Sukses

Benarkah Lidah Buaya Bisa Hilangkan Kerutan di Wajah?

Tak cuma bisa menenangkan melembapkan kulit, lidah buaya juga dipercaya bisa mengatasi kerutan. Benar tidaknya hal tersebut, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Lidah buaya sudah sangat populer di kalangan beauty enthusiast. Bahan alami tersebut memang sudah terbukti keampuhannya dalam mengatasi sunburn dan kulit kering. Lantas, pernahkah Anda mendengar soal manfaat lidah buaya untuk kerutan

Kerutan dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih tua daripada usia asli. Entah itu muncul di area mata, dahi, atau pinggiran bibir ke arah pipi, semuanya bikin penampilan muda memudar!

Apakah dengan mengoleskan lidah buaya secara teratur di area tersebut, keriput bisa hilang?

1 dari 3 halaman

Lidah Buaya untuk Kerutan Wajah, Ini Kata Dokter

Menjawab pertanyaan soal efektivitas lidah buaya dalam menghilangkan kerutan, begini penjelasan dr. Arina Heidyana

“Beberapa penelitian ilmiah memang menyebutkan bahwa lidah buaya—dalam hal ini yang dijadikan suplemen—bisa untuk mengurangi kerutan halus di wajah. Namun, bukan menghilangkan ya, hanya mengurangi,” jelasnya.

Salah satunya dalam studi yang diterbitkan jurnal Annals of Dermatology. Para ilmuwan mengukur keriput dan elastisitas kulit dari 30 wanita berusia 45 tahun. Mereka diberikan suplemen gel lidah buaya.

Separuh wanita menerima dosis rendah (1.200 mg/hari) dan separuh lagi menerima dosis tinggi (3.600 mg/hari). Suplemen gel lidah buaya itu dikonsumsi selama 90 hari. 

Di akhir penelitian, ilmuwan menemukan, keriput, elastisitas, dan produksi kolagen meningkat pada kedua kelompok!

Artikel Lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Sehat

Kandungan sterol dalam lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat  pada kulit, sehingga kulit menjadi lembap, lembut, dan garis-garis halus jadi samar. 

Lalu, ada juga penelitian lain pada 2015 yang melaporkan hasil serupa. Partisipannya adalah wanita berusia 20-50 tahun. 

Selama 8 minggu, separuh wanita mengonsumsi lima tablet suplemen aloe vera setiap hari. Mereka pun mengalami perbaikan kerutan yang signifikan. 

Studi-studi di atas berfokus pada pengonsumsian suplemen aloe vera, bukan gel yang dioleskan. 

Artinya, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk menentukan apakah gel lidah buaya yang dioles ke kulit memiliki manfaat serupa. 

“Sebenarnya, apabila dipakai oleh orang yang sudah berumur, manfaat lidah buaya untuk kulit keriput akan semakin berkurang. Namun, jika dipakai sejak muda untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi kerutan, akan lebih optimal,” ucap dr. Arina.

Artikel Lainnya: Khasiat Ajaib Lidah Buaya untuk Kesehatan Rongga Mulut

2 dari 3 halaman

Penggunaan Lidah Buaya untuk Wajah

Cara di bawah ini bukanlah cara menghilangkan kerutan di wajah dengan lidah buaya. Bahan tersebut tidak bisa menghilangkan dan hanya mampu mengurangi atau mencegah. 

Jika Anda tertarik untuk merawat kulit sejak muda untuk mencegah penuaan dini, pengaplikasian gel lidah buaya yang bisa dilakukan adalah:

  • Untuk yang baru pertama kali, lakukan uji tempel terlebih dahulu. Bisa jadi Anda alergi terhadap aloe vera. Jika Anda mengalami reaksi, hentikan penggunaan gel.
  • Bersihkan wajah Anda dengan air dan sabun cuci muka, lalu keringkan dengan handuk bersih atau tisu wajah.
  • Dengan jari bersih, oleskan tipis-tipis gel lidah buaya pada wajah.
  • Diamkan selama 5-10 menit. Hindari mendiamkan terlalu lama karena itu justru dapat menyebabkan kulit kering!
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lembut. Jangan lupa untuk tetap mengoleskan pelembap seperti biasa. Ulangi tahapan-tahapan ini setiap hari. 

Lidah buaya memang bisa membantu mencegah dan mengurangi kerutan. Namun, efektivitasnya akan lebih terasa jika Anda sudah mengaplikasikannya sejak muda.

Bila masih ada pertanyaan seputar manfaat lidah buaya untuk kulit dan kecantikan, konsultasikan langsung pada dokter via LiveChat

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar