HomeIbu Dan anakKehamilan11 Manfaat Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil
Kehamilan

11 Manfaat Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil

dr. Muhammad Isman S, 02 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Oatmeal yang lezat dan kaya serat memiliki manfaat penting untuk kesehatan kehamilan. Cari tahu manfaat oatmeal untuk ibu hamil di sini.

11 Manfaat Makan Oatmeal untuk Ibu Hamil

Suka mengonsumsi oatmeal dengan beragam topping buah-buahan dan kacang, atau ngemil yoghurt dengan taburan oat? Kebiasan tersebut termasuk rutinitas yang baik untuk dilakukan. Ada banyak manfaat oat bagi kesehatan.   

Nah, buat kamu yang sedang hamil, mungkin bertanya, apakah oatmeal bagus untuk ibu hamil? Jawabannya tentu saja iya. 

Jangan khawatir. Oatmeal nyatanya bisa memberi manfaat bagi kehamilan.

Manfaat oatmeal untuk ibu hamil cukup banyak dan dapat mendukung pola makan sehat. Bila ibu hamil makan oatmeal, nutrisi yang bisa didapatkan antara lain serat, mineral, vitamin, dan lain sebagainya. 

Oatmeal bagus untuk ibu hamil, berikut sejumlah manfaat yang bisa didapatkan:

1. Sumber Energi

Ibu hamil membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani beragam aktivitas. Manfaat oatmeal untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan kalori untuk meningkatkan energi.

Oatmeal adalah salah satu makanan penyuplai energi yang sehat karena mengandung karbohidrat kompleks. Karena tipenya kompleks, oat akan dicerna oleh usus secara perlahan sehingga tidak bikin cepat lapar. 

Artikel lainnya: Masker Oatmeal untuk Redakan Kulit Terbakar

2. Mengurangi Risiko Diabetes Saat Hamil

Diabetes saat hamil disebut juga diabetes gestasional. Ibu hamil yang makan oatmeal dapat membantu mencegah diabetes gestasional.

Kadar gula karbohidrat kompleks pada oatmeal rendah. Hal ini mengurangi risiko ibu hamil terkena diabetes gestasional.

3. Menyehatkan Pencernaan

Oat terkenal akan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, makanan ini cocok bagi bumil yang kerap mengalami keluhan sembelit dan masalah saluran pencernaan lainnya. 

Salah satu masalah yang memang sering dialami ibu hamil adalah ambeien akibat kurangnya konsumsi serat saat hamil. Maka itu, oatmeal bagus untuk ibu hamil yang butuh asupan serat.

4. Mengandung Mineral dan Vitamin B 

Kalium, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan mangan adalah beberapa contoh mineral yang terkandung di dalam oat. Selain itu, oat juga mengandung beberapa vitamin B seperti folat (vitamin B9) dan asam pantotenat (vitamin B5). 

Berbagai nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kehamilan, mulai dari meningkatkan imunitas hingga mendukung perkembangan janin.

Artikel lainnya: Manfaat Oatmeal untuk Mengatasi Masalah Kulit

5. Mendukung Perkembangan Otak Janin 

American Pregnancy Association menyebutkan, oatmeal adalah salah satu sumber asam folat. Asam folat memegang peranan penting dalam perkembangan sistem saraf dan otak bayi, serta menghindarkannya dari risiko penyakit.

6. Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Oatmeal nyatanya juga mengandung zat besi. Manfaat oatmeal untuk ibu hamil dalam hal ini tentunya adalah mencegah anemia saat hamil.

Bila dibarengi dengan makanan sehat lainnya, kesehatan tubuh saat hamil dapat tetap terjaga.

7. Menjaga Berat Badan Selama Kehamilan

Berat Badan Ideal Saat Hamil, Ini Cara Menghitungnya

Kandungan serat pada oatmeal juga dapat membantu menjaga berat badan ibu selama hamil agar tidak naik berlebihan. Hal tersebut sangatlah penting, mengingat ada begitu banyak risiko kehamilan akibat berat badan berlebih.

Artikel lainnya: Awas, Kesalahan Saat Makan Oatmeal Ini Justru Bikin Gemuk!

8. Sumber Antioksidan

Oat juga kaya akan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Hal tersebut akan menurunkan berbagai risiko komplikasi yang bisa muncul ketika hamil, serta menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin.

9. Baik untuk Imun

Berbagai kandungan oatmeal juga baik bagi sistem imun, salah satunya zinc. Ibu hamil yang makan oatmeal rutin dapat membantu menjaga sistem imun.

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, jangan lupakan istirahat juga, ya.

10. Menyehatkan Tulang dan Otot

Oat juga mengandung fosfat dan kalsium, dua mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan otot. Selain itu, fosfat dan kalsium juga akan sangat berguna bagi perbaikan jaringan tubuh.

Artikel lainnya: Overnight Oats, Sarapan Sehat Kaum Urban

11. Menjaga Kesehatan Saraf 

Salah satu nutrisi penting di dalam oat adalah vitamin B. Vitamin ini sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saraf selama kehamilan dan memberikan tambahan energi ibu selama hamil.

Agar manfaat oatmeal untuk ibu hamil lebih terasa, sebaiknya pilih steel-cut oats atau rolled oats, bukan oatmeal instan. Kamu bisa mencampur oat dengan air hangat dan susu, serta menambahkan sedikit madu, bubuk kayu manis, dan buah-buahan.

Selain itu, oat juga bisa diolah menjadi energy bar. Tambahkan beberapa bahan seperti buah berry dan kacang-kacangan, serta jangan dibuat terlalu manis.

Meski tergolong aman, makan oatmeal saat hamil tak lepas dari kemungkinan efek samping. Konsumsi oatmeal berlebihan dapat menyebabkan diare, gangguan pencernaan, dan penyumbatan usus.

Bila kamu alergi terhadap gluten, mungkin bisa muncul reaksi alergi dari oat. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan terkait asupan oatmeal.

Pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi ke dokter obgyn lebih mudah. Dapatkan juga tips pola makan sehat saat hamil lainnya!

(FR/JKT)

OatmealKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait