Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cara Mudah Jaga Kesehatan Saat Pandemi, Minum Multivitamin

Cara Mudah Jaga Kesehatan Saat Pandemi, Minum Multivitamin

Pandemi COVID-19 yang masih belum selesai menuntut kita untuk lebih menjaga kesehatan lagi. Jika ingin melengkapi nutrisi dengan multivitamin, sebaiknya bagaimana?

Pandemi COVID-19 merupakan masalah yang masih mendunia, termasuk di Indonesia.

Berdasarkan Analisis Data COVID-19 Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, terlihat bahwa jumlah kasus positif terus mengalami kenaikan. Bahkan, menurut data terbaru tanggal 13 September 2020 dilaporkan kenaikan kasus positif secara nasional mencapai 10,4 persen.

Tentunya, keadaan yang tergolong masih tidak ‘aman’ ini cukup meresahkan. Masyarakat pun terus berusaha untuk menjaga kesehatan dengan cara masing-masing. Banyak orang mulai rutin berolahraga semasa pandemi, juga mengonsumsi berbagai makanan sehat. 

Nah, salah satu cara utama yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari pandemi ini adalah mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Hal-hal utama yang wajib dilakukan adalah sering mencuci tangan, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan menghindari kerumunan.

1 dari 3 halaman

Beberapa Nutrisi untuk Jaga Kesehatan

Konsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda selama masa pandemi ini. Setiap kali makan, isilah piring Anda dengan:

  • Makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, seperti nasi dan kentang
  • Lauk pauk sebagai sumber protein dan mineral, seperti ayam, tempe, kacang-kacangan
  • Sayuran dan buah sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral

Secara khusus, Kementerian Kesehatan menekankan untuk tidak melupakan konsumsi sayur dan buah setiap harinya. Lebih lanjut, disarankan untuk mengonsumsi jenis yang bervariasi dan berwarna-warni untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

Beberapa nutrisi khusus yang penting untuk kesehatan tubuh, antara lain:

  • Vitamin B

Vitamin B, khususnya B6, bermanfaat untuk memengaruhi pembuatan dan aktivitas sel imunitas tubuh. Asam folat (vitamin B9) bekerja sama dengan vitamin B6 untuk menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, berbagai vitamin B diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan kesehatan sistem saraf. Kecukupan asam folat secara khusus sangat penting bagi wanita usia reproduksi, karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf saat mengandung.

Sumber makanan kaya vitamin B adalah sereal, kacang-kacangan, sayur berwarna hijau, buah berwarna kuning dan oranye, juga sumber protein hewani.

  • Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan, sehingga membantu mengatasi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Vitamin E memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, juga baik untuk kesehatan mata dan kulit.

Sumber makanan yang mengandung vitamin E adalah sayuran berwarna hijau, merah dan putih, serta kacang-kacangan.

2 dari 3 halaman

Multivitamin Pilihan untuk Anda

Untuk memastikan berbagai zat gizi terpenuhi, cara utama yang perlu Anda lakukan adalah dengan pola makan yang sehat. Namun, jika dirasa perlu, Anda dapat menambahkan konsumsi multivitamin guna membantu mencukupi kebutuhan nutrisi.

Salah satu pilihan multivitamin yang dapat Anda konsumsi adalah Forneuro. Pada setiap kapsul multivitamin Forneuro terkandung:

  • Vitamin B1 : 100 mg
  • Vitamin B6 : 50 mg
  • Vitamin B12 : 100 µg
  • Asam folat : 400 µg
  • Vitamin E : 200 IU

Forneuro mengandung berbagai vitamin B kompleks dan vitamin E yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh Anda. Selain itu, multivitamin ini juga dapat dikonsumsi mereka yang memiliki gejala pegal, kesemutan, dan cepat lelah. 

Cara menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19 sebenarnya tidak sulit. Patuhilah protokol kesehatan, biasakan pola makan sehat, dan rutin berolahraga. Jika perlu, Anda dapat mengonsumsi multivitamin seperti Forneuro.

Untuk membaca artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar