Sukses

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kesehatan Tubuh

Siapa sangka biji anggur dapat diekstrak menjadi minyak? Ya, minyak biji anggur ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Beberapa orang kadang makan anggur dengan membuang bijinya terlebih dahulu. Padahal, biji anggur ini punya manfaat kesehatan luar biasa, lho, ketika sudah diolah menjadi minyak. 

Apa saja manfaat minyak biji anggur? Mari simak cara membuat, kandungan, manfaat serta, serta penggunaan minyak biji anggur lewat pembahasan berikut ini. 

1 dari 4 halaman

Pembuatan Minyak Biji Anggur

Minyak ini diolah dari biji anggur sisa pembuatan wine. Awalnya, para produsen wine bingung, karena banyak biji anggur terbuang dan tidak tahu mau dibuat apa setelah dagingnya diolah menjadi minuman mahal. 

Akhirnya, mereka mencoba mengekstrak minyak dari biji anggur dengan cara dihancurkan menggunakan pelarut. 

Sayangnya, banyak orang khawatir dengan minyak biji anggur yang dihancurkan menggunakan pelarut seperti zat heksana. Sebab, pelarut heksana berbahaya bagi kesehatan tubuh.  

Antara lain dapat menyebabkan pusing, mual, dan sakit kepala bagi yang terpapar zat kimia tersebut. Belum lagi, sisa residu dari pelarut heksana diketahui dapat merusak lingkungan. 

Kini minyak biji anggur yang lebih sehat diolah menggunakan metode expeller-pressing. Dengan metode ini, kualitas minyak biji anggur yang dihasilkan jauh lebih baik karena minim atau bahkan tidak ada kandungan pelarut berbahaya di dalamnya. 

Artikel Lainnya: Sering Dilepeh, Ternyata Biji Anggur Ada Manfaatnya!

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa kandungan grape seed oil atau minyak biji anggur yang berkhasiat jika dikonsumsi secara rutin dalam jumlah cukup:

1. Sumber Vitamin E

Di dalam minyak biji anggur mengandung nutrisi vitamin E yang melimpah. Satu sendok makan minyak biji anggur mengandung 9 mg Vitamin E yang setara dengan 19 persen kebutuhan gizi harian. Kandungan vitamin E dalam minyak biji anggur ini dua kali lipat lebih banyak daripada kandungan di dalam minyak zaitun. 

Vitamin E pada grape seed oil juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh dan memperkuat sistem imun Anda.

2. Mengandung Asam Lemak Omega-6

Minyak biji anggur mengandung asam lemak omega-6 yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. 

Asam lemak omega-6 dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Dalam satu sendok makan minyak biji anggur mengandung 14 gram lemak. Di mana sekitar 10 persen di antaranya adalah lemak jenuh, 16 persennya lemak tak jenuh tunggal, dan 70 persen sisanya lemak tak jenuh ganda. Cukup sehat untuk dikonsumsi beberapa kali dalam seminggu. 

Artikel Lainnya: Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

3. Baik untuk Penderita Kolesterol

Manfaat minyak biji anggur yang kaya akan lemak tak jenuh ganda ini baik dikonsumsi oleh orang dengan kondisi kolesterol tinggi. 

Dilansir Harvard Health Publishing, asam lemak omega-6 dari minyak nabati seperti minyak biji anggur bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL sebagai pelindung pembuluh darah.

4. Baik untuk Kulit

Menurut dr. Devia Irine Putri, minyak biji anggur punya manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit. 

“Minyak ini sering dijadikan salah satu bahan utama produk-produk kecantikan. Soalnya, kandungan vitamin E, antioksidan, dan rantai lemak omeganya itu bermanfaat untuk kulit. Seperti melembapkan kulit, menangkal radikal bebas misalnya sinar UV, dan menenangkan kulit sunburn,” jelasnya. 

Sebanyak 73 persen kandungan asam linoleat dalam manfaat minyak biji anggur juga dapat mengatasi jerawat, reaksi alergi, dan kulit kering.

5. Mencegah Penggumpalan Darah

Sebuah penelitian tahun 2016 mengatakan, minyak biji anggur punya khasiat sebagai anti-platelet yang dapat mengurangi penggumpalan pada darah. 

Ketika dibandingkan dengan minyak kacang tanah, minyak biji anggur terbukti lebih dapat menurunkan kondisi penggumpalan trombosit. 

Dalam minyak anggur, kandungan asam linoleat di dalamnya berperan mencegah agregasi kepingan sel darah di dalam tubuh. 

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan manfaat jelas minyak biji anggur untuk darah. 

Artikel Lainnya: Bisa Dicoba, Ternyata Anggur Merah Bisa Kurangi Sakit Punggung

3 dari 4 halaman

Minyak Biji Anggur Tidak Bisa Digunakan untuk Memasak

Dokter Devia menjelaskan, minyak biji anggur merupakan minyak yang sehat namun tidak dapat dipanaskan.

“Minyak ini memang sehat, tapi kelemahannya tidak bisa dibuat untuk menggoreng. Sebab, minyak biji anggur sensitif terhadap suhu tinggi, jadi malah mengubah kandungan lemak yang di dalamnya menjadi zat yang tidak berguna bagi tubuh,” jelasnya. 

Dilansir dari Healthline, kandungan asam lemak tak jenuh ganda pada minyak biji anggur cenderung bereaksi dengan oksigen dan suhu panas yang tinggi.

Ketika dipanaskan untuk menggoreng, di dalam minyak biji anggur akan terbentuk senyawa berbahaya dan radikal bebas. 

Maka itu, dr. Devia tidak menyarankan Anda untuk memasak atau menggoreng makanan menggunakan minyak ini. 

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan minyak biji anggur sebagai saus salad atau campuran bahan untuk membuat mayones. 

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut mengenai manfaat minyak biji anggur, segera konsultasikan ke dokter. Agar lebih praktis, konsultasi online menggunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar