Buah plum berbentuk bulat, berukuran sedang, dan kulitnya berwarna merah atau ungu tua. Di dalam buah plum, terkandung mikronutrien, antioksidan, dan serat yang tinggi. Sederet nutrisi ini sangat diperlukan untuk kehamilan. 

Meski begitu, ibu hamil boleh makan buah plum enggak sih? Apakah buah plum bagus untuk ibu hamil? Yuk, cari tahu jawabannya lewat ulasan di bawah ini.

Manfaat Makan Plum Selama Hamil

Bagi kamu yang masih ragu mengonsumsi buah plum saat hamil, jangan khawatir. Karena, buah ini masih tergolong aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Terlebih, plum kaya akan nutrisi.

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah plum bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Di bawah ini manfaat buah plum untuk kehamilan yang perlu diketahui.

Artikel Lainnya: https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kehamilan/buah-terbaik-untuk-ibu-hamil-apa-saja

1. Mencegah Berbagai Komplikasi Kehamilan dan Menunjang Pertumbuhan Janin

Radikal bebas yang diproduksi oleh tubuh bisa menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan, misalnya kelahiran prematur, terhambatnya pertumbuhan janin, preeklamsia dan eklamsia, infeksi dalam kehamilan, hingga malnutrisi. 

Nah, risiko mengalami komplikasi kehamilan dipengaruhi pula oleh kadar antioksidan ibu hamil. Sebab, antioksidan berfungsi melawan radikal bebas.

Buah plum adalah sumber vitamin C dan E. Keduanya adalah antioksidan yang sangat kuat. 

Menurut penelitian yang dimuat Nutrition Journal, kadar vitamin C ibu hamil dalam jumlah cukup bisa menunjang penambahan berat badan dan pertumbuhan janin yang sehat. 

Khasiat vitamin C juga memperbesar manfaat vitamin E bagi tubuh. Seperti halnya vitamin E, kadar vitamin C yang cukup bisa melindungi janin dari serangan radikal bebas.  

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang berperan penting menunjang sistem kekebalan tubuh. Plum mengandung vitamin A, C dan E, maupun zinc

Selain itu, buah plum memiliki senyawa yang berfungsi sebagai agen antiperadangan dan antioksidan. Kandungan serat buah plum juga bermanfaat untuk bakteri baik di usus. Pada gilirannya, sederet manfaat ini bisa menunjang sistem kekebalan tubuh.

3. Sumber Energi yang Sehat

Buah plum yang sudah dikeringkan disebut prune. Walaupun prune berasal dari buah plum, tetapi manfaat keduanya sedikit berbeda. 

Meski begitu, baik buah plum maupun prune adalah sumber energi yang sangat baik. Keduanya bisa jadi alternatif camilan yang sehat. 

Plum mengandung gula yang mudah dicerna menjadi energi, tetapi tidak menyebabkan kenaikan gula darah dan insulin secara drastis. Pasalnya, plum juga mengandung serat yang tinggi. 

Karena kombinasi gula dan serat di dalamnya, mengonsumsi buah plum atau prune bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa mencegah ibu hamil makan berlebihan, terutama makanan yang tidak sehat, sehingga membantu bumil mengendalikan berat badannya.

Artikel Lainnya: Daftar Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

4. Mencegah Diabetes Gestasional dan Menurunkan Gula Darah

Manfaat buah plum untuk ibu hamil juga bisa mencegah kenaikan kadar gula darah (glukosa). Khasiat ini berasal dari kandungan serat dan senyawa dalam buah plum yang bisa memperlambat penyerapan glukosa sehingga tidak membuat gula darah naik drastis. Hal ini baik dalam mencegah penyakit diabetes selama kehamilan alias diabetes gestasional

Selain mencegah gula darah naik, mengonsumsi buah plum bisa menurunkan gula darah. Buah plum bisa meningkatkan kadar adiponektin, yaitu zat dalam tubuh yang berperan meningkatkan kerja insulin sehingga kadar gula darah turun. 

Insulin seperti diketahui adalah hormon yang berperan membantu sel tubuh menyerap dan mengubah glukosa menjadi energi.

5. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Buah plum, terutama dalam bentuk kering alias prune, terbukti ampuh mencegah dan mengatasi sembelit. Kondisi tersebut adalah masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil.

Kandungan serat dan sorbitol yang tinggi pada prune bisa mengatasi dan mencegah sembelit. Selain dalam bentuk prune utuh, jus prune juga bisa menjadi alternatif untuk mencegah dan mengatasi kondisi berkurangnya frekuensi buang air besar (BAB) tersebut. 

6. Memperkuat Tulang Ibu

Kesehatan tulang ibu menjadi salah satu hal yang dipertaruhkan ketika hamil dan menyusui. Sebab, janin membutuhkan kalsium dalam jumlah yang besar.

Sebuah riset pada tikus hamil yang dirilis Medical Principles and Practice, menduga bahwa buah plum kering atau prune efektif mencegah pengeroposan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Kendati demikian, diperlukan penelitian lanjutan pada manusia untuk mengonfirmasi hal ini.

7. Menjaga Kesehatan Tekanan Darah dan Jantung

Kandungan dalam buah plum diduga bisa menghambat kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung akibat plak. 

Selain itu, kandungan kalium dalam buah plum dapat membantu mengontrol tekanan darah ibu hamil. Hal ini berlaku bagi bumil pengidap preeklamsia maupun normal.

8. Menjaga Kesehatan Mental dan Menambah Daya Ingat

Radikal bebas dan peradangan kronis di dalam tubuh bisa memicu gangguan mental, seperti kecemasan dan depresi. Buah plum yang kaya antioksidan dan komponen antiradang bermanfaat melawan radikal bebas dan peradangan kronis. Alhasil, konsumsi buah plum bisa bantu mengurangi risiko mengalami depresi dan kecemasan. Bahkan, plum bermanfaat meningkatkan daya ingat. 

9. Membantu Penyerapan Zat Besi

Buah plum dapat membantu penyerapan zat besi. Zat besi adalah mineral yang penting dalam kehamilan. Kecukupan zat besi pada ibu hamil mencegah berbagai komplikasi kehamilan.

Sayangnya, zat besi dalam makanan dan suplemen tidak bisa diserap 100 persen oleh tubuh sehingga ada yang terbuang. Mengonsumsi makanan kaya zat besi atau suplemen bersamaan dengan plum akan membantu penyerapannya. 

Artikel Lainnya: Sejumlah Buah-buahan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Adakah Risiko Makan Buah Plum Saat Hamil?

Konsumsi buah plum secara berlebihan, baik dalam bentuk segar, kering, maupun jus bisa menyebabkan perut kembung, mual, atau diare. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar sorbitol dalam plum.

Toleransi setiap orang terhadap sorbitol pastinya berbeda-beda. Ada orang yang bisa mengonsumsi buah plum atau prune dalam jumlah banyak tanpa efek samping. Namun, ada juga yang langsung mengalami diare. 

Sebaiknya, jangan makan prune lebih dari 50 gram per hari. Meski begitu, buah plum segar bisa dikonsumsi lebih banyak. Namun, jangan sampai menggeser kebutuhan bumil akan karbohidrat dan protein yang jauh lebih penting dalam kehamilan. 

Selain itu, sama seperti kebanyakan makanan nabati lainnya, plum memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Hal ini berbahaya bagi ibu hamil dengan riwayat penyakit batu ginjal. Sebab, oksalat dalam plum dapat memicu pembentukan batu ginjal apabila dimakan berlebihan. 

Karena itu, #JagaSehatmu dengan konsumsi buah plum dalam jumlah yang wajar. Kombinasikan juga plum dengan makanan lain agar sumber nutrisi Mama menjadi lengkap dan beragam. 

Apabila Mama punya pertanyaan seputar makanan yang aman dikonsumsi selama kehamilan, konsultasikan langsung pakai fitur tanya dokter spesialis kandungan di KlikDokter. Informasi lengkap seputar kehamilan juga bisa Mama ikuti dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Referensi:

Egyptian Pediatric Association Gazette. Diakses 2022. Maternal–cord blood vitamin C status and its relation to fetal growth and placental apoptosis. 

Nutrition Journal. Diakses 2022. Maternal fruit and vegetable or vitamin C consumption during pregnancy is associated with fetal growth and infant growth up to 6 months: results from the Korean Mothers and Children’s Environmental Health (MOCEH) cohort study.

Medical Principles and Practice. Diakses 2022. Effects of Plum Extract on Skeletal System of Fetal and Newborn Mice.

plum

Konsultasi Dokter Terkait