Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit Lembut dan Bebas Jerawat

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit Lembut dan Bebas Jerawat

Para skincare enthusiast, sudah tahu manfaat minyak biji anggur untuk kulit? Ternyata pemakaian rutin bisa bantu mengatasi jerawat dan menjaga kulit tetap elastis.

Dalam rutinitas perawatan wajah, face oil sudah cukup populer. Ada beberapa jenis produk untuk wajah yang mengandung minyak alami. Misalnya, marula, rosehip, zaitun, almond, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang tak kalah berkhasiat untuk kulit wajah ialah minyak biji anggur (grapeseed oil). Tak heran bila kandungan ini tengah populer dalam beragam produk kecantikan. Apa saja manfaat minyak biji anggur untuk kulit?

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kecantikan Kulit

Minyak biji anggur terkenal akan kandungan alaminya yang bersifat antiinflamasi, antimicrobial, dan antioksidan. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk perawatan kulit.

Bila Anda rutin mengoleskan minyak biji anggur, berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan:

1. Merawat Kulit Berjerawat

Karena kandungan antimicrobial di dalamnya, minyak biji anggur dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

Penelitian tentang grapeseed oil untuk jerawat memang masih berlanjut. Namun, pada dasarnya minyak ini dapat membantu kulit agar lebih bersih dengan membasmi bakteri yang menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

2. Kulit Lebih Lembut dan Kenyal

Elastisitas dan kelembapan kulit merupakan kunci penting dalam memiliki wajah yang awet muda. Nah, minyak biji anggur merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu mewujudkan hal tersebut.

Minyak grapeseed dapat membantu vitamin E dan C di dalam kulit untuk bekerja lebih efektif dalam mempertahankan kelembapan kulit. Lalu, minyak ini juga bisa mendorong perbaikan kolagen.

Artikel Lainnya: Sering Dilepeh, Ternyata Biji Anggur Ada Manfaatnya!

3. Meratakan Warna Kulit

Minyak biji anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut proanthocyanidin. Jenis antioksidan ini dapat meratakan warna kulit bila diaplikasikan secara rutin.

Menurut studi Oral Intake of Proanthocyanidin-rich Extract from Grape Seeds Improves Chloasma, minyak biji anggur telah diteliti dapat meringankan keluhan melasma (hiperpigmentasi pada kulit).

4. Melindungi dari Kerusakan akibat Sinar UV

Selain dapat meratakan warna kulit, antioksidan dari minyak biji anggur juga mampu membantu melindungi dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan berbagai dampak buruk pada kulit.

5. Mengatasi Flek Hitam

Menghilangkan flek hitam cenderung membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk itu, perlu treatment rutin yang konsisten. Minyak biji anggur bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa diandalkan.

Kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam minyak grapeseed dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah.

Meski minyak biji anggur tergolong aman untuk kulit, Anda tetap harus menyesuaikan kondisi kulit sebelum memakainya.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, tidak ada satu jenis skin care yang one for all alias untuk segala masalah kulit.

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, jadi efektivitas produk tetap bergantung pada kecocokan masing-masing. Jangan sampai Anda mudah terjebak dengan iming-iming atau opini orang lain, ya.

Artikel Lainnya: Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

1 dari 3 halaman

Cara Memakai Minyak Biji Anggur di Kulit

Cara menggunakannya mudah saja, kok. Setelah mencuci wajah, Anda bisa langsung mengoleskannya sebagai serum di malam hari. Teteskan minyak biji anggur ke telapak tangan, gosok perlahan, lalu tekan atau tepuk perlahan ke wajah.

Namun, penggunaan tersebut tetap harus disesuaikan dengan kondisi kulit. “Penggunaan minyak untuk skincare memang agak tricky. Ada jenis oil yang dry oil dan yang benar-benar berminyak. Kalau pakai oil di wajah, disarankan tipis-tipis dan harus dibersihkan dengan benar setelahnya,” ujar dr. Astrid.

“Kalau bersisa, berisiko clogged pores dan malah jadi jerawat. Untuk pemakaian awal, bisa dicoba beberapa hari sekali dulu, jangan langsung tiap hari agar terlihat bila ada reaksi di wajah. Jadi, semuanya bertahap.”

Selain itu, bisa juga mencampur beberapa tetes minyak biji anggur dengan pelembap untuk memaksimalkan produk dalam mempertahankan kelembapan kulit.

Menurut dr. Astrid, cara ini bisa jadi pilihan supaya pemakaian minyak biji anggur tidak terlalu tebal di wajah. Namun, pastikan dulu pelembapnya yang sudah biasa dipakai, bukan pelembap yang baru dicoba juga.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, pilihlah produk minyak biji anggur murni dari merek terpercaya. Anda juga bisa menggunakan produk skincare mengandung minyak biji anggur yang dijual di pasaran.

Artikel Lainnya: Jangan Dihindari, Konsumsi Buah Anggur saat Hamil Menyehatkan, Lho!

2 dari 3 halaman

Adakah Efek Samping dari Minyak Biji Anggur?

Memakai minyak biji anggur untuk kulit tergolong minim risiko. Namun, tak ada salahnya bila Anda melakukan patch test di kulit terlebih dahulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau lainnya.

“Paling gampang kalau mau tes skin care sendiri di rumah, pakai dulu semingguan di area leher. Kalau tidak ada reaksi, biasanya aman. Kalau kulit memerah, gatal, atau lainnya, mungkin tidak cocok,” jelas dr. Astrid.

Minyak biji anggur bisa jadi rekomendasi untuk masuk dalam rutinitas skin care Anda. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dermatologis bila memiliki kondisi kulit tertentu. Jadi, pemakaian minyak biji anggur bisa lebih efektif sesuai kebutuhan kulit.

Pakai fitur Chat Premium untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit di aplikasi Klikdokter.

[AYU/ARM]

0 Komentar

Belum ada komentar