Sukses

Cara Menyamarkan Bau Pepaya Agar Anak Mau Memakannya

Beberapa anak tidak mau makan pepaya karena baunya tidak enak dan bikin mual. Lantas, bagaimana cara agar anak mau mengonsumsinya

Pepaya merupakan buah yang kaya serat dan bagus untuk mencegah sembelit pada anak. Meski buah lain juga mengandung serat, khasiat pepaya untuk mengatasi susah buang air besar jauh lebih populer!

Sayangnya, beberapa anak tak mau menyantap buah tersebut karena aromanya tidak enak. Lantas, adakah cara agar anak mau makan pepaya dan tak terlalu terganggu dengan baunya?

Untung saja, dr. Devia Irine Putri mengatakan, ada tips dan cara untuk menghilangkan bau pepaya sehingga segala kebaikan dari buahnya bisa dirasakan oleh buah hati Anda!

Kenapa Buah Pepaya Bau?

Hampir setiap buah memiliki aroma yang mencolok dan khas. Bahkan, buah-buahan seperti jeruk, apel, stroberi, kelapa, dan melon saja sampai dijadikan sebagai aroma pewangi ruangan dan parfum!

Kendati demikian, buah durian dan pepaya memiliki aroma yang terlalu tajam dan tidak enak bagi sebagian orang, khususnya anak-anak.

Bahkan, ada juga yang menganggap aroma pepaya seperti aroma muntahan. Makin matang si buah pepaya, makin menyengatlah baunya. Kenapa bisa begitu, ya?

Tentu saja ada alasan ilmiah mengapa pepaya mengeluarkan aroma seperti itu. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Enzim inilah yang ternyata mengeluarkan aroma menyengat dan bagi sebagian orang baunya tak sedap.

Di balik aromanya itu, enzim papain ternyata mampu membuat pencernaan kita memecah protein yang sulit dicerna, lho, khususnya telur dan daging.

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Konsumsi Daun Pepaya bagi Kesehatan Anda

1 dari 3 halaman

Mau Berikan Pepaya untuk Anak, Ini Cara Menghilangkan Baunya

Ada lima cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menyamarkan bau pepaya agar anak mau memakannya. Dengan cara ini, anak bisa mendapatkan manfaat pepaya yang diinginkan:

1. Berikan Perasan Air Jeruk Nipis

Cara agar anak mau makan pepaya yang paling direkomendasikan adalah memberi perasan air jeruk nipis pada buah yang sudah dilumatkan atau dipotong-potong.

Jeruk nipis rupanya bisa menetralkan aroma dari enzim papain. Jika rasanya jadi agak asam, tambahkan sedikit gula pasir. Hasilnya, aroma dan rasa pepaya jadi lebih bersahabat untuk anak.

2. Dibuat Jadi Puding Buah

“Solusi lain yang bisa jadi cara agar anak mau makan pepaya adalah dengan mengolahnya menjadi puding buah. Selain bentuknya lebih menarik buat anak, rasanya juga pasti jadi lebih enak dan baunya hilang,” kata dr. Devia. Anda tinggal mengeruk buah pepaya dengan sendok keruk bulat, lalu masukkan ke larutan agar-agar yang sudah dicampurkan gula dan susu. Masak hingga mendidih lalu dinginkan di kulkas.

Untuk membuat vla puding, tinggal mengentalkan susu putih dan berikan sedikit campuran gula dengan tepung maizena.

Artikel Lainnya: Dikenal Pahit, Bunga Pepaya Punya Manfaat Manis untuk Kesehatan

3. Dibuat Jadi Mocktail yang Disukai Anak

Cara agar anak mau makan pepaya dan baunya pun jadi tak terlalu tajam adalah dengan membuatnya menjadi campuran mocktail.

Ganti air soda dengan air kelapa. Berikan gula dan tambahkan perasan air jeruk nipis. Lalu, masukkan pepaya yang sudah dikeruk dengan sendok keruk bulat.

4. Dimakan dengan Sambal Rujak yang Tidak Pedas

Cara makan pepaya ini bisa dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak. Anda tinggal membuat sambal rujak dari gula merah, kacang tanah, asam Jawa, garam, dan sedikit air.

Beberapa anak tidak suka dengan rasa terasi dan rasa pedas dari cabai, jadi bahan tersebut tidak perlu ditambahkan ke dalam sambal rujak.

5. Dimasukkan ke Dalam Kulkas

Menyimpan buah pepaya di dalam kulkas mencegahnya untuk cepat matang, lembek dan membusuk. Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, pepaya yang terlalu matang akan mengeluarkan aroma yang lebih menyengat.

Cara-cara di atas terbukti ampuh untuk menghilangkan aroma pepaya. Ketika anak sudah mulai menyukainya, barulah Anda menjelaskan manfaatnya, ini berlaku ketika anak Anda sudah TK atau SD, ya.

Alhasil, pelan-pelan anak mau makan pepaya tanpa harus diberikan jeruk nipis dan gula pasir dulu dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Pepaya yang Telah Teruji bagi Kesehatan

2 dari 3 halaman

Saat Anak Mau Makan Pepaya, Ini Manfaatnya selain Pencernaan Lancar!

Usaha yang dilakukan Anda tentu akan membuah hasil yang baik bagi kesehatan anak. Selain bisa mencegah susah buang air besar, manfaat lainnya dari mengonsumsi pepaya adalah:

  • Memelihara Kesehatan Rambut dan Kulit

Pepaya mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh kulit serta rambut.

Vitamin A pada buah pepaya bisa menjaga kelembapan kulit dan rambut, serta diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh. Sedangkan vitamin C, dibutuhkan tubuh untuk memproduksi dan memelihara kolagen.

Ketika kulitnya terluka, enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya juga bisa mempercepat penyembuhannya.

  • Mencegah Peradangan

Kolin merupakan nutrisi penting dalam pepaya yang membantu penyerapan lemak dan mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. Zat kolin juga bisa memelihara pergerakan otot serta fungsi memori pada anak.

Sekarang Anda sudah tahu, kan, bagaimana cara agar anak mau makan pepaya? Lakukan saja cara menghilangkan bau pepaya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Apabila masih punya pertanyaan seputar manfaat pepaya untuk anak, langsung konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar