Sukses

Bisakah Virus Corona Menular Lewat Sepatu?

Belakangan ramai soal penyebaran virus corona di sepatu. Lalu, benarkah sepatu menjadi salah satu media penularannya juga?

Sepatu bisa dibilang menjadi salah satu benda yang paling kotor. Namanya juga alas kaki, pastinya debu, bakteri, dan kotoran akan menempel di sol atau bagian permukaan sepatu lainnya. 

Lantas, karena merupakan benda yang paling kotor dan sering dipakai di luar rumah, apa benar sepatu dapat membawa serta menularkan virus corona?

1 dari 3 halaman

COVID-19 Dapat Menyebar Lewat Sepatu, Benarkah?

Untuk menjawab kegelisahan ini, penelitian yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat,  melakukan uji pemeriksaan strain COVID-19 pada sepatu tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit daerh Wuhan, Tiongkok. 

Dalam studi tersebut, peneliti mengambil sampel dari sol sepatu nakes yang bertugas di unit perawatan intensif. Hasilnya, ditemukan adanya strain SARS-CoV-2 atau virus corona pada sol sepatu nakes.

Meskipun ditemukan adanya virus, para ahli sepakat sepatu bukanlah benda yang berisiko besar atau paling sering menularkan virus corona ke manusia. Mengapa tidak terlalu berisiko?

Kathleen Jordan, dokter spesialis penyakit menular di Common Spirit Health, AS mengatakan, yang kita lakukan selama ini, seperti meletakkan sepatu di luar rumah atau di tempat khusus, itu sudah termasuk langkah perlindungan dasar. 

Artikel Lainnya: Bisakah Virus Corona Menyebar Melalui Air Banjir?

"Sepatu bukan benda yang sering kita sentuh. Kebiasaan kita dalam merawat sepatu (dengan meletakkan di tempat terpisah) sudah mencerminkan sepatu sebagai benda kotor,” sambung Jordan.

Jadi, menurut dr. Jordan, selama kita tidak membawa masuk ke dalam rumah dan menjaga kebersihan dengan cuci tangan sehabis memegang sepatu, risiko penularan COVID-19 jadi sangat kecil. 

Hal yang sama diungkapkan oleh dr. Devia Irine Putri. Ia menjelaskan peluang untuk terkena virus corona dari sepatu sangat kecil.

“Ya, bisa saja, tapi agak jarang, mungkin droplet-nya jatuh dan menempel di sepatu. Kemudian, sepatunya tidak dicuci atau dibersihkan saat masuk rumah, saat lepas sepatu kita menyentuh dan tidak cuci tangan. Paling mungkin seperti ini, ya, penularannya. Tapi, sampai saat ini belum ada laporan COVID-19 menular dari sepatu,” tegasnya. 

Agar benar-benar terlindung dari paparan virus corona melalui benda, disarankan untuk membersihkan sepatu setelah dipakai di luar rumah. 

Jika memungkinkan, membersihkan sepatunya jangan dilakukan di dalam rumah, ya. Cuci sepatu di luar, seperti di pekarangan atau teras rumah, lalu keringkan secara alami di bawah paparan sinar matahari. 

Artikel Lainnya: Hati-hati, Virus Corona Juga Bisa Menular dari Aktivitas Seksual

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Kebersihan Barang Pribadi Agar Tak Tertular COVID-19

Cara agar terhindar dari paparan virus corona pada dasarnya sangat mudah, Anda hanya perlu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tubuh. 

Apabila berkontak atau bekerja sebagai nakes yang menangani pasien COVID-19, mencuci pakaian dan sepatu secara rutin merupakan pencegahan penting untuk terhindar dari infeksi virus corona. 

Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang terpaksa keluar rumah, misalnya ke pasar swalayan atau tempat ibadah. 

Ketika sampai di rumah, semua pakaian, sepatu, dan aksesori harus segera dilepas serta dicuci bersih menggunakan sabun. 

Tak hanya itu, dr. Jordan menyarankan kita menjaga jarak dengan orang lain supaya droplet atau partikel virus corona tidak menempel di pakaian. 

"Untuk pencegahan ekstra, pastikan Anda menggunakan hand sanitizer serta memerhatikan benda apapun yang berpotensi disentuh atau dipegang orang lain," sambung Jordan.

Artikel Lainnya: Penelitian Baru Sebut Virus Corona Berpotensi Ditularkan Lewat Mata

Nah, saat mencuci pakaian di rumah juga tidak perlu ditambahkan cairan disinfektan. Sebab, kebanyakan detergen atau cairan pencuci pakaian biasa sudah mengandung zat yang mampu untuk membuat virus corona mati. 

“Rajin-rajin dicuci serta dibersihkan sepatu dan pakaiannya setelah digunakan. Kalau tidak sempat, ya, disemprot dengan cairan desinfektan,” saran tambahan dari dr. Devia. 

Jangan khawatir, risiko penularan virus corona lewat sepatu tidak terlalu besar. Asalkan, Anda menjaga kebersihan seperti yang telah disarankan di atas. 

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan seputar virus corona, jangan ragu ajukan pertanyaan ke dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar