Sukses

Pakai Sabun Pepaya Palsu, Ini Efeknya Bagi Kulit

Tergiur harga lebih murah, ternyata sabun yang dibeli adalah sabun pepaya palsu! Karena sudah dipakai beberapa kali, adakah bahayanya buat kulit?

Buat Anda yang tertarik membeli salah satu merek sabun pepaya karena review-nya bagus dalam mencerahkan kulit, sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, banyak beredar sabun pepaya palsu yang dijual dengan harga lebih murah dan dipasarkan secara online!

Ya, setahun silam, salah satu produsen sabun pepaya asli melaporkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang pihak yang memalsukan produknya itu.

Lalu, benar saja, dengan bantuan polisi, mereka menemukan barang bukti sabun pepaya palsu!

BPOM pun lantas mengambil sabun palsu tersebut untuk diperiksa di laboratorium. Tak hanya sabun pepaya, di tempat kejadian perkara (TKP), polisi juga menemukan produk dari merek populer lainnya yang dipalsukan.

Sementara itu, beberapa orang yang curiga akibat membeli sabun pepaya dengan harga lebih murah pun menjadi khawatir.

Adakah efek samping pada kulit saat pakai sabun pepaya palsu? Tetapi, kok, efeknya tidak langsung muncul saat dipakai pertama kali?

Artikel Lainnya: Manfaat Pepaya untuk Kulit Wajah

1 dari 5 halaman

Efek Samping Menggunakan Sabun Pepaya Palsu

Menanggapi pertanyaan tersebut, begini penjelasan dr. Arina Heidyana. Menurutnya, efek jangka panjang atau pendeknya sendiri tergantung dari kandungan sabun pepaya yang palsu.

Sayangnya, tidak diberitahukan lebih lanjut oleh BPOM tentang kandungan zat yang di ada dalam sabun palsu temuan mereka.

Namun, karena manfaat yang paling menggiurkan dari sabun ini adalah mencerahkan, bisa saja si produsen menambahkan merkuri di dalamnya. Sebab, merkuri bahan berbahaya yang dapat dengan cepat mencerahkan kulit.

Merkuri itu sendiri bersifat korosif, artinya bikin lapisan kulit Anda kian menipis. Jika Anda menggunakan produk bermerkuri dalam jangka panjang, berisiko menyebabkan pink disease (ruam merah muda yang menyakitkan di kulit), sakit kepala, gangguan pencernaan, gangguan sistem saraf, gagal ginjal, hingga kanker kulit.

Dokter Arina juga menambahkan, “Ya, biasanya, jika yang Anda beli adalah sabun pepaya palsu, itu bisa menimbulkan iritasi, kemerahan, dan gatal pada kulit. Kulit pun bisa tambah kering dan bahkan jadi berjerawat.”

“Produk palsu bisa juga diganti dengan bahan berbahaya untuk mendapatkan keuntungan karena jadi lebih murah produksinya. Namun, tanpa bahan berbahaya dan hanya diganti dengan bahan kualitas rendah juga bisa. Jadi, tergantung produsen yang memalsukan,” tutup dr. Arina.

Artikel Lainnya: Sering Cuci Muka dengan Sabun Belerang, Apa Efeknya pada Kulit?

2 dari 5 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Telanjur Pakai?

Segera hentikan penggunaan produk tersebut jika Anda curiga itu merupakan barang palsu. Sedangkan untuk melihat apakah ada bahaya sabun pepaya palsu ke kulit, Anda bisa memantaunya terlebih dulu.

Apabila muncul gejala seperti disebutkan di atas, langsung saja periksakan diri ke dokter kulit. Dikhawatirkan, bahan kimia dari sabun palsu akan terus merusak kulit jika tak segera diatasi, terutama kasus jerawat dan kulit kemerahan!

Kita tentu berharap tak ada efek samping yang muncul, apalagi jika baru digunakan beberapa kali (belum jangka panjang).

Apabila gejala yang muncul hanya gatal, tanpa efek lain, Anda bisa mengoleskan pelembap dan gel pengurang rasa gatal.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Ini Dia Ancaman Sabun Wajah dengan Microbeads

3 dari 5 halaman

Perbedaan Sabun Pepaya yang Palsu dan Asli

Agar terhindar dari efek samping yang tak diinginkan, berikut daftar perbedaan sabun pepaya palsu dan asli yang harus diketahui:

- Sabun Pepaya Asli:

  • Aromanya segar dan tidak menusuk.
  • Tekstur sabun pepaya dengan bahan alami lebih lembut.
  • Di kemasan sabun, terdapat izin dari BPOM.
  • Harganya tidak terlalu murah atau kurang lebih sama dengan toko-toko resmi.

- Sabun Pepaya Palsu:

  • Memiliki tekstur yang kasar.
  • Tidak memiliki bau khas pepaya yang segar dan baunya sedikit tajam.
  • Tidak ada izin dari BPOM pada kemasan.
  • Harga jauh lebih miring dari toko resmi.
  • Setelah dipakai, mungkin timbul iritasi atau gatal-gatal.

Artikel Lainnya: Panduan Memilih Sabun Cuci Wajah yang Tepat

4 dari 5 halaman

Manfaat Sabun Pepaya yang Asli untuk Kesehatan Kulit

Sabun pepaya sebenarnya bermanfaat untuk kulit jika Anda membeli produk yang asli di toko-toko resmi. Adapun manfaat yang dimaksud, antara lain:

  • Anti-Inflamasi dan Mengurangi Pigmentasi

Sabun ini mengandung enzim papain yang bisa memecah protein. Meski bagus untuk memelihara pencernaan supaya sehat, tetapi dia juga bisa bertindak sebagai anti-inflamasi.

Sabun pepaya juga kaya vitamin C serta antioksidan yang bisa mengurangi pigmentasi dan merangsang produksi kolagen.

Tak heran, setelah terbakar sinar matahari, beberapa orang menggunakan sabun pepaya ini agar kondisi kulitnya membaik.

  • Eksfoliasi

Enzim papain bisa mengangkat sel kulit mati dan membuatnya lebih sehat. Eksfoliasi dengan sabun pepaya secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah, halus, sekaligus membantu meratakan warna kulit.

  • Mengurangi Munculnya Jerawat

Sabun pepaya diyakini dapat membantu menghilangkan noda dan mengurangi timbulnya jerawat.

Selain itu, enzim papain dianggap mampu menghilangkan keratin kulit yang rusak. Jika keratin rusak, ia dapat menumpuk di kulit dan menyebabkan benjolan-benjolan kecil.

Dengan menggunakan sabun pepaya, sel kulit mati dapat terkelupas dan jerawat pun bisa dihindari.

Mulai sekarang, jangan mudah tergiur dengan harga produk yang jauh lebih murah daripada toko resmi. Sebab, itu bisa saja sabun pepaya palsu! 

Apabila masih ada pertanyaan lain seputar kulit, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar