Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kapan Gigi Anak Mulai Tanggal? Ini Penjelasan Dokter Gigi

Kapan Gigi Anak Mulai Tanggal? Ini Penjelasan Dokter Gigi

Gigi susu anak akan tumbuh, dan tanggal pada waktunya. Pertanyaannya, kapan waktu normal gigi susu tanggal menurut dokter? Apa saja faktor yang memengaruhi? Simak faktanya!

Setiap orang tua pasti akan merasa senang saat tahu si kecil sudah tumbuh gigi. Berkat gigi susu tersebut, anak akan mampu mengunyah makanan bertekstur lebih padat.

Sayangnya, gigi susu tak akan selamanya bertengger di gusi si kecil. Ada kalanya gigi tersebut akan tanggal ketika waktunya tiba. Pertanyaannya, kapan gigi anak mulai tanggal? Adakah faktor-faktor yang memengaruhi gigi susu tanggal?

1 dari 4 halaman

Menyingkap Waktu Normal Gigi Anak Mulai Tanggal

Menurut drg. Wiena Manggala Putri, secara umum gigi anak akan mulai tanggal di usia enam tahun. Dalam kasus ini, gigi susu akan copot satu per satu alias tidak langsung sekaligus habis.

Gigi yang pertama kali copot sesuai dengan gigi yang pertama kali tumbuh. Artinya, gigi seri tengah bawah adalah yang pertama kali copot di usia 6 tahun, dan disusul dengan gigi susu tengah atas.

Anak akan merasakan sensasi gigi goyang terlebih dahulu sebelum akhirnya copot. Kondisi tersebut menimbulkan gejala nyeri, sehingga anak mungkin enggan untuk makan, minum, dan menyikat gigi.

Tidak hanya itu, gusi di sekitar gigi yang akan lepas juga memerah, bengkak, terasa nyeri, dan mungkin sedikit berdarah. Penting untuk meyakinkan anak Anda bahwa ini adalah kondisi normal dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Artikel Lainnya: Gigi Susu Tak Kunjung Tanggal, Haruskah Dicabut?

2 dari 4 halaman

Gigi Anak Goyang, Cabut atau Diamkan Saja?

Gigi yang telah goyang biasanya akan lepas dengan sendirinya. Pada beberapa kasus, gigi goyang tersebut tidak kunjung lepas meski gigi pengganti sudah tampak tumbuh.

Apa yang harus dilakukan? Apakah boleh mencabut gigi goyang secara mandiri di rumah?

"Sebenarnya gigi susu akan tanggal secara alami, karena akan didorong oleh gigi permanen," tegas drg. Wiena.

Jadi, daripada mencabutnya dengan paksa, lebih baik biarkan gigi tersebut tanggal dengan sendirinya. Anda bisa memberitahukan anak untuk menggoyang-goyangkan gigi tersebut secara lembut, agar nantinya bisa copot dengan sendirinya.

Informasikan pula si kecil untuk tidak memaksakan diri mencabut gigi yang telah goyang. Tindakan tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi pada gigi.

3 dari 4 halaman

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Ada kalanya orang tua harus membawa si kecil ke dokter gigi. Tindakan ini dilakukan saat anak merasa sangat kesakitan akibat tubuhnya gigi permanen.

Selain itu, orang tua juga perlu membawa anak berobat ke dokter apabila giginya tidak kunjung tanggal meski sudah goyang. Menurut drg. Wiena, si kecil juga sebaiknya dibawa berobat ke dokter apabila sudah tumbuh gigi permanen namun gigi susu masih belum goyang.

Sekarang Anda sudah tahu jawaban dari pertanyaan kapan gigi anak mulai tanggal, bukan? Jika terdapat kekhawatiran berlebih terhadap gigi susu tanggal, tak perlu ragu untuk konsultasi lebih lanjut pada dokter gigi melalui LiveChat 24 jam. Jangan lupa juga mengunduh aplikasi KlikDokter, agar Anda tidak ketinggalan berita kesehatan lainnya.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar