Kesehatan Umum

Berapa Lama Infused Water Aman Dikonsumsi Setelah Dibuat?

dr. Arina Heidyana, 30 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sembarangan mengonsumsi infused water. Meski banyak manfaatnya, kamu perlu tahu berapa lama masa kedaluwarsa infused water setelah dibuat? Cek faktanya!

Berapa Lama Infused Water Aman Dikonsumsi Setelah Dibuat?

Infused water kerap menjadi salah satu minuman sehat favorit karena rasanya ringan dan menyegarkan. Untuk menikmati rasanya lebih maksimal, infused water biasanya disimpan beberapa saat di lemari pendingin. 

Namun, berapa lama masa kedaluwarsa infused water? Apa saja ciri-ciri infused water yang masih layak dikonsumsi? Ketahui selengkapnya berikut ini!

Menilik Masa Kedaluwarsa Infused Water

Banyak orang membuat infused water dan menyimpannya untuk stok minuman beberapa hari ke depan. Semakin lama disimpan, diharapkan buah dan sayuran yang ada di dalamnya akan semakin mengeluarkan rasa dan manfaat untuk air putihnya.

Sayangnya, hal tersebut kurang tepat. Infused water sebaiknya harus segera dihabiskan setelah dibuat. Jika ingin disimpan lebih lama, masukkan ke lemari pendingin dan habiskan maksimal tiga hari setelahnya.

Artikel lainnya: Menyingkap Efek Samping Infused Water bagi Kesehatan

Infused water juga tidak harus dingin atau harus selalu disimpan di kulkas. Kamu bisa menggunakan air biasa dan menempatkannya pada suhu ruang, dengan syarat infused water harus segera dikonsumsi tidak lebih dari dua jam. 

Menurut Jurnal Pangan dan Gizi mengenai infused water lemon, waktu perendaman buah pada suhu ruang selama 1 jam atau di lemari es selama 4 jam adalah waktu paling baik untuk mendapatkan aktivitas vitamin C dan antioksidan optimal dari lemon. 

Jadi, manfaat infused water tetap bisa didapatkan bila dibuat dengan air biasa dan disimpan pada suhu ruang!

Jenis buah infused water juga dapat memengaruhi waktu kedaluwarsanya. Jenis buah tertentu seperti citrus (lemon dan jeruk) akan bertahan lebih lama di dalam infused water ketimbang buah seperti melon. 

Faktanya, lemon dan jeruk nipis adalah pengawet alami dan dapat membantu menjaga infused water terasa segar.

Berdasarkan artikel dalam jurnal Annals of Agricultural & Crop Sciences, ekstrak buah citrus memiliki antimikroba dan antioksidan yang dapat melawan mikroorganisme. Kemampuan ini meningkatkan kualitas dan memperpanjang umur simpan makanan.

Jika kamu ingin mengonsumsinya sedikit lebih lama, sebaiknya disimpan di lemari pendingin agar buah yang digunakan tidak cepat rusak serta tidak menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri.

Menurut Food and Drug Administration Amerika Serikat, buah atau sayur segar yang telah dipotong, diperas, atau digunakan mentah berpotensi mengandung kuman yang dapat mengontaminasi minuman yang dikonsumsi.

Refill Infused Water dan Mengganti Buahnya, Apa Boleh?

Sebenarnya tidak ada batasan atau penelitian tertentu mengenai refill dan penggantian buah infused water

Jika infused water pertama telah habis atau sisa setengah, bisa saja ditambahkan air lagi dengan buah yang sebelumnya. Asalkan, buahnya masih segar dan tidak berbau.

Mengganti buahnya juga boleh-boleh saja, selama air infused water belum terasa pahit. Walaupun buahnya diganti, masa kedaluwarsa infused water sebaiknya tetap mengikuti batas penggunaan pertama. 

Artikel lainnya: Jangan Sembarangan, Ini Resep Infused Water yang Sehat!

Hal tersebut berguna untuk menghindari kontaminasi dari kuman yang terdapat pada buah potong. Oleh karena itu, sebaiknya selalu membuat infused water menggunakan bahan-bahan fresh!

Kapan Waktu yang Tepat Minum Infused Water?

Beberapa orang menganggap, waktu terbaik minum infused water adalah pagi hari. Namun, ada juga yang menganggap kalau infused water lebih baik dikonsumsi siang hari.

Lantas, mana yang benar? Tenang, tidak ada aturan baku atau penelitian mengenai waktu yang tepat untuk minum infused water. Kamu dapat mengonsumsinya kapan saja sesuai kebutuhan.

Jika ingin lebih aman, jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu, khususnya bila infused water kamu menggunakan campuran buah yang berasa asam.

Nah, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips minum infused water di atas, ya, agar tidak kena efek samping.

Selain minum infused water, #JagaSehatmu dengan makan makanan bergizi seimbang dan olahraga! Download aplikasi KlikDokter untuk tahu lebih banyak seputar minuman sehat, tanya dokter online tepercaya juga bisa!

(FR/JKT)

Referensi:

Jurnal Pangan dan Gizi. Diakses 2022. Tingkat Kekeruhan Kadar Vitamin C dan Aktivitas Antioksidan Infused Water Lemon dengan Variasi Suhu dan Lama Perendaman.

Foodborne Pathogens and Disease. Diakses 2022. Reported Foodborne Outbreaks Due to Fresh Produce in the United States and European Union: Trends and Causes.

Annals of Agricultural & Crop Sciences. Diakses 2022. Prolonged the Shelf Life of Different Foods using the Citrus By-Products as Antimicrobials: A Review Article.

US Food & Drug Administration. Diakses 2022. Raw Produce: Selecting and Serving it Safely.

Minuman sehatInfused Waterbuah-buahan

Konsultasi Dokter Terkait