HomeInfo SehatKulit8 Manfaat Mengagumkan Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit
Kulit

8 Manfaat Mengagumkan Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit

dr. Theresia Yunita, 15 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Buah nanas yang segar ini punya banyak kandungan penting untuk kecantikan kulit Anda, simak selengkapnya yuk di sini!

8 Manfaat Mengagumkan Buah Nanas untuk Kecantikan Kulit

Ketika cuaca sedang panas, kamu mungkin berpikir untuk mengonsumsi makanan manis, asam, dan segar. Salah satu makanan yang bisa dipilih adalah buah nanas.

Nanas adalah buah rendah kalori yang kaya vitamin, antioksidan, serat, dan air sehingga bisa dijadikan camilan yang ideal. Kandungan ini membuat nanas tidak hanya dikonsumsi secara langsung. Beberapa orang juga mengoleskan nanas ke kulit untuk meningkatkan kesehatan kulitnya. 

Di bawah ini sederet manfaat nanas untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu.

1. Mengatasi Jerawat

Suka Memencet Jerawat Bisa Picu Kanker Kulit

Nanas mengandung banyak vitamin C dan antioksidan lain yang dapat membantu mengatasi jerawat, kerusakan akibat paparan sinar matahari, maupun warna kulit yang tidak merata.

Bila kamu ingin memiliki kulit sehat dan bersinar, coba minum segelas jus nanas. Selain menghilangkan bekas jerawat secara perlahan, manfaat jus nanas bisa bikin kulit kamu lebih terhidrasi dan bersih.

Meski begitu, hindari terlalu banyak menambah campuran lain seperti gula agar manfaat jus nanas untuk kecantikan kulit lebih terasa. Untuk hasil yang lebih maksimal, minum jus nanas secara rutin dibarengi perawatan kulit lainnya.

Artikel lainnya: 12 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh

2. Membuat Wajah Lebih Awet Muda

Seiring bertambahnya usia, wajah kamu bisa mengalami berbagai tanda penuaan, terutama bila tidak rajin dirawat. Tanda penuaan yang bisa muncul, seperti kerutan dan kulit tampak kusam. 

Nanas dapat membantu membuat tampilan wajah kamu lebih glowing dan terlihat muda. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan lain di dalam nanas. Antioksidan berperan penting dalam perawatan wajah. Karena itu, komponen ini banyak ditemukan dalam produk skincare.

3. Bantu Menghilangkan Flek Hitam

Resep Alami Mengatasi Flek Hitam (Irina Bg/Shutterstock)

Punya noda atau flek hitam membandel di kulit wajah? Jangan khawatir, nanas bisa jadi alternatif untuk mengatasi masalah ini.

Usapkan irisan nanas pada area kulit yang ada flek hitamnya. Lakukan selama kurang lebih lima menit dan biarkan hingga mengering. Lalu, bilas wajah menggunakan air hingga bersih.

Sebelum digunakan, pastikan kulit kamu tidak alergi terhadap nanas. Hasil yang didapat bisa berbeda pada masing-masing kulit.

Artikel lainnya: 12 Manfaat Nanas Madu bagi Kesehatan Tubuh

4. Mengeksfoliasi Kulit

Ekstrak nanas mengandung bromelain yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit secara lembut. Sel-sel kulit mati pun jadi lebih mudah terangkat

Bromelain juga bisa bantu meredakan proses peradangan. Jadi, bila terjadi kemerahan atau pembengkakan pada kulit, nanas bisa bantu meringankannya.

5. Mengatasi Tumit Kering

Ingin pakai high heels tapi tidak PD karena kulit tumit kering dan terkelupas? Coba gunakan scrub nanas.

Buat scrub dengan mencampurkan ½ gelas gula merah dengan ¼ gelas jus nanas. Oles dan gosokokan scrub nanas pada area tumit yang kering dan kasar.

Artikel Lainnya: Nanas Muda Bisa Mencegah Hamil, Mitos Atau Fakta?

6. Kulit Tampak Kenyal

11 Cara Merawat dan Menghilangkan Kulit Kering

Elastisitas kulit didapat dari produksi elastin dan kolagen di dalam lapisan kulit. Buah nanas bisa merangsang produksi kolagen sehingga bisa bikin kulit wajah tampak kenyal dan halus.

Khasiat tersebut bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi nanas maupun menggunakannya sebagai masker. Agar manfaat masker nanas optimal, gunakan secara rutin, ya!

Artikel lainnya: Manfaat Konsumsi Nanas untuk Pria Aktif

7. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kandungan vitamin C dalam buah nanas berperan penting dalam regenerasi sel kulit. Apabila kulit kamu terluka, proses penyembuhannya bisa lebih cepat dengan bantuan vitamin C pada nanas. 

8. Mencegah Efek Buruk Sinar UV

Manfaat nanas untuk kecantikan kulit lainnya adalah melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) matahari. Paparan berlebih sinar UV bikin kulit kamu rusak, terbakar, iritasi, kemerahan, dan cenderung gelap. 

Nah, vitamin C dalam nanas berperan melindungi kulit dari sinar UV.

Artikel lainnya: Bahaya Makan Nanas yang Mesti Diwaspadai Siapa Saja

Manfaat nanas untuk kecantikan bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi jus maupun smoothies nanas. Cara yang paling mudah adalah dengan makan potongan buah nanas secara langsung.

Buah nanas segar juga dapat dioleskan langsung ke kulit. Namun, kandungan nutrisinya tentu lebih sedikit daripada ekstrak yang telah diformulasikan ke dalam produk skin care

Ekstrak nanas pekat digunakan pula oleh sebagian besar penelitian yang mengkaji khasiat nanas ataupun bromelain untuk kecantikan kulit. Ekstrak ini memiliki dosis bromelain yang jauh lebih besar daripada potongan buah nanas segar.

Apabila kamu mengalami iritasi ataupun tanda alergi setelah menggunakan nanas di kulit, hentikan penggunaannya. Konsultasikan keluhanmu kepada dokter spesialis kulit melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, biar #JagaSehatmu lebih praktis dan mudah!

(ADT/JKT)

buah

Konsultasi Dokter Terkait