Sukses

Tips Menyiapkan Buah Alpukat untuk MPASI Bayi

Alpukat merupakan sumber lemak baik untuk otak bayi. Jangan sampai itu tak didapatkan hanya karena cara mempersiapkan yang salah, ya. Cek di sini cara-caranya.

Tak cuma jadi buah kegemaran orang dewasa, alpukat juga bisa diberikan kepada bayi sebagai menu MPASI, lho. Menurut dr. Reza Fahlevi, Sp.A, MPASI alpukat sangat bagus karena mengandung lemak yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi. 

“Sering kali, menu MPASI yang dibuat oleh ibu-ibu itu kurang lemak. Padahal, bayi di bawah usia dua tahun sangat membutuhkan lemak untuk perkembangan otaknya. Karena itulah saya menganjurkan ibu untuk memberikan MPASI alpukat kepada si buah hati.” jelasnya. 

Karena menjadi rekomendasi dari dokter anak, tentunya tak ada alasan untuk tak membuat MPASI alpukat untuk bayi Anda, kecuali si kecil memang punya riwayat alergi terhadap buah tersebut. Selain itu, jangan sampai juga manfaat MPASI alpukat hilang dan tak dapat dirasakan oleh si anak karena Anda mempersiapkannya dengan cara yang kurang tepat. 

Di bawah ini ada penjelasan mengenai cara mempersiapkan MPASI alpukat beserta cara membuatnya. Yuk, disimak!

1 dari 5 halaman

Kunci Utama Adalah Mencuci Bersih! Kenapa Harus Begitu?

Terkadang, para ibu kerap merasa aman memberikan buah alpukat tanpa mencucinya terlebih dahulu. Sebab, yang akan diolah dan dikonsumsi adalah bagian dalam atau daging buahnya saja. 

Padahal, US Food and Drug Administration (FDA) menyarankan untuk mencuci dulu alpukat sebelum diolah. 

Pada tahun 2018 lalu, FDA melaporkan adanya bakteri Listeria pada 17 persen kulit alpukat yang mereka teliti sejak tahun 2014 sampai 2016.

Bahkan, yang bikin ngeri lagi, sebanyak 0,2 persen daging alpukat di dalamnya juga terkontaminasi oleh bakteri tersebut! 

Kok, bisa bakteri Listeria ada di dalam daging buah? Kan, dagingnya ada di dalam? Ternyata, terjadi perpindahan bakteri dari kulit alpukat ke daging ketika Anda memakai pisau untuk memotong. 

Beda halnya ketika sedari awal si buah sudah tercuci bersih. Bakteri yang ada di kulit tak akan pindah ke daging meski Anda memakai pisau yang sama. 

Tak cuma bakteri Listeria, bahaya bakteri Salmonella dan E.Coli juga mengintai. Atas dasar itulah, Anda tidak boleh lupa untuk mencuci bersih buah alpukat sebelum diolah demi mencegah bayi mengalami demam, muntah, kejang, nyeri, dan risiko fatal lainnya.

Artikel Lainnya: Bolehkah Mencampur Buah dan Sayur Menjadi Puree untuk MPASI?

2 dari 5 halaman

Cara Mencuci Alpukat untuk Bahan MPASI Bayi

Lantas, bagaimana teknik mencuci bersih buah alpukat sebelum diolah menjadi MPASI bayi? Tenang saja, di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkahnya:

  • Cuci tangan Anda terlebih dulu. Kebiasaan ini harus terus diterapkan saat Anda hendak mempersiapkan makanan apa pun, apalagi buat bayi yang daya tahan tubuhnya masih rendah dan mudah sakit. 
  • Cuci bersih talenan, pisau, dan peralatan makan dengan air panas serta sabun cuci piring sebelum dipakai untuk mengolah alpukat. 

Akan lebih bagus lagi jika Anda memisahkan talenan dan pisau untuk memotong daging dengan alat untuk mengolah sayur dan buah agar tidak ada kontaminasi silang.

  • Bilas alpukat dengan air mengalir selama 20 detik. Jika Anda punya sabun khusus untuk mencuci sayur dan buah yang aman untuk bayi, itu juga bisa digunakan. 

Lalu, manfaatkan pula sikat pembersih buah. Gosok permukaan kulit alpukat, lalu bilas lagi dengan air. 

  • Keringkan alpukat dengan kain bersih atau tisu. Sebisa mungkin, langsung keringkan buah alpukat, karena kalau dibiarkan lembap terlalu lama bisa memicu pertumbuhan bakteri baru. 
  • Setelah itu, barulah Anda bisa memotong alpukat dengan talenan dan pisau yang tadi sudah dibersihkan. Food processor yang dipakai untuk mengolah buah alpukat juga harus dalam keadaan bersih, ya!

Artikel Lainnya: Bolehkah Bayi 6 Bulan Mengonsumsi MPASI Alpukat?

3 dari 5 halaman

Sediakan yang Fresh, Jangan yang Sudah Disimpan Lama!

Selain itu, dr. Reza juga mengingatkan Anda untuk tidak memberikan MPASI menggunakan buah alpukat yang sudah disimpan terlalu lama. 

“Akan lebih baik bila ibu memberikan alpukat berkualitas dan dalam keadaan segar, bukan yang terlalu lama disimpan,” saran dr. Reza.

“Kenapa? Itu karena alpukat mengandung zat dan vitamin-vitamin yang gampang rusak ketika terlalu lama disimpan. Rasanya juga pasti sudah berbeda dan anak suka nggak mau atau rewel pas makan. Jadi, manfaat MPASI alpukat tak akan diserap maksimal oleh si bayi,” terangnya. 

Artikel Lainnya: 5 Resep MPASI yang Praktis untuk Ibu Baru

4 dari 5 halaman

Tak Melulu Dihaluskan, Alpukat Juga Bisa Disiapkan Jadi Finger Food

MPASI memang identik dengan segala sesuatu yang dilumatkan hingga halus. Namun, dr. Reza juga menyarankan ibu untuk menyiapkan alpukat sebagai finger food. 

“Caranya gampang, kok. Alpukatnya memang jangan yang dipilih terlalu lembek atau kematengan, yang pas saja supaya bisa dipotong. Potong-potong buah tersebut menyerupai atau seukuran kentang goreng hanya saja lebih pendek.” sarannya.

Dokter Reza mengatakan, “Ini juga bisa jadi cara untuk mengenalkan tekstur ke bayi Anda dan belajar menggigit sendiri.” 

Selain alpukat, buah yang bisa disiapkan bisa pisang, mangga, semangka, dan pir.

Itu dia penjelasan tentang tips menyiapkan MPASI alpukat. Apabila masih ada pertanyaan seputar cara membuat MPASI alpukat untuk bayi ataupun bahan makanan lain, langsung saja konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar