Diet dan Nutrisi

Ragam Buah Penurun Demam yang Bisa Jadi Pilihan

dr. Theresia Rina Yunita, 10 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sedang demam, dan tubuh terasa tidak nyaman? Jangan buru-buru minum obat. Ini aneka buah penurun demam yang bisa Anda jadikan pilihan.

Ragam Buah Penurun Demam yang Bisa Jadi Pilihan

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat siapa saja mengalami demam. Meski kondisi ini tidak melulu berbahaya, demam tetap harus diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam adalah makan. Bukan makan sembarang asupan, tapi makan buah penurun demam.

Faktanya, terdapat beberapa buah yang punya efek menurunkan suhu serta peradangan dalam tubuh sehingga demam bisa turun.

Buah-buahan ini juga bisa mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga risiko terjadinya penyakit infeksi lanjutan bisa diminimalkan.

Berikut ini adalah buah-buahan penurun panas yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Jeruk

Siapa yang tidak kenal dengan buah berwarna oranye, dan memiliki rasa sedikit asam ini? Jeruk telah dikenal sejak lama memiliki kandungan vitamin C tinggi. 

Selain itu, jenis buah sitrus yang satu ini juga memiliki antioksidan flavonoid yang pada gilirannya dapat berguna untuk melawan dampak buruk radikal bebas, menurunkan peradangan di dalam tubuh, dan sebagai agen antivirus. 

Dengan mengonsumsi jeruk saat demam, cepat atau lambat keluhan Anda bisa berkurang secara perlahan. 

Namun, jangan lupa untuk mengisi perut sebelum konsumsi jeruk, karena buah ini bisa meningkatkan asam lambung apabila dikonsumsi saat perut kosong.

2. Alpukat

Alpukat terkenal dengan kandungan omega-3, yang baik untuk menunjang kesehatan pembuluh darah dan otak. Tidak hanya itu, buah berbiji tunggal ini juga memiliki kandungan lemak sehat, salah satunya asam oleat.

Nyatanya, asam oleat di dalam alpukat dapat bertugas sebagai agen antiradang yang pada gilirannya dapat pula membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi saat Anda sedang demam. 

3. Pisang

Pisang juga termasuk buah penurun panas saat demam. Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat bantu menyokong energi tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan.

Tidak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang mampu menyehatkan jantung dan ginjal. Buah ini pun memiliki kandungan triptofan, yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati.

4. Apel

An apple a day keeps the doctor away. Artinya, dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari, kemungkinan Anda untuk jatuh sakit sehingga harus berobat ke dokter bisa benar-benar diminimalkan.

Apel memiliki senyawa antioksidan flavonoid yang dapat secara efektif membantu mencegah dan mengatasi peradangan di dalam tubuh. 

Pada gilirannya, buah ini dapat membantu untuk menurunkan panas ketika demam, juga mencegah penyakit infeksi.

Guna mendapatkan manfaat maksimal apel, pastikan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan kulitnya. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir, agar buah ini sepenuhnya bebas kuman.

Artikel Lainnya: Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

5. Semangka

Ingin buah dengan rasa segar yang sekaligus bisa bantu menurunkan suhu tubuh saat demam? Semangka adalah jawabannya.

Semangka termasuk buah yang punya kadar air tinggi, sehingga bisa menurunkan demam. Karena pada dasarnya, air dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

Cairan yang ada di semangka juga bisa mencegah dehidrasi dan mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, lho!

6. Kelapa

Kelapa dikenal dengan kesegaran air yang terkandung di dalamnya. Selain dapat menjaga hidrasi tubuh, air kelapa juga mengandung antioksidan yang dapat bantu mengurangi peradangan tubuh dan menunjang fungsi sistem kekebalan dalam melawan infeksi.

Di samping itu, kelapa juga mengandung gula alami yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Dengan demikian, Anda akan cepat pulih dari keluhan badan lemas yang biasanya terjadi berbarengan dengan demam.

7. Anggur

Kecil-kecil cabe rawit, itulah ungkapan yang cocok untuk anggur. Buah yang umumnya berwarna ungu gelap ini dapat bantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh berkat kemampuannya dalam menunjang produksi sel T gamma dan delta.

Sebelum mengonsumsi buah penurun panas yang satu ini, pastikan untuk mengisi perut terlebih dahulu. Ini karena anggur bersifat asam, sehingga bisa memicu peningkatan asam lambung.

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Kebiasaan Menurunkan Demam Anak dengan Bawang Merah

8. Buah Beri

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang disebut quercetin, yang juga ditemukan dalam buah beri, dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Virus ini bertanggung jawab atas sebagian besar flu biasa.

9. Lemon

Lemon adalah buah sitrus, sama seperti jeruk. Oleh sebab itu, lemon dapat menjadi buah penurun panas akibat demam.

Lemon mengandung flavonoid dan vitamin C tingkat tinggi yang akan mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan. 

10. Kiwi

Buah hijau berbulu ini penuh dengan vitamin C dan E, yang membantu melawan patogen penyebab penyakit. Karenanya, kiwi termasuk buah yang dapat menurunkan panas.

Kiwi mengandung potasium sama seperti pisang, tetapi dengan kalori yang lebih rendah kalori. Kandungan vitamin C pada buah ini juga hampir dua kali lebih banyak daripada jeruk, yang membuatnya bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

11. Nanas

Nanas sangat kaya akan flavonoid dan asam fenolik, yang mampu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Buah kuning yang satu ini merupakan antiinflamasi yang sangat baik. Oleh sebab itu, konsumsi nanas baik untuk musim dingin dan flu karena dapat mengobati pilek dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jika keluhan tak kunjung membaik meski sudah mengonsumsi buah penurun demam, menerapkan pola makan sehat, istirahat cukup, dan konsumsi obat penurun panas, segeralah periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, risiko terjadinya komplikasi bisa sepenuhnya dihindari.

Punya pertanyaan seputar asupan yang baik saat demam? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

buahDemam

Konsultasi Dokter Terkait