Sukses

Alasan Lagu Sedih Cocok Didengarkan saat Patah Hati

Kenapa banyak orang mendengarkan lagu sedih saat patah hati? Berikut alasan dari psikolog yang dapat Anda ketahui!

Patah hati bukan hal mudah yang bisa dilewati banyak orang. Berbagai cara dilakukan agar rasa sesak di dada bisa menghilang perlahan. Salah satu cara yang umum dilakukan adalah mendengarkan lagu sedih satu album. 

Tak jarang, saat sedang galau, semua lirik lagu sedih yang didengar rasanya seperti ditulis khusus untuk kisah cinta Anda. Musik dan alunan lagunya pun bagai dibuat untuk menggambarkan hati Anda yang sedang mendung. 

Lalu, kenapa, ya, banyak orang cenderung mendengarkan lagu sedih saat patah hati? Bukannya mendengarkan lagu galau malah menambah derai air mata saat putus cinta?

1 dari 4 halaman

Alasan Cenderung Mendengarkan Lagu Sedih Saat Patah Hati

Menurut Ikhsan Bella Persada M.Psi., Psikolog orang mendengarkan lagu melankolis karena butuh sarana untuk mengekspresikan emosi sedih yang dirasakannya.

Pasalnya, saat sedang patah hati, beberapa orang cenderung memendam rasa sedih atau tidak tahu bagaimana cara mengekspresikannya. Nah, dengan mendengarkan musik atau lagu sedih, hal ini bisa menjangkau emosi yang sedang seseorang rasakan. 

Dilansir Psychology Today, menahan rasa sedih itu sifatnya tidak sehat dan dapat memperburuk emosi negatif yang kita punya. 

Menyangkal atau menekan rasa sedih pun demikian, ini dapat memperpanjang penderitaan yang sedang kita alami. 

Dengan begitu, artinya kita menolak untuk menghadapi dan mengeluarkan emosi negatif di dalam diri.

Mendengarkan musik sedih juga bukan menandakan kita adalah orang yang lemah, ya. Ini merupakan bentuk menyayangi diri sendiri dengan cara membuang tumpukan emosi sedih yang dialami saat patah hati. 

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Sehat Mendengarkan Lagu Sedih?

“Kalau musik sedih, liriknya tentu emosional karena mengenai perasaan seseorang ketika terjatuh. Dalam musik tersebut juga pasti ada lirik atau nada yang membuat seseorang merasa bangkit. Jadi, bukan sekadar afirmasi perasaan atau merasakan kembali emosi sedih, tapi, juga meningkatkan mood untuk keluar dari kondisi sedih,” kata Psikolog Ikhsan. 

Sebuah studi tahun 2014 menemukan, mendengarkan musik melankolis setelah putus cinta memberikan sejumlah manfaat. Misalnya, dapat membangkitkan imajinasi, empati, dan memberikan rasa lega secara emosional.

Pasalnya, orang yang sedang patah hati merasa senang karena bisa terhubung dengan lirik lagu yang ia dengarkan. 

Mendengarkan lagu sedih juga membiarkan imajinasi orang tersebut berjalan sesuai melodi dan lirik yang sedang didengarkan.

Orang yang sedang patah hati tersebut pun dapat berempati dengan sang penyanyi lagu, yang mana membuat mereka merasa tidak merasa sedih sendirian.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Kita Bisa Sembuh dari Rasa Sakit Patah Hati? Ini Faktanya

2 dari 4 halaman

Bolehkah Mendengarkan Lagu Sedih Terus Menerus?

Tidak semua orang bisa cepat berdamai dengan rasa sedih, marah, dan kecewa yang ia hadapi saat patah hati.

Karena melegakan, tak dimungkiri banyak orang yang jadi mendengar lagu sedih terus-menerus saat putus cinta. Lantas, apakah boleh dilakukan? 

Psikolog Ikhsan mengatakan, “Sebenarnya boleh saja kalau sedang sedih terus dengar musik yang sedih juga. Kenapa? Karena dengan dengerin lagu sedih itu bantu kita mengidentifikasi dan mengungkapkan emosi yang kita rasakan. Jadi, ini seperti katarsis (penyaluran) emosi negatif yang kita miliki, dibandingkan dipendam aja, ya, kan?” 

Dikutip dari Medical Daily, lagu sedih memang sarana paling pas untuk menyelamatkan hati yang terluka. Namun, ini hanya bisa menyelamatkan duka dan kesedihan sampai di titik tertentu. 

Saat patah hati berangsur pulih, musik yang Anda dengar seharusnya bukan yang melankolis atau berlirik sedih lagi. 

Kay Norton, seorang ahli musik asal Amerika Serikat mengungkapkan, mendengarkan lagu sedih memang bisa meringankan beban emosional yang kita bawa saat putus cinta. Akan tetapi, tidak sehat kalau terus-terusan ada di fase itu. 

Senada dengan Kay, Ikhsan pun mengatakan, “Perlu diingat, pas dengerin musik jangan fokus ke lirik sedihnya aja, namun fokus apa yang mesti dilakukan setelahnya. Harus dengerin juga bagian lirik untuk bangkit atau move on.”

Artikel Lainnya: Manfaat Karaoke untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3 dari 4 halaman

Selain Memutar Lagu Sedih, Lakukan Ini Agar Cepat Move On

Mendengar lagu sedih nan galau sampai enggan keluar kamar tidak akan membawa pemulihan apapun di dalam hati. Ingat, patah hati adalah segelintir bumbu dalam kehidupan, Anda pasti bisa melewatinya. 

Selain mendengarkan lagu sedih, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan agar cepat move on alias melanjutkan hidup. Berikut beberapa cara lain yang bisa dilakukan:

  • Olahraga

Olahraga bukan sekadar aktivitas menyehatkan. Berolahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang bisa mengatasi penarikan diri dari lingkungan saat galau dan juga membangun rasa percaya diri kembali muncul.

  • Menulis Jurnal

Menulis jurnal dapat mengekspresikan emosi apa yang Anda rasakan lewat tulisan. Aktivitas ini juga dapat menjaga pikiran Anda tetap terkendali dan perasaan pun lega. 

Coba tuliskan hal buruk apa yang terjadi dalam hubungan kemarin. Ini akan membuat Anda menyadari hubungan tersebut memang tak berjalan lancar dan pemulihan diri pun bisa semakin cepat.

  • Fokus dengan Diri Sendiri

Setelah putus cinta, lakukan banyak hal untuk menyayangi diri Anda sendiri. Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama teman dekat dan keluarga.

Lakukan hobi yang dulu sempat terhenti atau ikuti kursus keahlian baru untuk menambah ilmu. Semua kesibukan ini bisa meredakan rasa sedih dan galau saat putus cinta, bahkan membuat Anda melupakannya.

Apabila ada ingin tahu fakta psikologis menarik lainnya tentang musik sedih atau patah hati, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan psikolog atau dokter langsung, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar