Sukses

Waspada, Makan Junk Food Sebabkan Penyakit Asam Lambung

Kandungan lemak yang tinggi pada junk food membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Karena itu, makanan tak sehat ini bisa menyebabkan penyakit asam lambung.

Mengonsumsi junk food telah menjadi hobi sebagian orang. Makanan ini memang praktis dan menawarkan variasi rasa yang bisa memanjakan lidah. Restoran penyedia junk food pun sangat mudah ditemukan.

Apakah Anda salah satu penikmat junk food? Jika ya, waspada. Makanan tinggi lemak ini tak hanya menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas, tapi juga bisa meningkatkan risiko penyakit asam lambung.

Kandungan pada Junk Food

Berdasarkan penjelasan dr. Arina Heidiyana, beberapa makanan yang termasuk dalam kategori junk food adalah:

  • Burger
  • Piza
  • Makanan kaleng
  • Daging olahan, seperti sosis, nugget, dan sejenisnya

Selain yang telah disebutkan, kentang goreng, muffin, dan donat juga dikategorikan sebagai makanan cepat saji alias junk food. Makanan-makanan tersebut rata-rata memiliki kandungan lemak tinggi. Selain itu, junk food juga mengandung banyak kalori, gula, garam; serta rendah vitamin dan mineral.

Artikel Lainnya: Dampak Buruk Makan Junk Food bagi Tumbuh Kembang Anak

1 dari 3 halaman

Makan Junk Food Bisa Picu Asam Lambung

Bagaimana mungkin bisa terjadi penyakit asam lambung gara-gara mengonsumsi junk food?

“Junk food rata-rata tinggi lemak. Sedangkan lemak lama dicerna oleh tubuh, sehingga lambung memproduksi lebih banyak asam yang mengakibatkan iritasi,” jawab dr. Arina.

Di samping itu, beberapa kandungan yang ada di dalam junk food juga bisa membuat tubuh memproduksi hormon kolesistokinin berlebih. Akibatnya, otot yang ada di antara lambung dan kerongkongan menjadi lemas.

“Melemasnya otot di antara lambung dan kerongkongan dapat menyebabkan refluks, yaitu aliran balik suatu cairan yang arahnya berlawanan dengan gerakan normal,” ujar dr. Arina.

Artikel Lainnya: Cara Efektif Menghilangkan Kecanduan Fast Food

2 dari 3 halaman

Obat dan Tips untuk Atasi Asam Lambung Akibat Makan Junk Food

Mengalami gangguan lambung setelah mengonsumsi junk food? Salah satu solusinya adalah mengonsumsi obat-obatan yang tepat.

“Kalau memang asam lambungnya meningkat dan mag kambuh, bisa mengonsumsi obat yang paling umum dan mudah didapat, yaitu antasida,” tutur dr. Arina.

Sebagai langkah pencegahan lanjutan, beberapa hal berikut ini juga perlu dilakukan:

  • Memakai pakaian longgar
  • Berdiri tegak
  • Meninggikan tubuh bagian atas (tidur dengan bantal ekstra di kepala)
  • Menyesap cuka sari apel
  • Mengunyah permen karet
  • Menjauhi asap rokok

Anda wajib segera berobat ke dokter jika kondisi asam lambung tidak kunjung membaik atau mengalami gejala-gejala yang dirasa sangat parah. Jangan abai, penyakit asam lambung yang tidak segera ditangani dapat berujung fatal.

Mengonsumsi junk food secara berlebihan terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung. Kendati demikian, bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi jenis makanan ini. Anda hanya perlu membatasi porsi agar tidak berlebihan.

“Bukan dilarang makan (junk food), yang penting tidak berlebihan saja sebenarnya,” pungkas dr. Arina.

Masih penasaran dengan efek makan junk food? Tanyakan secara langsung pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam. Jangan lupa juga unduh aplikasi KlikDokter agar tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar