Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Swamedikasi Batuk Penting Selama Pandemi, Bagaimana Caranya?

Swamedikasi Batuk Penting Selama Pandemi, Bagaimana Caranya?

Menderita batuk selama masa pandemi memang mengkhawatirkan. Bisakah kita melakukan swamedikasi untuk batuk di rumah? Bagaimana caranya?

Batuk merupakan salah satu gejala dari penyakit COVID-19. Penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-19 ini sangat berbahaya karena penularannya tidak dapat diprediksi, dan sudah diderita ratusan juta orang.

Karena tingginya laju penularan, pemerintah merekomendasikan masyarakat untuk tetap berdiam di rumah agar tidak tertular virus ini. Terlebih di tempat umum, kemungkinan Anda berpapasan dengan orang tanpa gejala (OTG) sangatlah tinggi.

Orang tanpa gejala adalah orang yang sudah positif menderita penyakit COVID-19, namun tidak menunjukkan gejala apa pun dan tetap dapat menularkan virus ini kepada orang lain.

Sering kali mereka tetap bepergian tanpa tahu bahwa mereka positif membawa virus COVID. Ketika mereka berinteraksi dengan orang lain tanpa menggunakan protokol kesehatan yang ketat, hal ini membuat penularan virus menjadi lebih cepat.

1 dari 2 halaman

Cara Swamedikasi Batuk

Dengan tingginya risiko tertular, bagi Anda yang sedang menderita batuk mungkin khawatir untuk memeriksakan diri ke rumah sakit. Karena bagaimanapun rumah sakit adalah ruang publik, sehingga ada kemungkinan terdapat banyak  penderita maupun OTG yang berkunjung.

Oleh karena itu, apabila Anda mengalami batuk yang bukan disebabkan oleh penyakit COVID-19, Anda dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah.

Untuk memastikan penyebab batuk tersebut, Anda tidak dapat hanya melihat dari gejala yang ada. Pemeriksaan swab PCR naso-oropharyngeal diperlukan untuk memastikan penyebab batuk yang Anda alami.

Untuk mencegah batuk, sebaiknya Anda melakukan CAKEBS atau Cegah, Kenali, dan Atasi Batuk Segera. Kampanye ini mengajak Anda untuk mencegah terjadinya batuk dengan mengenali faktor-faktor pencetus batuk yang mungkin dapat menyerang Anda, misalnya asap rokok, asma, dll.

Saat Anda sudah mulai batuk, atasilah segera dengan obat batuk yang sebelumnya sudah dipersiapkan di rumah. Obat batuk ini perlu disesuaikan dengan jenis batuk yang diderita (batuk berdahak atau batuk kering).

Obat batuk untuk batuk berdahak berguna untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Sementara, obat batuk untuk batuk kering dapat menekan batuk pada pusatnya dan menghilangkan gatal di tenggorokan.

Swamedikasi batuk adalah hal yang penting selama pandemi dan dapat dilakukan dengan menjalankan kampanye CAKEBS, yaitu Cegah, Kenali, dan Atasi Batuk Segera. Persiapkanlah obat batuk untuk batuk berdahak dan batuk kering di rumah, agar Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi batuk dengan segera. Swamedikasi juga berguna untuk mengurangi risiko menularkan virus ke sekitar kita.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai swamedikasi batuk atau CAKEBS, bisa bertanya melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar