Sukses

Berbagai Permainan untuk Melatih Kesabaran Anak

Ada banyak cara melatih kesabaran anak. Salah satunya dapat dilakukan lewat beberapa permainan yang menyenangkan. Bunda, yuk cek daftar ini!

Kesabaran adalah salah satu soft skill penting untuk dimiliki setiap orang. Meski tidak selalu mudah, menanamkan kesabaran harus dimulai sejak masa kanak-kanak. 

Anak-anak secara alami cenderung tidak sabar. Mereka akan mudah bosan saat menunggu antrean atau tak sabar saat menunggu waktu makan camilan. Namun, kabar baiknya, ada banyak cara melatih kesabaran anak. Salah satunya melalui permainan!

1 dari 3 halaman

Pilihan Permainan Anak untuk Latih Kesabarannya

Semua anak suka bermain dan bersenang-senang. Orang tua bisa memanfaatkan “celah” ini untuk menyelipkan nilai-nilai kesabaran di dalamnya.

Penasaran apa saja aktivitas dan permainan untuk melatih kesabaran anak? Berikut daftarnya:

1. Puzzle

Bermain puzzle adalah pilihan tepat untuk mengajarkan anak-anak untuk bersabar. Permainan ini harus dikerjakan secara cermat dengan menyatukan satu demi satu potongan gambar.

"Permainan melatih kesabaran anak bisa dengan bermain puzzle, bermain lego, atau mengajari anak menggambar suatu corak atau pola yang ada. Jadi, anak mengikuti polanya, ini bisa membantu si anak agar lebih sabar," ungkap psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi.

Selain membantu anak untuk lebih sabar, menurut Ikhsan, permainan tipe ini juga membantu anak mengembangkan motivasinya. Si kecil akan terpacu untuk menyelesaikan permainan tersebut dan mendapatkan gambar atau bentuk yang diinginkan.

2. Membuat Kue Bersama

Menimbang bahan, mengocok adonan, dan menunggu hingga matang benar-benar membutuhkan kesabaran.  Tak ada salahnya Anda mengajak si kecil terlibat dalam proses ini. Selain kesabaran, bonding orang tua dan buah hati niscaya kian erat.

Satu hal lagi, jangan terlalu pusing soal rasanya. Utamakan proses dan waktu yang dihabiskan bersama.

Artikel lainnya: Anak Laki-Laki Gemar Main Boneka, Haruskah Khawatir?

3. Memancing

Memancing adalah kegiatan yang sangat membutuhkan banyak kesabaran. Ajak anak Anda untuk melakukan aktivitas ini. Tanamkan nilai-nilai kesabaran pada anak sambil menunggu umpan disambut oleh ikan.

4. "Tangkap" Hujan Gerimis

Permainan menyenangkan ini bisa si kecil lakukan saat musim hujan. Saat gerimis mulai turun, minta si kecil untuk mengisi ember atau mug yang berisi air hujan. 

Menunggu ember atau mug terisi penuh akan menjadi cara berbeda dan menarik untuk mengajarkan anak kesabaran. Tapi ingat, ini saat gerimis, bukan hujan besar. Setelah itu, jangan lupa ajak anak untuk mandi dan membersihkan diri.

5. The Silent Game

Cara melatih kesabaran anak lainnya dengan permainan “diam itu emas”. Orang dewasa tentu tahu kalau ini adalah bagian penting dalam kesabaran.

Untuk memainkannya, Anda bisa menyalakan pengatur waktu. Lalu, minta anak untuk duduk dan diam selama mungkin atau dalam waktu yang ditentukan. Anak yang paling lama bertahan atau berhasil diam selama waktu yang ditentukan, bisa mendapatkan hadiah.

6. Mencocokkan Kartu

Permainan ini menuntut kesabaran, apalagi kalau jumlah kartunya sangat banyak. Selain itu, permainan mencocokkan kartu juga melatih memori anak. 

7. Permainan "Ibu Berkata"

Permainan ini juga menuntut kesabaran anak. Misalnya, anak baru bisa melakukan sesuatu kalau ada kata-kata "ibu berkata". Mereka tidak boleh bergerak atau melakukan sesuatu tanpa ada kata-kata tersebut.

Permainan ini juga melatih pendengaran dan fokus mereka. Sebab, si kecil harus menunggu kalimat "ibu berkata", untuk bisa melakukan sesuatu atau bergerak.

Artikel lainnya: Pentingnya Mengajarkan Anak Meminta Maaf Sejak Dini

2 dari 3 halaman

Tips Melatih Kesabaran Anak Lainnya

Permainan di atas bisa Anda lakukan secara berkala dengan berbagai variasi agar anak tidak bosan. Akan tetapi, inti dari melakukan permainan di atas adalah prosesnya bukan hasilnya.

Sebab, proses mengajarkan banyak hal pada anak. Mereka jadi tahu bahwa untuk bisa mencapai sesuatu diperlukan ketekunan yang sangat erat kaitannya dengan kesabaran.

"Cara melatih kesabaran anak yang lebih efektif, ajarkan proses saat mereka ingin punya atau mencapai sesuatu. Misalnya, saat ingin beli mainan, ajari dia menabung sampai jumlahnya cukup. Anak jadi tidak memaksakan keinginannya harus segera tercapai," jelas Ikhsan.

Selain itu, menurut psikolog Ikhsan, Anda juga bisa mengajari si kecil menanam pohon. Dibutuhkan waktu lama dan ketekunan dalam merawat tunas pohon hingga besar dan kokoh.

Anak memang tidak bisa sekali diajari atau bermain langsung menjadi orang yang sabar. Perlu ketekunan dan juga kesabaran orang tua. Ingat, dalam hal kesabaran, tidak ada yang instan.

Manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam jika Anda ingin berkonsultasi langsung dengan dokter terkait anak dan tumbuh kembangnya.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar