Sukses

Sering Kesemutan Saat Main Gadget? Hati-Hati Neuropati!

Karena terlalu lama main game di gadget, tiba-tiba tangan Anda jadi kesemutan. Jika ini terjadi terlalu sering, waspadalah dengan kemungkinan neuropati.

Saat ini, gadget seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Hampir semua orang memilikinya, bahkan anak-anak sekalipun.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), setengah dari pengguna aktif Internet di Indonesia berasal dari pengguna smartphone.

Lebih dari 90 persen anak milenial berusia 20-35 tahun telah menggunakan Internet, bahkan 98.2 persen diantaranya menggunakan smartphone mereka sekitar 7 jam dalam sehari.

Terlalu sering menggunakan smartphone memiliki risiko terhadap kesehatan manusia. Permukaan smartphone yang kotor bisa menjadi salah satu media penularan bakteri atau virus. Selain itu,terlalu lama memandang dan menggenggam layar smartphone dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, hingga kesemutan.

1 dari 3 halaman

Kesemutan Akibat Neuropati

Tangan kesemutan saat main HP bisa terjadi sementara atau menetap, tergantung dari penyebabnya. Salah satu penyebab kesemutan akibat bermain gadget adalah neuropati. Apa itu neuropati?

Neuropati merupakan sebuah kondisi rusaknya saraf di dalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan fungsi saraf.

Saat bermain gadget, biasanya Anda akan mempertahankan satu posisi dalam waktu yang lama. Hal tersebut membuat Anda berisiko menekan saraf dalam waktu yang lama, yang selanjutnya akan menyebabkan rasa kesemutan.

Selain itu, gerakan mengetik yang lama dan berulang dapat menyebabkan nyeri dan mati rasa di jempol serta jari-jari lainnya.

2 dari 3 halaman

Waspada Bahaya Neuropati

Kesemutan merupakan salah satu tanda awal dari neuropati. Jika kondisi tersebut terus Anda biarkan, maka dapat berkembang dan lebih parah.

Berikut ini beberapa komplikasi yang dapat terjadi bila neuropati tidak ditangani sesegera mungkin:

  • Mati Rasa pada Kulit

Ketika saraf di tangan sudah rusak, maka Anda tidak akan lagi dapat merasakan berbagai sensasi pada kulit. Baik itu sentuhan, nyeri, panas, dan dingin. Apa akibatnya? Anda akan mudah terkena trauma pada kulit akibat kulit yang sudah mati rasa.

  • Infeksi pada Kulit

Ketika kulit Anda sudah tidak bisa merasakan sensasi nyeri, maka Anda berisiko mengalami luka tanpa Anda ketahui. Luka tersebut dapat berkembang menjadi infeksi jika Anda lambat menyadarinya. Oleh karena itu, Anda harus rutin mengecek bagian tubuh Anda yang mengalami mati rasa.

  • Kehilangan Fungsi Otot Tangan

Saraf menghubungkan antara otak atau sumsum tulang belakang dengan berbagai organ di tubuh, seperti otot.  Adanya kerusakan saraf pada tangan akan menurunkan fungsi otot Anda. Jika terus berlanjut, Anda akan mengalami kehilangan fungsi otot tangan.

Itulah berbagai komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit neuropati. Oleh karena itu, Anda harus melakukan berbagai tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut.

Misalnya, dengan sebisa mungkin menurunkan intensitas bermain gadget, memperbaiki posisi tubuh saat bermain gadget, dan yang paling mungkin Anda lakukan adalah mengonsumsi Hemaviton Neuro Forte.

Hemaviton Neuro Forte adalah salah satujenis vitamin neurotropik yang mengandung vitamin B1 100 mg, vitamin B6 100 mg, dan vitamin B12 5.000 mcg.

Dengan dosis tersebut, vitamin ini dapat bekerja optimal dalam memelihara kesehatan sistem saraf Anda. Kata “forte” diartikan sebagai “kuat”, menandakan bahwa vitamin B12 yang terkandung lebih tinggi (5.000 mcg) sehingga dapat membantu mencegah atau mengatasi kerusakan saraf.

Konsumsilah satu tablet per hari untuk mendapatkan hasil maksimal dari Hemaviton Neuro Forte ini.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar