Sukses

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Gagal Ginjal

Fungsi ginjal menurun pada penderita gagal ginjal bikin beberapa minuman tidak boleh dikonsumsi. Apa saja minuman yang tidak baik untuk ginjal itu?

Aneka ragam minuman dijajakan di pasaran. Mulai dari bobba, es kopi susu, teh, hingga jus buah aneka ragam rasa. Namun sayang, kebebasan dalam berkuliner ini tidak dapat dinikmati penderita gagal ginjal.

Bahkan, ada beberapa minuman yang sangat tidak disarankan untuk mereka konsumsi. Simak di sini untuk tahu lebih lanjut.

Asupan Cairan pada Penderita Ginjal

Gagal ginjal atau dapat disebut penyakit ginjal kronik adalah tahap akhir dari penyakit ginjal.

Saat ginjal Anda divonis mengalami kegagalan, organ tersebut sudah tidak dapat lagi bekerja dan berfungsi dengan baik.

Itu artinya, berdasarkan penjelasan dr. Sepriani T. Limbong, pada pasien dengan penyakit ginjal kronik, kemampuan ginjal dalam mengeluarkan cairan sudah menurun, tergantung dari stadiumnya.

Itu sebabnya, membatasi jumlah minuman harian perlu dilakukan karena sudah menurunnya kerja ginjal.

“Kalau cairan tidak dibatasi, nanti cairan tersebut tidak akan dapat dikeluarkan sehingga akan menumpuk dan menyebabkan pembengkakan yang disebut edema. Misalnya, edema tungkai ada di paru di wajah dan juga bisa menyebabkan sesak,” ujar dr. Sepriani.

“Itulah sebabnya, pasien dengan penyakit ginjal kronik biasanya akan diminta untuk membatasi jumlah cairan oleh dokter,” dia menambahkan.

Pembatasan jumlah cairan pada penderita gagal ginjal dapat bervariasi, tergantung keparahan penyakit.

Misalnya, penderita penyakit ginjal kronik tahap awal akan memiliki batasan cairan yang beda dengan orang yang memiliki gagal ginjal tahap akhir.

Artikel Lainnya: Jus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal

1 dari 3 halaman

Penderita Sakit Ginjal, Hindari 4 Minuman Ini

Di lain sisi, tak cuma jumlah cairan yang dibatasi. Jenis minuman pun harus diperhatikan betul. Penderita gagal ginjal tidak lagi bebas memilih jenis dan rasa minuman.

Nah, supaya lebih jelas, berikut minuman-minuman yang sebaiknya dihindari penderita gagal ginjal:

1. Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi alias soda dilarang bagi penderita ginjal kronik karena kandungan elektrolit di dalamnya.

“Karena fungsi ginjal menurun, cairan dan elektrolit dari minuman itu tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Nantinya, yang menumpuk bukan hanya cairan, tapi elektrolit juga,” ujar dr. Cipriani.

“Akibatnya apa? Bisa terjadi ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Gejala yang timbul bisa berupa gangguan irama jantung, kram otot, kejang, sampai penurunan kesadaran,” dokter muda itu menuturkan.

2. Minuman Berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi dan aneka ragam teh, juga tidak dianjurkan bagi penderita gagal ginjal.

“Spesifiknya lebih ke minuman yang sifatnya diuretik (memicu pengeluaran urine), misalnya kopi dan teh, harus dibatasi. Kenapa? Ya itu tadi, fungsi ginjal sudah berkurang, nanti malah numpuk cairannya,” kata dr. Sepri.

“Selain itu, kalau tidak bisa dikeluarkan dari tubuh, efek kafein di tubuh makin kuat. Bisa menyebabkan jantung berdebar, kepala pusing, dll,” dia menjelaskan lagi.

Artikel Lainnya: Punya Penyakit Ginjal, Hindari Konsumsi 9 Makanan Ini

3. Susu

Menurut dr. Sepriani, susu memang tidak sepenuhnya minuman terlarang bagi penderita penyakit ginjal kronik. Tapi, tetap saja, jumlahnya perlu dibatasi.

Susu adalah asupan sumber potasium, fosfor, dan juga protein. Tapi, minum susu terlalu banyak, bersamaan dengan asupan sumber fosfor lain, dapat mengganggu kesehatan tulang pada penderita penyakit ginjal.

Saat fungsi ginjal rusak, konsumsi fosfor terlalu banyak dapat mengakibatkan penumpukan fosfor dalam darah, yang bisa menarik mineral kalsium dari tulang.

Akibatnya, tulang bisa menjadi tipis dan lemah seiring waktu. Risiko patah tulang pun meningkat.

Selain itu, membatasi minum susu dapat menghindarkan Anda dari penumpukan limbah protein di dalam darah.

4. Alkohol

Ginjal punya tugas penting sebagai penyaring zat berbahaya, termasuk alkohol. Dengan meminum alkohol, ginjal akan dipaksa bekerja ekstra keras.

Alkohol menyebabkan perubahan fungsi ginjal dan membuatnya kurang mampu menyaring darah.

Alkohol juga mempengaruhi kemampuan untuk mengatur cairan dan elektrolit dalam tubuh. Itulah sebabnya, penderita sakit ginjal wajib menghindari minuman yang satu ini.

2 dari 3 halaman

Jadi, Minuman Apa yang Disarankan?

Kalau minuman-minuman familier tadi tidak disarankan, cairan seperti apa dong yang dianjurkan untuk penderita gagal ginjal? Tak lain dan tak bukan, menurut dr. Sepriani, adalah air putih!

“Berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi? Tergantung stadium penyakit dan fungsi ginjalnya, yang diukur dari ureum kreatinin seseorang,” ujar dr. Sepri.

“Nanti dokter biasanya yang akan mengatur berapa tepatnya volume cairan yang boleh dikonsumsi. Cairan ini enggak hanya yang berasal dari minuman, tapi juga termasuk kuah sop atau makanan yang dikonsumsi,” dia menuturkan.

Itulah empat minuman yang tidak baik untuk ginjal dan penderita gagal ginjal. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, Anda bisa tanyakan pada dokter via LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(JKT/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar