Sukses

Body Mass Index, Kunci untuk Miliki Berat Badan Ideal

Untuk memiliki berat badan yang ideal, Anda perlu mengetahui nilai indeks massa tubuh yang tepat sesuai usia. Yuk, cari tahu di sini!

Memiliki berat badan ideal pasti jadi impian setiap orang. Untuk mewujudkannya, pola hidup sehat harus dilakukan. Namun, ada satu hal lainnya yang perlu Anda perhatikan yaitu indeks massa tubuh atau body mass index (BMI).

Body mass index ialah estimasi berat/lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan yang dimiliki. Dengan adanya angka BMI, Anda dapat mengetahui apakah sedang memiliki berat tubuh yang tergolong ideal atau tidak.

“Tentu penting mengetahui BMI karena dapat melambangkan kesehatan kita. Semakin tinggi BMI, berarti kita obesitas dan meningkatkan risiko sakit jantung,” ujar dr. Alvin Nursalim, Sp.PD.

Indeks Massa Tubuh Anak dan Orang Dewasa

Melansir Healthline, angka BMI untuk usia di bawah 20 tahun memiliki arti yang berbeda-beda.

Cara hitung BMI pada dasarnya digunakan untuk semua usia, namun pada anak-anak dan remaja hal ini juga bisa bergantung pada jenis kelaminnya.

Selain dengan menghitung BMI, Anda juga bisa gunakan grafik pertumbuhan sesuai umur untuk menunjukkan peringkat indeks massa tubuh dan membantu menentukan berat badan ideal anak. 

Bagaimana dengan orang dewasa? Usia 20 tahun ke atas dapat mengartikan nilai indeks massa tubuhnya berdasarkan kategori status berat badan yang sudah terstandar.

Berikut kategori-kategori angka BMI, baik untuk pria maupun wanita:

  • Di bawah 18,5: underweight (berat badan kurang).
  • 18,5-24,9: normal.
  • 25,0-29,9: overweight (kegemukan).
  • 30,0 ke atas: obesitas.

Artikel Lainnya: Agar Terkontrol, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

1 dari 3 halaman

Berapa Angka Indeks Massa Tubuh Anda?

Sekarang, mari cari tahu angka body mass index yang Anda miliki. Tak perlu bingung, gunakan kalkulator BMI untuk mendapat jawabannya, klik di sini.

Kalkulator BMI akan meminta Anda memasukkan tinggi badan dan berat badan. Setelah itu, sistem kalkulator akan menghitungnya.

Setelah mendapat hasilnya, coba perhatikan kategori mana yang sesuai dengan hasil Anda.

Apa angkanya termasuk normal, atau justru kurang berat badan atau berlebih? Dengan mengetahuinya, Anda dapat lebih berhati-hati dalam pola hidup sehari-hari.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Indeks Massa Tubuh dalam Menjaga Kesehatan

Body mass index termasuk hal penting dalam kesehatan tubuh agar berat badan lebih mudah untuk dikontrol. Selain gaya hidup, Anda pun harus ingat bahwa berat badan juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Selain itu, BMI tidak bisa menjadi satu-satunya acuan dalam menjaga kesehatan tubuh.

“Masih ada parameter tubuh sehat lainnya, misalkan lingkar perut, nilai LDL, trigliserida, ada tekanan darah tinggi atau tidak. Ini adalah parameter untuk sindrom metabolik. Jadi, bila punya sindrom metabolik, risiko diabetes dan sakit jantung bisa meningkat,” dr. Alvin meluruskan.

Ia menekankan, seseorang yang punya angka BMI normal pun belum tentu memiliki parameter lain yang baik juga. Jadi, bila berbicara soal tubuh sehat, tetap perlu pemeriksaan lainnya lebih lanjut selain BMI.

Bila Anda memiliki angka BMI yang tinggi, waspada terhadap berbagai risiko kesehatan yang bisa membahayakan kesehatan.

Beberapa di antaranya yaitu penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit hati, osteoarthritis, diabetes, stroke, dan kanker.

Artikel Lainnya: Kiat Mudah Meningkatkan Berat Badan Secara Alami

Pada dasarnya berat atau lemak tubuh yang berlebihan memang berhubungan dengan beberapa risiko kesehatan tersebut.

Mulailah untuk menerapkan pola hidup lebih sehat, olahraga teratur, makan makanan bergizi seimbang, dan kelola stres.

Begitu juga dengan nilai indeks massa tubuh yang rendah atau di bawah rata-rata. Bila tidak berhati-hati, ada juga beberapa risiko yang mungkin bisa terjadi.

Misalnya, pengeroposan tulang, fungsi imun menurun, masalah jantung, dan anemia defisiensi besi.

Disarankan, berkonsultasilah dengan dokter spesialis gizi atau nutrisionis terkait makanan yang dikonsumsi atau jumlah olahraga yang dilakukan agar berat badan bisa bertambah dengan cara yang sehat.

Namun, risiko-risiko kesehatan dari angka BMI tinggi dan rendah tetap bergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Angka BMI bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pengingat agar lebih menerapkan pola hidup sehat.

Milikilah tubuh sehat dan berat badan ideal dengan cara-cara yang sehat dan benar. Cari tahu tips seputar gizi dan berat badan dari dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter..

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar