Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Berapa Lama Infused Water Aman Dikonsumsi Setelah Dibuat?

Berapa Lama Infused Water Aman Dikonsumsi Setelah Dibuat?

Infused water adalah minuman yang banyak digemari karena manfaatnya. Berapa lama masa kedaluwarsa minuman ini setelah dibuat? Cek faktanya!

Infused water atau sering disebut detox water sempat tenar beberapa waktu belakangan. Jenis minuman ini memiliki cita rasa yang khas, sehingga menjadi favorit sebagian orang.

Untuk dapat menikmati rasa maksimal dari jenis minuman tersebut, infused water perlu disimpan selama beberapa saat di dalam lemari pendingin. 

Hal yang jadi pertanyaan, berapa lama masa kedaluwarsa infused water? Apa saja ciri-ciri infused water yang masih layak dikonsumsi?

1 dari 3 halaman

Menilik Masa Kedaluwarsa Infused Water

Banyak orang membuat infused water dan kemudian menyimpannya untuk stok minuman beberapa hari ke depan. 

Semakin lama disimpan, diharapkan buah dan sayuran yang ada di dalamnya akan semakin mengeluarkan rasa dan manfaat untuk air putihnya.

Sayangnya, hal tersebut kurang disetujui oleh dr. Devia Irine Putri. Menurutnya, infused water sebaiknya harus segera dihabiskan setelah dibuat. 

Jika ingin disimpan, harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan dihabiskan maksimal 24 jam setelahnya.

"Kalau di suhu ruangan, dua jam harus segera dihabiskan. Kalau tidak habis, bisa dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak terkontaminasi bakteri. Jika disimpan dalam kulkas, infused water harus dihabiskan maksimal 24 jam setelahnya," tutur dr. Devia.

Tidak berhenti di situ, Anda juga harus memerhatikan kesegaran buah atau sayur yang dijadikan sebagai campuran infused water. 

Artikel Lainnya: Benarkah Infused Water Lebih Sehat Daripada Air Minum Biasa?

Salah-salah, Anda malah bisa mengalami penyakit akibat kontaminasi kuman dari buah atau sayur tersebut.

Sebuah studi yang terbit di jurnal Foodborne Pathogens and Disease menemukan, dari semua wabah terkait makanan yang terjadi di Amerika Serikat antara tahun 2004-2012, kejadian yang disebabkan oleh produk segar seperti buah dan sayur berkisar 23 hingga 60 per tahun. 

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), buah atau sayur segar yang telah dipotong, diperas, atau digunakan mentah berpotensi mengandung kuman yang dapat mengontaminasi minuman yang dikonsumsi.

Artikel Lainnya: Menyingkap Efek Samping Infused Water bagi Kesehatan

2 dari 3 halaman

Kapan Waktu yang Tepat Minum Infused Water?

Infused water dipercaya punya manfaat kesehatan yang luar biasa. Kemudian, orang mulai melakukan ‘cocokologi’ bahwa waktu terbaik untuk mengonsumsi jenis minuman ini adalah pada pagi hari. 

Hal tersebut kemudian dibantah oleh beberapa golongan, karena menganggap infused water lebih baik dikonsumsi saat siang hari.

Lantas, mana yang benar di antara kedua anggapan tersebut? Apakah terdapat anjuran mengenai waktu terbaik minum infused water dari sisi medis?

"Tidak ada aturan baku atau penelitian mengenai waktu yang tepat untuk minum infused water. Jenis minuman ini dapat dikonsumsi kapan saja, sesuai kebutuhan," jawab dr. Devia.

Dengan kata lain, Anda bisa mengonsumsi infused water kapan saja. Jika ingin lebih aman, jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu, khususnya jika menggunakan campuran buah yang berasa asam.

Kini Anda telah mengetahui masa kedaluwarsa infused water, bukan? Patuhi anjuran tersebut, agar minuman yang sering disebut sebagai detox water ini tidak malah menyebabkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Punya pertanyaan mengenai infused water? Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakta medis lainnya? Konsultasikan secara langsung pada dokter menggunakan fitur LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar