Sukses

Kaya Serat, Ini Manfaat Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil

Oatmeal yang lezat dan kaya serat ini ternyata juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan kehamilan. Yuk, cari tahu manfaat oatmeal untuk ibu hamil di sini.

Suka mengonsumsi oatmeal dengan beragam topping buah-buahan dan kacang, atau ngemil yoghurt dengan taburan oat? Bagi Anda yang sedang hamil, oatmeal nyatanya bisa memberi manfaat kesehatan bagi kehamilan.

Konsumsi oatmeal dapat mendukung pola makan sehat bagi ibu hamil karena kaya nutrisi. 

Untuk lebih jelasnya, cek deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari oatmeal untuk kehamilan yang sehat.

1 dari 4 halaman

Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil

Oatmeal termasuk dalam tipe makanan yang umumnya aman dikonsumsi bumil. Ini dia beberapa khasiatnya bagi kandungan:

  1. Sumber Energi

Ibu hamil membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani beragam aktivitas. Oatmeal dapat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan kalori untuk meningkatkan energi.

Oatmeal merupakan salah satu makanan penyuplai energi yang sehat karena karbohidratnya kompleks. 

Menurut dr. Arina Heidyana, karena tipenya kompleks, oat akan dicerna oleh usus secara perlahan sehingga tidak bikin cepat lapar. 

Kadar gula karbohidrat kompleks pun rendah, hal ini mengurangi risiko ibu hamil terkena diabetes gestasional.

  1. Kaya Serat

Oat terkenal akan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, makanan ini cocok bagi bumil yang kerap mengalami keluhan sembelit. Serat dapat melancarkan proses pencernaan dan buang air besar.

Artikel Lainnya: 4 Alasan Mengapa Anda Perlu Makan Oatmeal Setiap Hari

  1. Mengandung Mineral Penting dan Vitamin B 

Kalium, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan mangan adalah beberapa contoh mineral yang terkandung dalam oat. Selain itu, oat juga mengandung vitamin B, folat, dan asam pantotenat. 

Nah, berbagai nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kehamilan, mulai dari meningkatkan imunitas hingga mendukung perkembangan janin.

  1. Kaya Asam Folat 

Inilah salah satu kandungan penting yang harus dikonsumsi ibu hamil. American Pregnancy Association di Amerika Serikat menyebut oatmeal sebagai salah satu sumber asam folat. 

Asam folat memegang peranan penting dalam perkembangan sistem saraf dan otak bayi, serta menghindarkan dari risiko penyakit.

  1. Bantu Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Cegah anemia semasa hamil dengan mengonsumsi oatmeal yang juga mengandung zat besi. Bila dibarengi dengan makanan sehat lainnya, kesehatan tubuh dapat tetap terjaga.

Artikel Lainnya: Bunda, Yuk, Berikan Oatmeal untuk Menu MPASI Anak

2 dari 4 halaman

Adakah Efek Samping Makan Oatmeal saat Hamil?

Meski tergolong aman, konsumsi oat saat hamil tak lepas dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Konsumsi oatmeal yang berlebihan dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan, serta penyumbatan usus.

Selain itu, bila Anda alergi terhadap gluten, mungkin bisa muncul reaksi alergi dari oat. Untuk menghindari risiko-risiko yang ada, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait asupan oatmeal.

3 dari 4 halaman

Tips Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil

Agar manfaat oat lebih terasa, ibu hamil disarankan pilih yang steel-cut oats atau rolled oats, bukan oatmeal instan.

Untuk menikmati oatmeal, cara yang paling mudah adalah mencampur oat dengan air hangat dan susu. 

Anda bisa menambahkan sedikit madu, bubuk kayu manis, dan buah-buahan agar rasanya tidak terlalu hambar.

Selain itu, oat juga bisa diolah menjadi energy bar yang tak kalah enak dibanding camilan manis lainnya. Tambahkan beberapa bahan-bahan sehat seperti buah berry dan kacang-kacangan. Lebih baik jangan buat yang terlalu manis.

“Bubur oat bisa disantap pagi atau sore hari saja. Energy bar bisa dimakan untuk selingan,” saran dr. Arina.

Yuk, jadikan oatmeal sebagai salah satu asupan bernutrisi dalam pola makan selama kehamilan. Untuk konsultasi seputar gizi ibu hamil dengan dokter, bisa lebih mudah pakai LiveChat dari Klikdokter.

(JKT/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar