Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Masker Yoghurt untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Manfaat Masker Yoghurt untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Rambut Anda rontok, berketombe, dan kusam? Sebelum pakai perawatan rambut mahal, coba pakai masker yoghurt. Konon, ada manfaat yoghurt untuk rambut!

Yoghurt adalah produk susu fermentasi, yang dibuat dengan menambahkan bakteri hidup ke dalamnya. Lintas generasi telah memanfaatkannya sebagai bagian dari camilan, minuman pendukung kesehatan, bahkan makanan penutup.

Tak heran memang, kandungan probiotiknya yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan Anda. Namun, faktanya, manfaat yoghurt untuk rambut dan kulit kepala juga tak kalah baik. Salah satunya saat diaplikasikan sebagai masker.

Apa saja kandungan yoghurt yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut Anda? Yuk, simak di sini.

1 dari 3 halaman

Kandungan Yoghurt yang Baik untuk Rambut

Sebagai produk hasil fermentasi, yoghurt memiliki sejumlah kandungan nutrisi. Antara lain kalori, air, protein, karbohidrat, gula, dan lemak.

Lebih dari itu, minuman dengan rasa asam ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, yakni vitamin B12, kalsium, fosfor, riboflavin.

Nah, di antara sederet gizi tersebut, ada beberapa yang diketahui baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, yaitu:

  • Protein

Yoghurt adalah sumber protein. Secangkir (245 gram) yogurt tanpa rasa mengandung sekitar 8,5 gram protein.

Protein dalam yoghurt dapat berupa whey atau casein, tergantung kelarutannya dalam air. Protein susu yang larut dalam air disebut protein whey, sedangkan protein susu yang tidak larut disebut kasein.

Dengan mengonsumsi yoghurt yang kaya protein, Anda turut membantu kesuburan rambut.

Pasalnya, struktur rambut Anda terbuat dari protein yang mengeras yang disebut keratin. Ketika cadangan protein Anda rendah, pembentukan rambut baru akan melambat.

  • Asam Amino

Protein casein dan whey di dalam yoghurt juga kaya akan asam amino esensial, yang mudah dicerna.

Nah, L-Methionine, satu dari empat asam amino, dapat menguatkan rambut dengan memberikan sulfur dalam jumlah cukup ke sel-sel rambut. Senyawa ini juga diperlukan untuk pembentukan jaringan ikat yang sehat.

Artikel Lainnya: Yoghurt Aneka Rasa, Amankah untuk Kesehatan?

  • Vitamin B12

Yoghurt juga mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang cukup. Vitamin ini ternyata membantu Anda terhindar dari rambut rontok.

Bersama B6 dan folat, vitamin B12 membantu membuat sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh, termasuk ke kulit kepala dan folikel rambut.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin B, sel-selnya bisa “kelaparan”, yang membuat rambut Anda lebih mudah rontok, memperlambat pertumbuhan, dan kerusakan. Selain yoghurt, B12 juga bisa ditemukan pada ikan, telur, dan susu.

  • Kalsium

Karena berasal dari susu, yoghurt juga merupakan sumber kalsium yang kaya. Nah, sebagian kecil dari kalsium tubuh diketahui merangsang perantara sel yang bekerja pada fosfolipid membran sel di dalam sel folikel rambut.

Artikel Lainnya: Ini Dia Manfaat Ajaib Yoghurt untuk Kecantikan

2 dari 3 halaman

Khasiat Masker Yoghurt untuk Rambut dan Kulit Kepala

Yoghurt memang punya banyak kandungan untuk mendukung kesehatan rambut. Akan tetapi, apakah masker yoghurt yang diaplikasikan langsung di kulit kepala benar bermanfaat?

Menurut penuturan dr. Nabila Viera Yovita, yoghurt sudah lama dipakai untuk perawatan rambut. Terlebih lagi, sudah ada penelitian yang membuktikan manfaatnya untuk rambut.

“Dalam suatu penelitian, ditemukan masker yoghurt cukup membantu dalam memberi nutrisi pada ujung rambut, membantu kerusakan rambut, membersihkan kulit kepala sehingga kulit mati dapat dibersihkan lebih baik, membantu pertumbuhan folikel rambut baru,” kata dia.

Agar lebih jelas,berikut beberapa manfaat masker yoghurt untuk rambut dan kulit kepala:

1. Atasi Rambut Rontok

Karena kandungan protein, asam amino, dan vitamin B12 seperti yang diulas di atas, masker yoghurt dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok Anda.

Caranya, campurkan yoghurt dan santan dalam jumlah yang sama. Oleskan pada rambut dan biarkan beberapa saat. Bilas dengan sampo ringan.

2. Mengontrol Minyak

Tak hanya di wajah, minyak dan jerawat juga dapat muncul di kulit kepala. Nah, yoghurt bisa jadi solusi dalam masalah ini.

Yogurt bersifat asam sehingga dapat membantu menghancurkan bakteri dan kuman penyebab jerawat. Anda bisa mengambil sejumput yoghurt lalu oleskan di kepala. Biarkan mengering, dan cuci setelah 10-15 menit.

3. Obat Ketombe

Ketombe dapat terjadi akibat kurangnya kebersihan kulit kepala dan rambut sehingga memicu tumbuhnya jamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat masker yoghurt yang dicampur perasan lemon.

Oleskan ke kulit kepala, lalu diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, cuci hingga bersih.

4. Rambut Lebih Berkilau

Tentu Anda ingin memiliki rambut halus dan berkilau. Anda bisa mengoleskan krim yogurt hingga merata di rambut.

Bungkus kepala Anda dengan handuk hangat, lalu biarkan selama 20 menit. Cuci sampai bersih dengan sampo.

Sejauh ini, menurut dr. Devia Irine Putri, belum ada laporan efek samping yang timbul dari pemakaian masker yoghurt di kepala.

“Selama kepala Anda tidak ada infeksi, tidak ada luka, masker untuk kepala dan rambut seperti masker yoghurt bisa digunakan,” kata dia.

Soal rekomendasi jenis yoghurt, dr. Devia mengatakan tidak ada aturannya. Menurutnya, Anda bisa menggunakan greek yogurt atau plain yogurt.

Itulah beberapa manfaat yoghurt untuk rambut. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya soal kesehatan kulit dan kecantikan hanya di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar