Pencernaan

7 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung Saat Hamil yang Bisa Mama Lakukan

dr. Devia Irine Putri, 29 Sep 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat hamil, terkadang keluhan asam lambung bisa terjadi dalam berbagai kondisi. Mari ketahui cara mengatasi asam lambung saat hamil di sini.

7 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung Saat Hamil yang Bisa Mama Lakukan

Asam lambung yang terjadi saat hamil memang menyebalkan. Tak sedikit wanita yang mungkin bingung mengenai cara mengatasi asam lambung naik saat hamil. Ini karena ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarangan. 

Umumnya, kenaikan asam lambung saat hamil dikarenakan oleh perubahan hormon. Saat hamil, terjadi peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan makanan sulit dicerna sehingga menaikkan risiko asam lambung.

Selain itu, semakin bertambahnya usia kehamilan, risiko asam lambung naik juga semakin meningkat. Pasalnya, terdapat tekanan pada saluran pencernaan akibat rahim yang makin membesar. Karena itu, kondisi ini sering terjadi pada usia kehamilan trimester ketiga.

Bila tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa membuat ibu hamil kesulitan untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Tentunya ini akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Untuk membantu meringankan dan mencegah kambuhnya asam lambung saat hamil, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan, seperti:

1. Makan dengan Porsi Sedikit Namun Lebih Sering

Ibu hamil perlu menghindari makan dalam porsi banyak sekaligus bila tidak ingin mengalami kenaikan asam lambung. Akan lebih baik jika ibu hamil makan dalam porsi sedikit-sedikit, namun lebih sering.

Cara ini akan membantu kondisi perut Mama jadi tidak kosong dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan camilan yang sehat sebagai selingan agar asam lambung Mama tidak naik saat hamil.

2. Makanlah dengan Perlahan

Saat Mama sedang makan, hindari makan dengan cepat. Cobalah untuk menikmati makanan secara perlahan.

Cara ini bisa mencegah asam lambung naik saat hamil, sekaligus menghindari makan berlebihan. 

3. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil, caranya bisa dengan menghindari pemicunya. Singkirkan makanan asam dan pedas, minuman bersoda, ataupun kafein. 

Perhatikan juga buah-buahan yang dikonsumsi, seperti jeruk. Meski rasanya segar, rasa asam pada jeruk bisa memicu asam lambung.

4. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Setelah makan, hindari untuk langsung berbaring. Cara ini berguna untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Dengan begitu, asam lambung naik selama kehamilan tidak akan terjadi.

Usahakan untuk melakukan aktivitas ringan, misalnya berjalan santai atau hanya sekadar duduk.

Artikel Lainnya: Catat, 14 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

5. Berikan Jeda Waktu Makan dengan Waktu Tidur

Ketika hamil besar, bukan tidak mungkin asam lambung naik saat Mama tidur. Untuk mencegah terjadinya hal itu, sebaiknya berikan jeda antara makan malam dan waktu tidur.

Agar asam lambung tidak naik saat hamil, Mama dianjurkan makan malam setidaknya 3-4 jam sebelum jam tidur malam. 

6. Kenakan Pakaian yang Longgar agar Tidak Menekan Perut

Untuk menghindari asam lambung naik, ibu hamil perlu memperhatikan pakaian yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang longgar, apalagi kalau sudah hamil besar.

Menggunakan pakaian yang ketat bisa memperberat keluhan asam lambung, seperti makin begah dan sesak

7. Konsumsi Minuman yang Hangat

Untuk meredakan asam lambung saat hamil, cara lainnya bisa dengan konsumsi minuman hangat, misalnya air jahe hangat. 

Jahe termasuk bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti mual dan begah. 

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

Ada berbagai cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi asam lambung naik saat hamil. Jika keluhan tidak kunjung membaik dan disertai dengan tanda bahaya, seperti kesulitan untuk makan, penurunan berat badan, muntah darah, atau BAB berwarna hitam, Mama wajib berkonsultasi dengan dokter.

Punya pertanyaan seputar masalah kehamilan atau keluhan asam lambung? Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi dengan dokter lebih cepat. Mama juga bisa mengecek usia kandungan dan perkiraan hari lahir dengan menggunakan kalkulator kehamilan.

[WA]

KehamilanAsam Lambung

Konsultasi Dokter Terkait