Sukses

Ragam Buah Penurun Demam yang Bisa Jadi Pilihan

Sedang demam, dan tubuh terasa tidak nyaman? Jangan buru-buru minum obat. Ini aneka buah penurun demam yang bisa Anda jadikan pilihan.

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat siapa saja mengalami demam. Meski kondisi ini tidak melulu berbahaya, demam tetap harus diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam adalah makan. Bukan makan sembarang asupan, tapi makan buah penurun demam.

Faktanya, terdapat beberapa buah yang punya efek menurunkan peradangan dalam tubuh sehingga demam bisa turun. 

Buah-buahan ini juga bisa mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga risiko terjadinya penyakit infeksi lanjutan bisa diminimalkan.

1 dari 3 halaman

Buah untuk Menurunkan Suhu Tubuh saat Demam

Orang dewasa dikatakan mengalami demam apabila hasil pengukuran suhu oral (diukur lewat mulut) mencapai lebih dari 38 derajat Celcius atau suhu rektal (diukur lewat dubur) lebih dari 38,3 derajat Celcius.

Demam itu sendiri merupakan sebuah gejala, yang diduga terjadi karena tubuh sedang berjuang melawan infeksi. Kondisi ini memang umumnya tidak berbahaya, namun tetap harus ditangani dengan cara yang tepat. 

Pasalnya, demam yang didiamkan tanpa penanganan bisa menyebabkan dehidrasi, atau keluhan yang lebih parah lagi.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami demam, jangan buru-buru minum obat untuk mengatasinya. Anda bisa menurunkan suhu tubuh saat demam dengan mengonsumsi buah yang tepat.

Berikut ini adalah aneka buah penurun demam yang bisa Anda jadikan pilihan.

1. Jeruk

Siapa yang tidak kenal dengan buah berwarna oranye, dan memiliki rasa sedikit asam ini? Jeruk telah dikenal sejak lama memiliki kandungan vitamin C tinggi. 

Selain itu, jenis buah citrus yang satu ini juga memiliki antioksidan flavonoid yang pada gilirannya dapat berguna untuk melawan dampak buruk radikal bebas, menurunkan peradangan di dalam tubuh, dan sebagai agen antivirus. 

Dengan mengonsumsi jeruk saat demam, cepat atau lambat keluhan Anda bisa berkurang secara perlahan. 

Namun, jangan lupa untuk mengisi perut sebelum konsumsi jeruk, karena buah ini bisa meningkatkan asam lambung apabila dikonsumsi saat perut kosong.

Artikel Lainnya: Normalnya, Berapa Hari Demam Berlangsung?

2. Alpukat

Alpukat terkenal dengan kandungan omega-3, yang baik untuk menunjang kesehatan pembuluh darah dan otak. Tidak hanya itu, buah berbiji tunggal ini juga memiliki kandungan lemak sehat, salah satunya asam oleat.

Nyatanya, asam oleat di dalam alpukat dapat bertugas sebagai agen antiradang yang pada gilirannya dapat pula membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi saat Anda sedang demam. 

3. Pisang

Pisang juga termasuk sebagai buah penurun demam. Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat bantu menyokong energi tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan.

Tidak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang mampu menyehatkan jantung dan ginjal. Buah ini pun memiliki kandungan triptofan, yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati.

4. Apel

An apple a day keeps the doctor away. Artinya, dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari, kemungkinan Anda untuk jatuh sakit sehingga harus berobat ke dokter bisa benar-benar diminimalkan.

Apel memiliki senyawa antioksidan flavonoid yang dapat secara efektif membantu mencegah dan mengatasi peradangan di dalam tubuh. 

Pada gilirannya, buah yang umumnya berkulit merah ini dapat membantu menurunkan demam dan mencegah penyakit infeksi.

Guna mendapatkan manfaat maksimal apel, pastikan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan kulitnya. Jangan lupa dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir, agar buah ini sepenuhnya bebas kuman.

Artikel Lainnya: Berbagai Penyebab Demam dan Cara Mengatasinya

5. Semangka

Ingin buah dengan rasa segar yang sekaligus bisa bantu menurunkan suhu tubuh saat demam? Semangka adalah jawabannya.

“Semangka termasuk buah yang punya kadar air tinggi, sehingga bisa bantu menurunkan demam. Karena pada dasarnya, air bisa membantu menurunkan suhu tubuh,” ungkap dr. Devia Irine Putri.

Cairan yang ada di semangka juga bisa mencegah dehidrasi dan membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, lho!

6. Kelapa

Kelapa dikenal dengan kesegaran air yang terkandung di dalamnya. Selain dapat menjaga hidrasi tubuh, air kelapa juga mengandung antioksidan yang dapat bantu mengurangi peradangan tubuh dan menunjang fungsi sistem kekebalan dalam melawan infeksi.

Di samping itu, kelapa juga mengandung gula alami yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Dengan demikian, Anda akan cepat pulih dari keluhan badan lemas yang biasanya terjadi berbarengan dengan demam.

7. Anggur

Kecil-kecil cabe rawit, itulah ungkapan yang cocok untuk anggur. Buah yang umumnya berwarna ungu gelap ini dapat bantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh berkat kemampuannya dalam menunjang produksi sel T gamma dan delta.

Sebelum mengonsumsi buah penurun demam yang satu ini, pastikan untuk mengisi perut terlebih dahulu. Ini karena anggur bersifat asam, sehingga bisa memicu peningkatan asam lambung.

Apakah buah-buahan di atas akan memengaruhi interaksi obat antidemam? Tidak. “Sejauh ini obat penurun demam seperti ibuprofen dan parasetamol bisa dikonsumsi setelah makan buah tanpa menimbulkan reaksi merugikan. Yang tidak boleh itu alkohol,” kata dr. Devia.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Berawal dari Demam

2 dari 3 halaman

Waspadai Tanda Demam yang Berbahaya

Keluhan tidak kunjung membaik meski sudah mengonsumsi buah penurun demam, menerapkan pola makan sehat, istirahat cukup, dan minum obat? 

Ini berarti Anda mesti segera berobat ke dokter, apalagi jika mengalami kondisi-kondisi sebagai berikut.

  • Demam terus-menerus selama lebih dari 3 hari.
  • Suhu tubuh terus tinggi dan tidak membaik dengan obat penurun demam.
  • Badan sangat lemas, dan tidak bisa makan atau minum.
  • Muncul perdarahan spontan, seperti mimisan dan buang air besar berdarah.

Jangan abaikan tanda-tanda demam yang berbahaya. Segera berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan sejak dini, agar risiko terjadinya komplikasi bisa sepenuhnya dihindari.

Mengonsumsi buah yang tepat dapat menjadi cara menurunkan suhu tubuh saat demam. Apabila demam tidak kunjung turun dalam 1 atau 2 hari, sebaiknya segera periksakan diri lebih lanjut ke dokter. 

Anda juga bisa menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau mengunduh aplikasi Klikdokter untuk bisa berbincang langsung dengan dokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar