HomeGaya hidupSeksWanita Orgasme Berkali-kali, Apakah Normal?
Seks

Wanita Orgasme Berkali-kali, Apakah Normal?

Tamara Anastasia, 30 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Orgasme merupakan tanda Anda mengalami kepuasan seks saat berhubungan intim dengan pasangan. Normalkah jika wanita orgasme berkali-kali?

Wanita Orgasme Berkali-kali, Apakah Normal?

Orgasme wanita dinilai lebih lama dan sulit diraih ketimbang laki-laki. Akan tetapi, ada juga wanita yang berhasil mencapai orgasme beberapa kali dalam satu sesi berhubungan seks.

Anda salah satu yang pernah mengalaminya? Lantas, apakah wanita klimaks berkali-kali tergolong normal? 

Mengapa Wanita Orgasme Lebih dari Satu Kali Saat Berhubungan Intim?

Selain memberikan efek puas, orgasme juga memiliki berbagai macam kesehatan untuk tubuh, termasuk pada wanita. Misalnya saja, orgasme bisa buat tidur jadi lebih nyaman karena ada hormon bahagia yang dilepaskan ke otak ketika orgasme.

Secara alami, hormon ini menimbulkan perasaan lebih senang, tenang, dan rileks. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika orgasme wanita terjadi lebih dari sekali saat berhubungan intim? 

Menjawab hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan bahwa orgasme lebih dari satu kali saat berhubungan intim merupakan hal yang sangat normal dan umum terjadi. 

“Masih wajar bila seorang wanita bisa orgasme 1-5 kali saat berhubungan seks,” ujar dr. Devia saat dikonfirmasi.

Hal yang sama juga pernah dikonfirmasi sebuah studi kecil. Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa hampir sepertiga dari banyak pasangan yang diteliti melaporkan bahwa pasangan wanitanya cenderung orgasme lebih dari satu kali saat berhubungan seks. 

Orgasme pada wanita ini dapat dicapai melalui berbagai macam sentuhan di area seksualnya yang sensitif. Misalnya, stimulasi area klitoris dan penetrasi vagina atau anal.

Artikel Lainnya: Manfaat Orgasme untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Dengan posisi dan cara seks yang benar, wanita akan bisa orgasme dengan mudah. Jadi, tidak ada yang salah jika Anda orgasme lebih dari satu kali atau lebih dari lima kali saat berhubungan seks. 

Orgasme Lebih Dari Satu Kali, Adakah Risikonya?

Hingga saat ini belum ada penelitian pasti yang mengatakan risiko berbahaya dari orgasme wanita lebih dari satu kali. Hal itu pun diperkuat oleh dr. Devia.

“Sejauh ini, belum ada ditemukan gangguan kesehatan yang terjadi jika wanita orgasme berkali-kali saat berhubungan seks,” tutur dia. 

Hanya saja, Anda mungkin lebih terasa lelah, lemas, dan mengantuk setelah orgasme berkali-kali saat berhubungan seks. Tapi tenang saja, dengan istirahat dan minum air putih yang cukup, energi Anda akan kembali pulih.

Artikel Lainnya: Ingin Buang Air Kecil Saat Berhubungan Seks, Kebelet atau Tanda Orgasme?

Ingin Orgasme Lebih Sering saat Seks? Lakukan Ini!

Lantas, bagaimana cara seorang wanita bisa orgasme berkali-kali saat berhubungan seks? Mengutip Healthline, berikut cara-caranya:

  • Latihan Kegel

Ketahui kalau senam kegel dapat meningkatkan frekuensi Anda untuk orgasme. Hal ini karena latihan tersebut membuat otot dasar panggul makin kuat.

Dampaknya, Anda dapat mengatur keinginan kencing dan juga membantu memberikan sensas dalam berhubungan seksual. Bila Anda ingin merasakan efek tersebut, lakukan senam kegel di rumah secara rutin.

  • Coba Posisi Seks Baru 

Coba eksplorasi posisi seks baru bersama pasangan. Anda bisa menggunakan sex toys atau bermain peran jika kedua belah pihak sama-sama setuju.

Biasanya, dengan menemukan posisi seks baru, gairah akan naik dan meningkatkan kemungkinan Anda orgasme berkali-kali.

  • Hindari Masturbasi 

Siapa bilang wanita tidak bisa masturbasi? Baik laki-laki maupun perempuan, keduanya sama-sama bisa melakukan masturbasi.

Namun, untuk peluang orgasme lebih banyak, coba hindari masturbasi terlebih dahulu, agar kepuasaan seks saat bercinta bisa lebih maksimal. 

Itulah beberapa cara agar peluang orgasme wanita lebih sering ketimbang biasanya. Selain hal-hal di atas, tingkatkan juga stamina Anda dengan konsumsi makanan sehat serta cukup istirahat. 

Untuk informasi seputar kesehatan organ intim atau kehidupan seks yang sehat lainnya, baca artikel di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

Seks

Konsultasi Dokter Terkait