Seks

Pria Enggan Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa?

dr. Sara Elise Wijono MRes., 22 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Suami jarang mengajak hubungan pasti membuat khawatir. Apa faktor suami malas berhubungan? Simak penyebab suami tidak mau berhubungan intim di sini.

Pria Enggan Berhubungan Seks, Ada Masalah Apa?

Hubungan intim perlu rutin dilakukan pasutri agar hubungan cinta dan kasih sayang semakin erat. Sayangnya, tidak semua kehidupan seksual pasangan suami dan istri berjalan mulus. 

Kadang suami juga tidak mau berhubungan intim. Padahal, pria umumnya punya gairah seksual yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

Lantas, apa faktor suami malas berhubungan intim? Ketahui beberapa kemungkinannya berikut ini:

1. Stres

Stres adalah alasan paling umum mengapa suami jarang mengajak hubungan seks. Saat pusing memikirkan suatu hal, ada kalanya suami enggan berhubungan intim. 

Untuk itu, coba komunikasikan kepada pasangan mengenai hal apa yang membebani pikirannya.

2. Masalah Mental

Selain stres, sebab suami tidak mau berhubungan intim adalah masalah psikologis misalnya cemas, panik, dan depresi. Coba perhatikan kondisi kesehatan mental suami jika ia menolak berhubungan intim.

Selain itu, tak ada salahnya untuk mencoba konsultasi dengan psikolog agar penyebab dan cara mengatasinya bisa diketahui.

Artikel lainnya: Gairah Seks Tak Terpenuhi, Awas Bisa Alami Frustasi Seksual

3. Diabetes

Salah satu penyebab suami “tidak nafsu” kepada istri adalah penyakit tertentu seperti diabetes. Ketika suami mengidap diabetes, ia harus rutin meminum obat. Obat diabetes umumnya akan memengaruhi fisik dan gairah bercinta.

Lebih lanjut, kondisi diabetes khususnya dengan gula darah tidak terkontrol dapat menimbulkan gangguan fungsi seksual. Penyebab suami tidak mau berhubungan intim mungkin karena gangguan fungsi seksual tersebut.

4. Hipertensi 

Masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dapat menjadi faktor suami malas berhubungan intim. Pasalnya, hipertensi menyebabkan penurunan aliran darah ke panggul yang penting untuk ereksi pria.

Obat hipertensi juga bisa memengaruhi gairah seksual pria. Hal paling utama mengapa pria tidak mau berhubungan seks biasanya karena punya masalah seksual, misalnya disfungsi ereksi atau ejakulasi dini.

Artikel lainnya: Masalah Seksual yang Sering Menimpa Pasangan Suami Istri

5. Seks Bukan Prioritas Utama

Tidak semua pria menganggap hubungan seks adalah prioritas utama. Terlebih jika sudah dikaruniai anak dan aktivitas pekerjaan menyita banyak waktu, hubungan intim bisa menjadi prioritas nomor sekian.

Setelah menikah, biasanya hubungan seks pun tidak lagi menjadi hal baru. Akhirnya pria mengalihkan fokus dan prioritas ke hal lain yang lebih penting, seperti pekerjaan untuk menghidupi keluarga.

6. Tidak Terlalu Tertarik dengan Seks

Gairah Seks Tak Terpenuhi, Awas Bisa Alami Frustasi Seksual

Percaya atau tidak, beberapa pria memang tidak begitu suka dengan hubungan seksual. Jika pria tampak kehilangan minat atau tidak mau berhubungan intim, bisa jadi ia merasa tidak nyaman melakukannya.

Sebaiknya coba bicarakan dengan baik agar kebutuhan seksual istri bisa tercapai dan masing-masing dapat melakukannya dengan nyaman.

Artikel lainnya: Fakta Menarik tentang Seks yang Perlu Anda Tahu

7. Sudah Menikah Terlalu Lama

Sudah berapa lama menikah? Sudah 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun? Jika sudah lebih dari satu dekade, kemungkinan pria sudah merasa tidak tertarik lagi untuk berhubungan intim.

Tenang, bukan karena suami sudah tidak cinta lagi. Namun, semakin sering suami dan istri menghabiskan waktu berdua, hubungan seks mungkin memang sudah tak lagi menarik untuk sang suami.

8. Performance Anxiety

Pria yang percaya diri akan kemampuan seksualnya umumnya memiliki performa yang memuaskan. Sebaliknya, pria yang cemas akan performa seksualnya umumnya akan berusaha menghindari keintiman.

Diskusi terbuka mengenai kehidupan seksual merupakan hal yang penting dilakukan. Sebaiknya, komunikasi dilakukan dengan bijaksana agar pria tidak merasa terlalu dikritik, sehingga malah tambah tidak percaya diri akan kemampuan seksualnya.

Artikel lainnya: Inilah Manfaat Hubungan Seksual bagi Kesehatan

9. Kelelahan 

Saat kelelahan, pasti fokus utama kita adalah beristirahat sebanyak mungkin agar kembali bugar. Bila suami jarang mengajak hubungan intim, mungkin ia sedang merasa sangat lelah.

10. Masalah Hubungan

Masalah Seksual yang Sering Menimpa Pasangan Suami Istri (Foto: imtmphoto/Canva)

Umumnya hubungan yang tidak harmonis dengan istri membuat suami tidak mau berhubungan intim. Bila memang hal ini yang terjadi, coba perbaiki hubungan dan lihat perubahan sikapnya.

11. Kurang Olahraga

Menurunnya gairah seks bisa juga disebabkan karena pria kurang melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, usahakan olahraga rutin dan istirahat yang cukup.

Artikel lainnya: Berapa Lama Waktu Hubungan Seks yang Normal?

Menghadapi suami yang tidak mau berhubungan intim bukanlah hal mudah. Hal pertama yang harus dicari tahu adalah penyebabnya. Coba tetap relaks dan ajak suami mengobrol agar saling memahami tahu dan bisa mencari solusi bersama.

Bila ada kondisi medis yang mengharuskan suami meminum obat tertentu, sebaiknya kontrol ulang ke dokter. Tanyakan, apakah mungkin untuk mengganti jenis atau dosis obat agar efek samping penurunan gairah seks bisa diminimalkan.

Lalu, sebaiknya suami menghindari rokok dan alkohol. Penuhi asupan makanan yang bergizi agar gairah seksual tetap stabil. 

Terakhir, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan bersama pasangan dan buat quality time yang benar-benar berkualitas!

Kalau butuh bantuan, jangan ragu untuk konsultasi kepada dokter atau psikolog. Pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, layanannya mudah dan cepat.

(FR/JKT)

Hubungan Seksual

Konsultasi Dokter Terkait