Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Pria Enggan Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa?

Pria juga bisa mengalami fase-fase enggan berhubungan seks. Sebenarnya, kalau sampai mengalami itu, ada masalah apa, ya?

Berhubungan intim merupakan aktivitas rutin yang dilakukan pasutri agar hubungan cinta dan kasih sayangnya semakin erat.

Akan tetapi, tidak semua kehidupan seksual pasangan suami istri berjalan mulus. Ada kalanya, pria tidak mau berhubungan intim sama sekali.

Padahal, jika dibandingkan wanita, pria punya gairah seksual yang lebih tinggi, lho. Lantas, apa yang menyebabkan pria tidak mau berhubungan intim?

1 dari 3 halaman

Penyebab Pria Tidak Mau Berhubungan Intim

Tidak hanya wanita yang bisa menolak berhubungan intim, pria juga bisa. Berikut alasan yang perlu diketahui wanita saat  laki-laki enggan berhubungan seks:

  1. Stres

Dokter Devia Irine Putri mengatakan stres adalah alasan paling umum mengapa seorang pria menolak bercinta atau tidak bergairah di ranjang.

"Selain stres, bisa juga karena masalah psikologi misalnya cemas, panik, depresi, dan kelelahan," jelasnya

  1. Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Selain itu, alasan pria enggan berhubungan seks juga bisa disebabkan karena mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Misalnya, ia mengidap diabetes dan harus rutin minum obat. Obat yang dikonsumsi umumnya akan memengaruhi fisik termasuk hasrat dan gairah bercintanya.

"Selain itu, obat hipertensi juga bisa mempengaruhi gairah seksual pria. Paling utama mengapa pria tidak mau berhubungan seks biasanya karena punya masalah seksual misalnya disfungsi ereksi atau ejakulasi dini," sambung dr. Devia.

Artikel Lainnya: Sudah Klimaks tapi Sperma Tidak Keluar, Apa yang Salah?

  1. Seks Bukan Prioritas Utama

Tidak semua pria menganggap hubungan seks adalah prioritas utama. Terlebih jika sudah dikarunia anak dan aktivitas pekerjaan yang menyita banyak waktu. Akibatnya, hubungan intim menjadi prioritas nomor sekian.

Selain itu, setelah menikah biasanya hubungan seks tidak lagi menjadi hal baru. Lantas, pria akan mengalihkan fokus dan prioritas mereka ke hal lain yang lebih penting seperti pekerjaan untuk menghidupi keluarga.

  1. Tidak Terlalu Tertarik dengan Seks

Percaya atau tidak, beberapa pria memang tidak begitu suka dengan hubungan seksual. Jika pria tampak kehilangan minat atau tidak mau berhubungan intim, bisa jadi dia merasa tidak nyaman untuk melakukannya.

Sebaiknya coba bicarakan dengan baik agar kebutuhan seksual Anda bisa tercapai dan masing-masing dapat melakukannya dengan nyaman.

  1. Sudah Menikah Terlalu Lama

Sudah berapa lama Anda menikah? Sudah 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun? Jika sudah lebih dari satu dekade, kemungkinan pria sudah merasa tidak tertarik lagi untuk berhubungan intim.

Bukan karena sudah tidak cinta lagi, semakin sering Anda menghabiskan waktu atau  melakukan rutinitas harian berdua, hubungan seks biasanya memang sudah tak lagi menarik untuknya.

Artikel Lainnya: Ejakulasi Tertunda, Ketika Sperma Tidak Keluar saat Berhubungan Seks

2 dari 3 halaman

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasinya?

Mengatasi pria yang tidak mau berhubungan intim bukanlah hal mudah. Menurut dr. Devia Irine, pertama kali yang harus dicari tahu adalah penyebabnya dahulu.

"Kebanyakan memang faktor psikologis, seperti cemas, stres, serta kelelahan. Coba untuk tetap rileks dan tenang. Jika perlu, ajak komunikasi pasangan agar sama-sama tahu dan bisa mencari solusi bersama," ungkap dr. Devia Irine.

Selain itu, kalau memang ada kondisi medis tertentu dan mengharuskan Anda minum obat, sebaiknya kontrol ulang ke dokter.

"Tanyakan pada dokter. Mungkinkah bisa mengganti jenis atau mengubah dosis obat agar efek samping ini bisa diminimalisir," jelas dr. Devia Irine.

Menurunnya gairah seks bisa juga disebabkan karena pria kurang melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, dr. Devia menyarankan untuk selalu melakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup.

Perlu diingat juga, sebaiknya pria menghindari rokok dan alkohol. Penuhi asupan makanan yang bergizi agar gairah seksual tetap stabil. 

Terakhir, lakukan lah hal-hal yang menyenangkan bersama pasangan, buat quality time yang benar-benar berkualitas.

Jadi, jangan salah sangka, pria juga bisa mengalami masalah penurunan gairah seksual. Kalau butuh bantuan, jangan ragu untuk ke dokter. Untuk konsultasi praktis, gunakan fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar