Sukses

Tips Cepat Tidur Setelah Minum Kopi Terlalu Banyak

Tak bisa tidur karena menenggak kopi terlalu banyak? Jangan khawatir berlebihan! Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa tidur setelah minum kopi.

Beberapa orang mungkin tak bisa melepaskan diri dari kopi. Minuman mengandung kafein ini bahkan dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina dan mencegah rasa kantuk saat beraktivitas.

Sayangnya, tak sedikit orang yang justru minum kopi berlebihan. Hal ini tentu saja berpotensi menyebabkan mengganggu dan menurunkan kualitas tidur malam.

Lantas, harus bagaimana? Adakah cara membuat cepat tidur setelah minum kopi? Ada! 

1 dari 3 halaman

Mengenal Kandungan dalam Kopi

Secara garis besar, biji kopi mengandung zat gizi yang sangat beragam. Dalam 8 ons atau setara dengan 240 mililiter kopi, kandungan gizi yang ada di dalamnya adalah sebagai berikut ini.

  • Vitamin B2: 11 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B5: 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B1: 2 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B3: 2 persen dari kebutuhan harian.
  • Folat: 1 persen dari kebutuhan harian.
  • Mangan: 1 persen dari kebutuhan harian.
  • Potasium: 3 dari kebutuhan harian.
  • Magnesium: 2 persen dari kebutuhan harian.
  • Fosfor: 1 persen dari kebutuhan harian.

Selain yang telah disebutkan, kopi juga mengandung kafein. Senyawa ini bertugas sebagai stimulan yang dapat meningkatkan metabolisme dan performa tubuh. 

Sayangnya, kafein juga bisa menyebabkan efek samping yang merugikan. Misalnya, bersifat diuretik alias menarik cairan dari dalam tubuh, dan bisa membuat Anda kesulitan tidur khususnya jika dikonsumsi berlebihan.

Artikel Lainnya: Tidur Kurang Nyenyak Semalam? Jangan Lakukan Ini Esok Hari

2 dari 3 halaman

Tips Cepat Tidur Meski Minum Kopi Kebanyakan

Tidak dimungkiri, tidak mudah untuk bisa cepat tidur setelah Anda minum kopi dalam jumlah berlebih. Karena seperti yang telah disebutkan, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan performa tubuh. 

“Efek kafein khususnya dalam kopi bisa bertahan sekitar 4 sampai 6 jam. Lebih dari 6 jam mungkin saja masih ada efek, tapi tidak sekuat jika dibandingkan dengan baru-bari minum kopi,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong.

Atas dasar itu, apabila minum kopi di sore atau malam hari, Anda mungkin akan kesulitan untuk tidur, apalagi jika mengonsumsinya berlebihan.

Kendati demikian, Anda masih tetap bisa berupaya agar bisa cepat tidur setelah minum kopi. Beberapa upaya yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Olahraga Ringan

Guna menetralkan efek yang diberikan kafein dari kopi, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga ringan. Contohnya, melakukan gerakan peregangan, berjalan kaki, atau berenang.

Tidak perlu sampai mengeluarkan keringat. Hal yang terpenting, tubuh Anda bergerak dan terasa sedikit lelah. Hindari melakukan olahraga secara berlebihan sebelum tidur, karena malah bisa membuat Anda semakin kesulitan tidur.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Kopi Bisa Menahan Kantuk?

  1. Meditasi

Cobalah untuk melakukan meditasi sebelum tidur. Atur napas, pikiran, dan tubuh Anda serelaks mungkin selama beberapa menit. Pastikan pula ruangan tidur Anda terasa sejuk, sunyi, dan minim penerangan.

Fokuskan diri Anda untuk mengatur napas. Dengan ini, efek kafein yang ada di tubuh akan berkurang secara perlahan sehingga Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat membantu tubuh mengurangi ketegangan otot yang disebabkan oleh kafein. Jika memungkinkan, berendamlah di air hangat tersebut sambil sambil menghirup aroma minyak esensial seperti lavender. 

Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih relaks dan Anda akan mengantuk setelah ‘ritual’ selesai dilakukan.

Artikel Lainnya: Nikotin Lebih Mengganggu Tidur Dibandingkan Kafein

  1. Baca Buku 

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar cepat tidur setelah minum kopi adalah dengan membaca buku atau novel favorit. Tidak perlu terburu-buru. Lakukanlah dengan santai, sambil menikmati tiap baris tulisan yang Anda baca.

Membaca buku atau novel sebelum tidur bertujuan untuk membuat otot mata kelelahan. Pada akhirnya, Anda akan ‘dipaksa’ untuk memejamkan mata dan tidur dengan sendirinya. 

  1. Minum Air Putih

Kafein bersifat menarik cairan, dan berpotensi membuat Anda sering berkemih. Hal ini berisiko menyebabkan dehidrasi, dan memicu perasaan gelisah.

Guna membantu mengatasi kondisi tersebut, sekaligus sebagai cara untuk mengeluarkan kafein secara alami lewat saluran pembuangan (urine), cobalah untuk mengonsumsi air putih sedikit lebih banyak. Cepat atau lambat, Anda akan mengantuk dengan sendirinya.

  1. Atur Jadwal Minum Kopi

Cara lain yang juga bisa dilakukan agar lebih mudah tidur di malam hari setelah minum kopi adalah dengan mengatur jadwal.

“Atur jadwal minum kopi. Misalnya ingin tidur jam 10 malam, berarti maksimal minum kopi adalah jam 4 sore,” saran dr. Sepriani. 

Jika cara-cara tersebut masih belum berhasil, segera berobat ke dokter. Hal ini dapat menjadi pertimbangan utama, apalagi jika telah muncul tanda-tanda kecanduan kafein. 

“Tanda kecanduan dapat dilihat saat orang tersebut tidak minum kopi. Ia akan mengalami kelelahan, mood jelek, rasa kantuk berlebih padahal sudah cukup tidur, sulit konsentrasi, disertai gejala fisik seperti mual, muntah, pegal,” pungkas dr. Sepri.

Demikian beberapa cara mengatasi susah tidur setelah minum kopi. Jika Anda masih mengalami punya pertanyaan seputar gangguan tidur dan masalah kesehatan lainnya, tanyakan secara langsung pada dokter menggunakan layanan LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar