Sukses

Ada Stretch Mark di Penis, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak hanya di area perut, lengan, dan paha, stretch mark juga bisa muncul di penis. Perlukah Anda khawatir? Simak penjelasan dokter ini.

Munculnya stretch mark pada area kulit tertentu memang menyebalkan, apalagi jika guratan tersebut dapat dilihat banyak orang. Namun, bagaimana jika stretch mark muncul di area yang tak biasa dan tertutup? Sebut saja di penis.

Saat ini terjadi, perlukah Anda merasa khawatir? Mari kita simak penjelasan dokter di bawah ini.

Penyebab Stretch Mark pada Penis

Kebanyakan pria juga tak terlalu ambil pusing saat punya tanda guratan putih di kulitnya. Padahal, stretch mark bisa muncul di mana saja, yakni paha, perut, pinggul, bokong, termasuk penis.

Meski bukan suatu kondisi yang berbahaya dan mengkhawatirkan, stretch mark di penis sering kali membuat banyak pria jadi kurang percaya diri. Terutama dalam kehidupan seksualnya.

Secara umum, stretch mark berkembang dari kulit yang meregang dan kenaikan berat badan secara drastis. Lantas, apa yang menjadi penyebab stretch mark pada penis?

Menurut dr. Devia Irine Putri, ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan stretch mark muncul di penis, misalnya: 

  • Adanya latihan beban berat yang berlebihan sehingga buat otot-otot bekerja lebih keras.

“Ketika seorang pria mengalami ereksi, akan ada sedikit robekan di dermis yang membuat stretch mark muncul,” kata dr. Devia.

  • Cara lain bagi pria untuk mendapatkan stretch mark adalah jika tubuh mereka memproduksi kortisol, hormon stres, secara berlebihan.

“Jika seorang pria tetap stres hampir sepanjang waktu, ia lebih mungkin mendapatkan stretch mark pada penis maupun area tubuh lainnya,” dia menambahkan.

  • Selain itu, penggunaan obat kortikosteroid, seperti Prednisone dan steroid juga jadi alasan lainnya muncul stretch mark pada penis. 

Artikel Lainnya: Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

1 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stretch Mark Pada Penis

Tidak ingin stretch mark berlama-lama di penis dan Anda ingin segera menghilangkannya?

Menurut dr. Devia, cara menghilangkan stretch mark pada penis sama dengan area tubuh lainnya, yaitu:

  • Terapi Laser 

Jika Anda memiliki tabungan berlebih dan ingin secara instan untuk menghilangkan stretch mark, Anda bisa melakukan terapi laser di dokter kecantikan maupun ke klinik khusus untuk perawatan kulit.

Terapi laser akan membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang nantinya akan menutupi stretch mark pada penis. 

  • Oleskan Krim Retinoid 

Selain terapi laser, Anda juga bisa menggunakan krim retinoid sebagai obat oles harian untuk menyamarkan stretch mark pada penis.

Krim ini berfungsi untuk memperbaiki penampilan kulit sehingga garisan halus akibat stretch mark bisa disamarkan dengan baik. 

  • Hindari Olahraga Terlalu Ekstrem

Karena ingin membentuk otot tubuh, Anda sengaja olahraga secara ekstrem dan lupa waktu beristirahat. Padahal ini keliru, dan justru memicu timbulnya stretch mark.

Lebih baik, olahraga secukupnya, dan jangan memaksakan tubuh untuk mengangkat beban terlalu berat. 

  • Jaga Pola Makan

Anda juga diwajibkan untuk menjaga pola makan sehat dan menghindari kebiasaan buruk seperti makan junk food.

Menimbun lemak tidak hanya buat bobot tubuh naik, tapi juga membuat kulit jadi melar dan meregang, termasuk di bagian penis.

Artikel Lainnya: Cara Mudah Mencegah Stretch Mark

2 dari 3 halaman

Ada Stretch Mark pada Penis, Perlukah Khawatir?

Karena muncul pada area yang jarang terjadi, Anda jadi khawatir dengan kondisi stretch mark pada penis. Padahal, menurut dr. Devia, stretch mark pada penis tidak perlu dikhawatirkan.

“Selama stretch mark tidak menimbulkan gejala lain, seperti penis sakit, nyeri, dan sebagainya, Anda tidak perlu khawatir,” ujar dr. Devia. 

Akan tetapi, agar lebih tenang dan yakin, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Yuk, dapatkan informasi seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup sehat hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar