Sukses

Ini Cara Ampuh Atasi Asam Lambung Saat Hamil

Saat hamil, terkadang keluhan asam lambung bisa terjadi dalam berbagai kondisi. Mari ketahui cara mengatasi asam lambung saat hamil di sini.

Asam lambung saat hamil memang kondisi yang menyebalkan. Mungkin ibu hamil bingung cara mengatasinya karena biasanya saat sedang hamil tidak boleh mengonsumsi obat sembarangan.

Hal ini dialami Livi (bukan nama sebenarnya). Ia yang sedang hamil tiga bulan mengaku asam lambung adalah musuh utamanya sejak masih remaja dan ia pun takut untuk minum obat.

"Asam lambung memang sudah jadi langganan buat aku. Sekarang bingung, mau minum obat takut kenapa-kenapa kandungannya. Tapi, suka tidak tahan kalau kena asam lambung," ujarnya.

Wajar Livi bingung ketika mengalami asam lambung. Belum lagi kondisi saat ia tidak bisa menerima makanan secara baik.

Apa yang dialami wanita 28 tahun itu mungkin dialami wanita hamil lainnya. Nah, cari tahu di bawah ini bagaimana cara mengatasi asam lambung pada ibu hamil yang aman!

Artikel Lainnya: Kenali Gejala GERD pada Ibu Hamil

1 dari 3 halaman

Tips Atasi Asam Lambung pada Ibu Hamil

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan bila asam lambung menyerang:

  1. Makan porsi sedikit-sedikit tapi sering. Jadi, perut tidak kosong dalam jangka waktu yang lama. Pastikan camilan juga disiapkan yang sehat.
  2. Hindari makanan pemicu asam lambung, misalnya makanan asam dan pedas, serta minuman bersoda dan kafein.
  3. Jangan langsung berbaring setelah makan. Kalau makan malam hari, usahakan setidaknya makan 3-4 jam sebelum tidur.
  4. Pakai pakaian yang longgar agar tidak menekan perut. Apalagi kalau sudah hamil besar, biasanya mudah sesak.
  5. Minum yang hangat, misalnya teh atau air jahe hangat untuk mengurangi mualnya. Obat antasida bisa dikonsumsi kalau memang sangat mual atau terasa tidak nyaman sekali.

Dokter Devia Irine menjelaskan, obat boleh dikonsumsi kalau sudah dalam keadaan yang membuat Anda benar-benar tidak nyaman. Akan tetapi, sebaiknya tetap konsultasi dulu dengan dokter.

Hal ini dilakukan agar dokter bisa memantau kondisi Anda. Bisa juga nanti diberikan obat yang memang direkomendasikan supaya lebih aman dibanding obat-obatan tertentu.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Mag Saat Hamil

2 dari 3 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Kabar buruknya, asam lambung adalah gejala yang mungkin Anda alami selama kehamilan bila memang sudah sering mengalaminya.

Bahkan, bila Anda lolos dari gangguan pencernaan di awal kehamilan, tetap ada kemungkinan besar akan mengalami lonjakan sekitar trimester kedua atau ketiga. Tertutama saat rahim mengambil alih rongga perut dan memaksa perut Anda naik.

Untungnya, rasa sensasi terbakar karena asam lambung akan hilang segera setelah melahirkan.

Jika Anda menderita asam lambung sebelum hamil, maka hal ini umum dialami. Akan tetapi, mengobatinya selama kehamilan adalah hal yang perlu dilakukan.

Bagi Anda yang sedang hamil dan memiliki keluhan asam lambung, bicarakan dengan dokter tentang apakah resep obat yang diminum masih baik-baik saja sekarang ketika hamil.

Sementara, jika asam lambung baru terjadi sejak Anda hamil dan muncul lebih dari dua kali seminggu, maka harus segera menemui dokter.

Anda juga harus tetap periksa ke dokter bila belum menemukan kelegaan setelah mengonsumsi obat selama lebih dari dua minggu. Sebab, mungkin Anda menderita GERD yang memerlukan perubahan gaya hidup dan pengobatan khusus.

Jika rasa asam lambung tidak beres juga dengan perubahan gaya hidup, maka dokter akan menyarankan obat tertentu yang aman selama kehamilan.

Jangan biarkan asam lambung mengganggu masa kehamilan Anda. Segera atasi dengan tips di atas dan periksa ke dokter bila tak kunjung membaik. Pakai fitur LiveChat dari Klikdokter untuk konsultasi dengan dokter lebih cepat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar