Sukses

Manfaat Mengagumkan Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit

Buah nanas yang segar ini punya banyak kandungan penting untuk kecantikan kulit Anda, simak selengkapnya yuk di sini!

Ketika cuaca sedang panas, biasanya yang terpikir adalah makan yang manis, asam, dan menyegarkan. Bukan es krim atau es serut, pilihan camilan enak dan sehat yang bisa diandalkan adalah buah nanas.

Ternyata, buah yang satu ini memiliki nutrisi yang bagus sekali untuk kecantikan kulit Anda. Inilah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi nanas.

1 dari 3 halaman

Khasiat Nanas untuk Kesehatan Kulit

Menurut Nutrition Data, Amerika Serikat, nanas mengandung protein, serat, vitamin C, mangan, vitamin B6, thiamin, folat, kalium, magnesium, niacin, asam pantotenat, riboflavin, zat besi, dan lainnya.

Dengan rutin mengonsumsi nanas dalam porsi yang sesuai, baik dalam bentuk potongan maupun jus, berikut ini manfaat-manfaat yang bisa didapatkan untuk keremajaan kulit Anda:

1. Mengatasi Jerawat

Jus nanas mengandung banyak vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat membantu mengatasi jerawat, kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan warna kulit yang tidak merata.

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti mengatakan, kandungan vitamin C memang sangat penting dan sudah jelas bagus sekali manfaatnya untuk kulit.

Bila ingin kulit yang sehat bersinar, coba minum segelas jus nanas. Selain bekas jerawat dapat pudar perlahan, kulit pun lebih terhidrasi dan bersih.

Namun, hindari terlalu banyak menambah campuran lain seperti gula agar manfaatnya lebih terasa. Konsumsinya juga harus rutin dan dibarengi perawatan kulit lainnya, sehingga hasil lebih maksimal.

Artikel Lainnya: Butuh Kolagen untuk Mempercantik Kulit Wajah? Coba 5 Buah Ini!

2. Membuat Wajah Lebih Awet Muda

Seiring bertambahnya usia, wajah bisa mengalami berbagai tanda penuaan seperti kerutan dan tampak kusam bila tidak rajin dirawat. Nah, nanas dapat membantu Anda untuk membuat tampilan wajah lebih glowing dan lebih muda.

Lagi-lagi, vitamin C dan antioksidan dalam nanas yang berperan. Kandungan-kandungan ini memang sangat penting dalam perawatan wajah, sehingga tak heran bila sering ditemukan dalam banyak produk skincare.

3. Bantu Menghilangkan Flek Hitam

Punya noda atau flek hitam membandel di kulit wajah? Jangan khawatir, nanas bisa jadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Caranya, usapkan irisan nanas di area kulit yang ada flek hitamnya selama kurang lebih lima menit. Lalu, biarkan hingga agak mengering. Setelah itu, bilas wajah dengan air sampai bersih.

Sebelum itu, pastikan kulit Anda tidak alergi atau sensitif terhadap nanas. Hasil yang didapat juga bisa berbeda pada masing-masing kulit.

Artikel Lainnya: Ingin Awet Muda? Konsumsi Buah dan Sayuran Ini

4. Mengeksfoliasi Kulit

Menurut dermatologis asal Inggris, dr. Stefanie Williams, ekstrak nanas mengandung bromelain yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit secara lembut. Jadi, sel-sel kulit mati dapat lebih mudah terangkat.

Bromelain juga bisa bantu meredakan proses inflamasi,” tambah dr. Astrid. Jadi, bila terjadi kemerahan atau pembengkakan pada kulit, nanas bisa membantu meringankannya.

5. Mengatasi Tumit Kering

Ingin pakai sandal high heels tapi tidak PD karena kulit tumit kering dan terkelupas? Yuk, coba bikin campuran ala spa sendiri di rumah dengan nanas.

Buat scrub kaki dengan mencampurkan ½ cup gula merah dengan ¼ cup jus nanas. Basahi tumit dengan campuran tersebut, lalu gunakan scrub-nya untuk menggosok perlahan kulit tumit yang kasar dan kering.

Artikel Lainnya: Juicer vs Blender, Mana yang Lebih Baik untuk Mengolah Buah?

2 dari 3 halaman

Tips Konsumsi Buah Nanas yang Sehat dan Enak

Cara yang paling mudah untuk makan buah nanas adalah tentu dimakan langsung dalam bentuk potongan. Tapi, ada beberapa cara lain makan nanas yang tak kalah menyehatkan dan menggiurkan.

Anda bisa bikin smoothies nanas dengan campuran pisang dan yoghurt tawar sebagai pilihan minuman bergizi.

Selain itu, sarapan oatmeal lezat juga bisa dibuat dengan potongan nanas beserta susu almon, biji chia, dan parutan kelapa. Tentunya, bahan-bahan tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi perut atau pencernaan Anda, ya.

“Sama seperti jeruk, hati-hati bila ingin mengonsumsi nanas karena asam, terutama kalau Anda ada sakit mag misalnya,” pesan dr. Astrid.

Sembari rajin merawat kulit dengan produk skin care wajah dan tubuh sesuai jenis kulit, tak ada salahnya menjadikan buah nanas sebagai salah satu kudapan segar yang bermanfaat untuk kecantikan.

Bila ingin konsultasi dengan dokter seputar kulit lebih cepat, pakai fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar