Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • MPASI Bayam untuk Bayi, Ini Manfaat dan Tips Membuatnya!

MPASI Bayam untuk Bayi, Ini Manfaat dan Tips Membuatnya!

Sayur bayam juga bagus untuk Anda berikan sebagai menu MPASI si kecil yang sehat, kenali manfaat MPASI bayam dan cara membuatnya yang benar.

Senangnya si kecil sudah bisa makan MPASI! Ini saatnya Anda mengenalkan bayi dengan beragam jenis makanan sehat lainnya. Bahan makanan apa yang cocok untuk menu MPASI? Sayur bayam jawabannya.

Bayam memang memiliki beragam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan bayi. Menurut dr. Arina Heidyana, MPASI bayam dapat Anda berikan ketika bayi sudah berusia enam bulan ke atas.

“Karena kandungan nutrisi yang beragam, bayam bermanfaat untuk kekebalan tubuh, perkembangan otak dan saraf, serta meningkatkan sel darah merah,” jelas dr. Arina.

1 dari 3 halaman

Manfaat Makan Bayam bagi Kesehatan Bayi

Sebagai pelengkap nutrisi bayi, sayur bayam adalah salah satu opsi tepat. Dilansir dari Healthline, bayam mengandung serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K1, asam folat, zat besi, kalsium, dan lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi sayur bayam untuk MPASI bagi tumbuh kembang si kecil:

1. Memperkuat Tulang

Bayam kaya akan mineral penting yang baik untuk kesehatan tulang, misalnya kalsium, magnesium, dan fosfor. Vitamin-vitamin dari bayam juga penting untuk menjaga kekuatan tulang.

2. Bermanfaat untuk Otot dan Sirkulasi Darah

Sayuran hijau ini mengandung protein sehingga bisa menjadi sumber asam amino.

Nutrisi dalam bayam pun bisa berfungsi dengan baik bagi pertumbuhan otot bayi bersama sumber protein lainnya, seperti daging, keju, dan kacang-kacangan.

Selain itu, zat besi dan protein dari bayam juga dapat membantu kelancaran sirkulasi darah.

Artikel Lainnya: 10 Resep MPASI untuk Bayi Usia Enam Bulan atau Lebih

3. Menjaga Imunitas Tubuh Tetap Baik

Demi memiliki daya tahan tubuh yang baik, bayi memerlukan beragam vitamin. Nah, bayam bisa bantu memenuhi kebutuhan tersebut dari berbagai vitamin yang dikandungnya, salah satunya vitamin K.

4. Menghidrasi Tubuh

Sayur bayam juga mengandung banyak air, lho. Dengan mengonsumsi bayam, bayi dapat tercukupi kebutuhan cairannya dan terhindar dari dehidrasi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam sayur bayam tak perlu diragukan lagi dalam membantu memelihara kesehatan mata bayi.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bayam mengandung serat yang dapat membantu proses pencernaan bayi. Bila asupan serat tercukupi, si kecil akan bebas dari masalah konstipasi.

Artikel Lainnya: 6 Alasan Kenapa Anak Perlu Makan Bayam

2 dari 3 halaman

Tips Membuat MPASI Bayam

Cukup banyak, bukan, manfaat bayam untuk bayi? Agar bayi tetap aman mengonsumsi bayam, pastikan untuk memilih yang segar dan sebisa mungkin pilih yang organik agar tidak banyak mengandung pestisida.

Berikut ini cara membuat MPASI bayam yang bisa Anda coba:

  • Iris bayam dan cuci bersih.
  • Kukus atau rebus bayam kurang lebih selama lima menit.
  • Angkat, lalu biarkan selama tiga menit agar jadi lebih dingin dan menghentikan proses pemasakan. Anda juga bisa mencelupkan bayam sebentar ke air dingin.
  • Masukkan bayam ke blender, tambahkan air sedikit. Sesuaikan tekstur dan kekentalannya untuk bayi.
  • Puree bayam siap disajikan.

Menurut dr. Arina, MPASI bayam bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya, seperti kentang, nasi, wortel, dan ayam yang juga sudah diolah jadi lebih lembut.

Hl yang terpenting, Anda harus sesuaikan tekstur MPASI bayam sesuai usia bayi. Untuk awal MPASI, lebih baik buat puree dengan tekstur yang lembut agar bayi tidak tersedak.

Selain itu, dr. Arina menyarankan untuk tidak terlalu sering memberi MPASI bayam. Frekuensinya bisa 1-2 kali saja dalam seminggu.

Pastikan bayi tidak alergi terhadap bayam. Lalu, disarankan untuk konsultasi dulu ke dokter anak atau dokter gizi sebelum memberikan bayam untuk bayi.

“Kandungan nitrat bayam bisa memengaruhi kadar oksigen dalam darah bayi dan menghambat penyerapan nutrisi, sehingga berisiko terkena anemia. Jadi lebih baik konsultasi dulu,” saran dr. Arina.

Selalu berikan menu sehat terbaik agar tumbuh kembang bayi lebih optimal! Bila ingin konsultasi seputar gizi bayi dengan dokter spesialis anak, pakai Chat Premium di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar