Sukses

Manfaat Maternity Shoot untuk Kesehatan Mental Bumil

Maternity shoot saat ini sedang digemari. Tapi, adakah manfaatnya bagi kesehatan mental bumil? Yuk, cek penjelasan psikolog berikut.

Dulu, mungkin hanya foto prewed atau foto pernikahan yang sering dipajang di media sosial. Namun kini, maternity shoot atau foto saat hamil sedang banyak diunggah oleh para wanita, terutama selebgram dan publik figur. 

Jika foto momen saat hamil tersebut diambil secara profesional, beberapa orang berpendapat bahwa itu seperti membuang-buang uang. Bahkan, ada juga yang menganggap hal ini pamali karena si bayi belum lahir. 

Di sisi lain, ada yang menganggap bahwa maternity shoot justru baik untuk kondisi si ibu, terutama kondisi psikisnya. Lalu, apa kata psikolog soal hal ini?

1 dari 3 halaman

Maternity Shoot dan Efeknya untuk Kesehatan Mental Bumil

Menanggapi soal tren dan manfaat melakukan sesi pemotretan saat hamil, begini penjelasan Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Menurutnya, alasan mengapa kini banyak ibu-ibu muda yang melakukan maternity shoot adalah karena mereka terinspirasi bahwa sebagai bumil, dirinya harus percaya diri menunjukkan perubahan pada tubuhnya. 

“Ini juga bisa menandakan adanya kebanggaan tersendiri bahwa mereka sebagai wanita bisa hamil dan memiliki anak. Selain itu, mungkin memang alasannya hanya karena tren semata,” kata Ikhsan.

Lalu, bagaimana soal manfaatnya untuk kesehatan mental? Ada atau tidak? Nah, kabar baiknya, foto saat hamil memiliki efek positifnya tersendiri untuk ibu hamil.

Maternity shoot ini punya dampak positif sebenarnya buat ibu hamil. Ketika dia mengabadikan momen yang berharga buat dia, itu bisa meningkatkan rasa bersyukur di dalam hidupnya. Karena bisa jadi, inilah hal yang dia tunggu-tunggu,” jelasnya. 

Selain itu, mengabadikan foto saat hamil juga bisa membuat para kaum hawa jadi lebih mencintai tubuhnya dan percaya diri akan perubahan penampilanya kini.

“Karena bisa jadi juga, dulu tubuh si ibu proporsional. Tapi setelah hamil, kondisi tubuhnya jadi berubah, tidak proporsional. Dengan foto ini, dia lebih bisa menerima dan mencintai apa yang sudah dimilikinya sekarang,” kata psikolog itu. 

“Dampak positif-negatif lainnya sangat bergantung dari persepsi dan nilai yang masing-masing orang pegang,” Ikhsan menambahkan. 

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Jangan Sampai Kelelahan dan Kelaparan

2 dari 3 halaman

Tertarik Melakukan Maternity Shoot? Ini Tips buat Bumil!

Karena sudah tahu manfaatnya untuk kesehatan mental bumil, tentu itu semakin meningkatkan niatan para wanita untuk melakukan maternity shoot. Ada pun beberapa tips supaya bumil bisa berfoto dengan maksimal, yaitu:

  • Pilih Fotografer yang Membuat Anda Nyaman 

Anda harus memilih fotografer yang satu selera dengan Anda dan bisa mengerti keadaan ibu hamil. Jika tidak, sesi foto akan terasa kurang nyaman dan bumil malah jadi stres lalu kelelahan.

Selain itu, karena menahan kesal dan lelah, raut wajah di foto pun juga jadi kurang oke, bun!

  • Pilih Waktu Usia Kehamilan yang Tepat

Mau tahu waktu pemotretan kehamilan yang tepat? Ada baiknya maternity photoshoot ini dilakukan ketika memasuki usia kandungan 7 bulan. Saat itulah, perut bumil terlihat makin menarik dan cantik.

Bahkan, momen ini disebut-sebut sebagai momen yang paling memancarkan kecantikan seorang bumil.

  • Pilih Lokasi yang Tepat 

Memilih lokasi sangat penting. Jika dilakukan di rumah, Anda mungkin merasa nyaman, apalagi jika yang dipilih adalah pose intim. 

Namun, kalau kondisi rumah atau kamar tidak memungkinkan, Anda juga bisa menyewa kamar hotel. 

Studio dengan alat peraga atau konsep luar ruangan dengan banyak tanaman hijau atau laut juga dapat membuat Anda merasa nyaman. 

Artikel Lainnya: Benarkah Depresi Akibat Kehamilan Bisa Berlangsung Lama?

  • Pilih Pakaian yang Tepat

Pilih pakaian yang menonjolkan bagian perut dan mencerminkan kepribadian Anda. Warna sederhana dan solid atau garis-garis yang pas di tubuh akan terlihat indah.

Memperlihatkan perut langsung juga boleh dilakukan. Anda juga bisa mengenakan kemeja bukaan depan dan membuka kancing kemeja di sekitar perut. 

Jangan lupa kenakan alas kaki yang nyaman karena melakukan pemotretan bisa melelahkan.

  • Keep It Simple!

Buat semuanya tetap sederhana, mulai dari pakaian, lokasi, hingga pose Anda. Hindari melakukan foto kehamilan rumit yang bisa menyita pikiran bahkan membuat Anda stres. 

Selanjutnya, jangan grogi! Santai dan nikmati sesi demi sesi foto kehamilan Anda.

Itu dia manfaat maternity shoot untuk kesehatan mental ibu hamil serta tipsnya. Bila Anda masih ada pertanyaan seputar kehamilan, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar