Sukses

Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

Punya kulit terbakar memang menyiksa, coba racik masker oatmeal sendiri untuk mengatasinya. Seberapa ampuh masker oatmeal atasi kulit terbakar?

Setelah seharian berada di bawah sinar matahari, tiba-tiba kulit Anda jadi memerah, terkelupas, dan terasa sangat perih. Ini bisa jadi tanda kulit terbakar! 

Karena tidak punya produk masker yang bisa menangani kulit terbakar, masker rumahan buatan sendiri dari oatmeal bisa menjadi solusi. Namun, benarkah masker oatmeal ampun dalam mengatasi kulit terbakar? 

1 dari 4 halaman

Efektivitas Masker Oatmeal untuk Kulit Terbakar

Selain sehat bagi kesehatan pencernaan, oatmeal juga disebut-sebut ampuh dalam mencerahkan kulit wajah. Karenanya, tidak sedikit produk kecantikan kulit yang menggunakan oatmeal sebagai bahan utamanya. 

Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA), yakni asam laktat dan asam glikolat yang dapat mengeksfoliasi kulit. 

Namun, apakah masker oatmeal juga bisa mengatasi kulit terbakar/sunburn akibat paparan sinar matahari? 

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan masker oatmeal memang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit terbakar. 

Oatmeal mengandung avenanthramides, salah satu antioksidan yang berperan sebagai senyawa antiinflamasi, lalu beta-glukan dan saponin yang bisa mengangkat sel kulit mati,” ucap dr. Devia.

“Lalu, oatmeal juga kaya asam amino untuk membantu rebuild dan mempercepat proses penyembuhan jaringan, serta berguna untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak,” lanjutnya. 

Artikel lainnya: Bunda, Ini Manfaat Mandi Oatmeal bagi Kesehatan Kulit Bayi

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Oatmeal yang Diakui Medis

Lantas, selain meredakan sunburn, apalagi manfaat masker oatmeal yang diakui medis untuk kesehatan kulit? Berikut beberapa penjelasannya: 

  • Melembapkan Wajah 

Kandungan beta-glukan dalam oatmeal berfungsi untuk membentuk lapisan-lapisan baru pada permukaan kulit. Lapisan ini dipercaya bisa meningkatkan kelembapan kulit wajah hingga ke lapisan paling dalam. 

Kandungan ini juga bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah lebih cerah dan halus. 

  • Meredakan Jerawat

Salah satu permasalahan paling umum yang terjadi pada wajah adalah jerawat. Meski bukan kondisi mematikan, jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri. Masker oatmeal diyakini mampu mengurangi peradangan pada jerawat. 

Anda bisa mencampurkan satu sendok oatmeal dengan madu agar efektivitasnya lebih oke. Madu mengandung bakteri baik yang mampu meredakan peradangan jerawat. 

  • Melindungi Kulit dari Paparan Radikal Bebas

Oatmeal mengandung lemak yang berfungsi untuk menangkal sinar UV dari matahari. Selain itu, antioksidannya yang tinggi bisa menangkal paparan radikal bebas dari luar. 

  • Mengangkat Minyak Berlebih 

Wajah yang terlalu berminyak bisa menyebabkan permasalahan kulit, seperti jerawat, komedo, dan wajah kusam atau kasar. Nah, oatmeal bisa jadi solusinya. 

Oatmeal mengandung saponin. Senyawa kimia itu dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori penyebab komedo dan jerawat.

Artikel lainnya: 4 Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

3 dari 4 halaman

Tips Membuat Masker Oatmeal di Rumah

Kalau Anda tertarik membuat masker oatmeal sendiri, beberapa bahan yang perlu disiapkan adalah: 

  • 1-2 sendok oatmeal
  • 1 sendok madu
  • Susu secukupnya 

Campurkan semua bahan jadi satu, lalu tunggu sampai oatmeal lembek. Oleskan pada area wajah yang terbakar atau memiliki masalah kulit. 

Tunggu selama beberapa menit (15-20 menit), kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun cuci muka. 

Sebaiknya, Anda tidak menggunakan masker buatan sendiri bila memiliki wajah yang sensitif dan jerawat yang sedang meradang (banyak dan memerah). Kandungan alami yang digunakan bisa membuat kulit wajah jadi semakin sensitif dan perih. 

Selain itu, coba oleskan ketiga bahan alami tadi (yang sudah dicampur) ke kulit tangan. Tunggu selama beberapa jam, jika tidak menimbulkan reaksi maka bahan-bahan ini aman digunakan. 

Konsultasikan dulu kepada dokter kecantikan untuk treatment yang tepat. Pakai fitur Chat Premium di aplikasi KlikDokter untuk tanya-tanya dengan dokter lebih mudah.

(FR/JKT)

1 Komentar