Sukses

Beragam Manfaat Anggur Merah untuk Kecantikan

Selama dikonsumsi dalam jumlah yang normal, anggur merah bisa mempercantik kulit wajah. Apa saja manfaat anggur merah untuk kecantikan?

Anggur merah adalah salah satu minuman beralkohol yang cukup dikenal. Saat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, minuman berwarna merah gelap ini punya sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dilansir dari Medicalnewstoday, meski masih terus diteliti, minum anggur merah dalam jumlah sedang dapat mencegah penyakit kardiovaskular, hipertensi, jenis kanker tertentu, diabetes tipe 2, dan kelainan saraf.

Tidak hanya itu, ada juga yang menyebut anggur merah bermanfaat untuk kecantikan. Benarkah hal tersebut?

1 dari 3 halaman

Manfaat Anggur Merah untuk Kecantikan

Wanita mana yang tidak mau tampil cantik di depan orang banyak? Hampir semua wanita pasti ingin dipuji karena parasnya yang menawan.

Tak sedikit kaum hawa yang harus menggelontorkan banyak uang  untuk melakukan perawatan wajah.

Padahal, dengan minum anggur merah dalam takaran yang tepat dan diimbangi dengan pola hidup sehat, wajah tampak cantik dan sehat bisa didapatkan.

Hal ini juga disetujui oleh dr. Devia Irine Putri. Menurutnya, dalam takaran yang tepat, minum anggur merah bisa memberikan manfaat kecantikan pada wajah.

Lalu, apa saja manfaat anggur merah untuk kecantikan? Berikut penjelasannya:

1. Sebagai Antiaging

Red wine dikemas dengan kandungan flavonoid, resveratrol, dan tanin. Antioksidan-antioksidan tersebut membantu melawan penuaan dengan memulihkan kolagen dan serat elastis.

Anshul Jaibharat, ahli gizi yang berbasis di Delhi, India, menjelaskan anggur merah mampu mendorong produksi kolagen dalam tubuh. Kulit pun tampak lebih sehat, kenyal, dan tidak mengendur.

2. Meredakan Jerawat

“Pada Anggur merah, karena sudah difermentasikan dalam beberapa waktu, minuman ini tetap mengandung alkohol. Maka, minuman ini memiliki efek antiinflamasi dan antiseptik yang baik untuk meredakan dan melawan jerawat,” ujar dr Devia.

“Untuk pengaplikasian luar, Anda bisa merendam bola kapas dalam anggur merah, lalu usapkan pada wajah. Namun, jangan lakukan hal ini jika kulit Anda sensitif dan jerawat sudah semakin meradang,” dr. Devia mengingatkan.

Artikel lainnya: 8 Buah yang Bisa Mengusir Jerawat

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Anggur merah mengandung polifenol yang bisa membantu mengubah kulit kusam menjadi kulit bersinar. Anda bisa memasukkan anggur merah dalam botol spray, lalu semprotkan wajah di malam hari sebelum tidur dengan cairan tersebut.

Biarkan selama 10 menit, sambil pijat lembut. Tahap terakhir, bersihkan dengan air bersih.

Kandungan polifenol di dalamnya bekerja dengan mengangkat sel kulit mati pada kulit sehingga bisa mencerahkan kulit wajah.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Saat Pakai Anggur Merah untuk Kecantikan

Menurut dr. Devia, tidak ada tips-tips tertentu dalam pemakaian anggur merah. Anggur merah bisa bekerja dari luar maupun dalam tubuh.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum memakai anggur merah untuk kecantikan, yaitu:

  • Hindari menggunakan anggur merah pada wajah jika Anda memiliki kulit yang sensitif, jerawat meradang, atau sedang luka.

Hal tersebut bisa menimbulkan efek perih dan nyeri karena kandungan alkohol di dalamnya. Selain itu, kandungan alkoholnya juga bisa buat jerawat meradang makin parah.

  • Anggur merah tidak benar-benar menghilangkan jerawat, tapi membantu mengurangi jerawat. Agar jerawat bisa hilang dengan menyeluruh, Anda perlu perawatan ekstra. Misalnya, pergi ke dokter, rutin membersihkan wajah, dan menggunakan skincare.
  • Batas normal mengonsumsi anggur merah adalah satu gelas dalam sehari. Jika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering, anggur merah bisa memberikan dampak buruk, yang sama dengan minuman beralkohol lainnya.

Artikel lainnya: Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit Lembut dan Bebas Jerawat

  • Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit jika ingin menggunakan anggur merah sebagai penambah “formula” kecantikan Anda. Biasanya, dokter akan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan kulit yang dimiliki.
  • Cuci muka dengan air mengalir dan sabun cuci muka setelah mengaplikasikan anggur merah pada wajah. Pasalnya, minuman beralkohol bisa menimbulkan efek lengket jika dibiarkan lama menempel pada kulit. Ini bisa menyebabkan kulit jadi kering dan iritasi.

Imbangi rutinitas merawat wajah menggunakan anggur merah dengan menjalani pola hidup dan kebiasaan sehat. Yakni, konsumsi makanan sehat, berolahraga, istirahat cukup, dan memenuhi kebutuhan air putih setiap hari.

Itulah  beberapa informasi terkait penggunaan anggur merah untuk kecantikan. Untuk mengetahui informasi tentang kecantikan lainnya, silakan membaca artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar