Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ejakulasi di Luar Vagina Tetap Berpotensi Hamil, Kok Bisa?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Ejakulasi di Luar Vagina Tetap Berpotensi Hamil, Kok Bisa?

Siapa sangka, ejakulasi di luar vagina ternyata tetap berpotensi menyebabkan kehamilan. Apa yang jadi alasannya? Bukannya sperma akan mati jika berada di luar vagina?

Alat kontrasepsi merupakan benda andalan bagi pasangan suami-istri yang tak ingin segera memiliki momongan. Efektivitas benda tersebut untuk mencegah kehamilan terbilang cukup tinggi.

Sayangnya, tidak setiap pasangan suami istri nyaman dan betah mengandalkan alat kontrasepsi. Beberapa orang menyiasatinya dengan ejakulasi di luar vagina.

Memang, ejakulasi di luar vagina dapat memperkecil peluang hamil. Namun, tindakan tersebut tetap bisa membuat wanita mendapatkan hasil test pack berupa garis dua, lho

Artinya, sekali pun Anda ejakulasi di luar vagina, hubungan seks yang dilakukan tetap berpotensi membuahkan kehamilan.

1 dari 4 halaman

Mengenal Proses Terjadinya Kehamilan

Proses terjadinya kehamilan pada wanita diawali dari fase ovulasi. Apa itu? Ovulasi adalah proses lepasnya sel telur dari kantung kecil berisi cairan yang disebut folikel. 

Ovulasi sering disebut masa subur wanita, yang umumnya terjadi di 2 minggu sebelum haid berikutnya datang. 

Sel telur yang lepas dari folikel akan terus bergerak menuju tuba falopi. Setibanya di bagian ini, telur akan berdiam dan menunggu untuk dibuahi oleh sel sperma.

“Kesempatan terjadinya kehamilan akan lebih besar jika terjadi penetrasi penis ke dalam vagina,” kata dr. Devia Irine Putri.

“Sel sperma yang dilepaskan di dalam vagina bisa bertahan selama 4 hingga 5 hari di dalam tubuh wanita, hingga akhirnya bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan,” sambungnya.

Artikel Lainnya: Bisakah Hamil Karena Ada yang Ejakulasi di Kolam Renang?

2 dari 4 halaman

Bisa Hamil Meski Sperma Dikeluarkan di Luar Vagina

Ya, kemungkinan terjadinya kehamilan masih tetap ada meski keluar sperma di luar vagina. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor yang memengaruhi terjadinya kehamilan adalah penetrasi penis ke dalam vagina.

“Saat penetrasi penis ke dalam vagina, pria bisa saja mengeluarkan cairan pre-ejakulasi. Ini bukan hanya sekadar cairan atau pelumas alami, tapi juga mengandung sperma,” ungkap dr. Devia.

“Jadi, jika secara tidak sadar pria telah mengeluarkan cairan pre-ejakulasi di dalam vagina ketika melakukan penetrasi, peluang terjadinya kehamilan masih tetap ada,” tegasnya.

Peluang terjadinya kehamilan bisa meningkat berkali lipat apabila wanita sedang berada di dalam rentang masa suburnya. 

Jadi, sekali pun keluar sperma di luar, kemungkinan hamil masih tetap ada akibat keluarnya cairan pre-ejakulasi saat penetrasi penis ke dalam vagina.

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Sperma yang Sehat untuk Mempercepat Kehamilan

3 dari 4 halaman

Cara Paling Efektif Mencegah Kehamilan

Bagi pasangan suami istri yang hendak menunda kehamilan, cara paling baik yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan alat kontrasepsi.

“Ada banyak alat kontrasepsi yang bisa dijadikan pilihan sesuai kebutuhan. Misalnya, kondom, pil KB, suntik KB, atau pasang IUD,” tutur dr. Devia.

Di antara beberapa alat kontrasepsi yang tersedia, satu-satunya yang dapat membantu menurunkan risiko penularan penyakit menular seksual adalah kondom. 

Pasalnya, kondom memberikan lapisan pelindung pada penis, sehingga tidak terjadi gesekan antara kulit secara langsung.

Nah, bagi pasangan suami istri yang ingin mengetahui jenis kontrasepsi yang paling tepat dengan kondisi masing-masing, tak perlu sungkan untuk mengonsultasikan masalah ini pada dokter. 

Dengan demikian, keinginan Anda dan pasangan untuk menunda kehamilan setelah menikah dapat sepenuhnya diwujudkan.

Bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan, jangan terus andalkan metode keluar sperma di luar vagina. Lebih baik gunakan alat kontrasepsi, agar kemungkinan hamil dapat sepenuhnya diminimalkan.

Masih penarasan mengenai topik ejakulasi di luar bisa hamil? Ingin tahu lebih lanjut mengenai seks dan kehamilan? 

Konsultasikan secara langsung pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter secara gratis!

(AYU/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar