Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sering Dikira Susuk, Benda Asing di Tubuh Bisa Jadi Corpus Alienum!

Sering Dikira Susuk, Benda Asing di Tubuh Bisa Jadi Corpus Alienum!

Ketika mendapati ada benda asing dalam tubuh, kerap disebut susuk. Tapi tunggu dulu, jangan-jangan sebenarnya itu corpus alienum.

Belum lama ini, di Instagram dan Twitter sedang viral seseorang yang menemukan benda asing dalam tubuhnya. Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia, adanya benda asing dalam tubuh kerap disebut susuk. Tapi, dalam dunia medis, benda asing itu disebut corpus alienum.

Fenomena susuk sering terjadi di Indonesia. Pengertian gampangnya, susuk adalah tindakan memasukkan benda asing ke dalam tubuh dengan tujuan spiritual, menambah daya tarik, dan kekuatan fisik.

Bagaimana penjelasannya dalam dunia medis? Simak kata dokter berikut ini.

1 dari 4 halaman

Apa Itu Corpus Alienum?

Corpus alienum sendiri artinya menurut dr. Devia Irine Putri adalah benda asing. Benda-benda asing memang diketahui bisa masuk ke dalam tubuh lewat berbagai mekanisme. 

Jadi, jangan heran kalau ada benda dalam tubuh saat pemeriksaan radiologi. Contohnya, kerap terlihat benda-benda kecil dalam tubuh. Kalau benda tersebut tidak mengganggu, maka terbilang aman dan bukan masalah besar.

Namun, baru dinyatakan bermasalah kalau sudah sampai mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Misalnya, gara-gara ada benda asing di mata, penglihatan jadi berkurang. Barulah hal itu perlu diberikan tindakan khusus.

Ditemukannya benda asing dalam tubuh sering terjadi dalam tubuh anak-anak yang sedang mengeksplorasi benda-benda tertentu. Entah benda itu dimasukkan lewat mulut, hidung, atau lubang telinga.

Artikel Lainnya: Kemasukan Serpihan Kayu atau Tertusuk Paku Berkarat, Mana yang Lebih Bahaya?

2 dari 4 halaman

Mengapa Corpus Alienum Sering Dianggap Susuk?

Berbicara benda asing dalam tubuh, kalau di Indonesia, hal ini kerap disebut sebagai susuk. 

Seperti yang dijelaskan di atas, praktik susuk dilakukan dengan memasukkan benda-benda ke dalam bagian tubuh dengan tujuan tertentu.

Jadi, wajar kalau misalnya ditemukan adanya benda asing dalam tubuh, kemudian dianggap sebagai susuk. Akan tetapi, sebenarnya hal itu belum tentu susuk, bisa jadi memang kemasukan benda asing.

"Iya benar [kerap disebut susuk]. Semua benda asing yang di dalam tubuh disebut corpal. Misalnya ada serpihan besi di mata, itu corpal di mata. Biji kacang hijau di hidung, maka itu corpal di hidung," kata dr. Devia Irine.

"Susuk sendiri dalam dunia medis juga bisa disebut corpal, karena tidak seharusnya berada dalam tubuh," sambungnya.

Kalau benar seseorang memasang susuk dan ditemukan ada benda asing, berarti hal ini atas kemauan sendiri. Berbeda dengan kemasukan benda asing secara tidak sengaja.

Namun, dunia medis memang tidak mengenal susuk atau kemasukan benda asing secara tidak sengaja. Semua benda asing yang masuk ke tubuh dianggap sebagai corpal.

Benda-benda asing seharusnya memang tidak ada di dalam tubuh. Misalnya, kapas yang tertinggal di telinga atau jarum di tenggorokan. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengeluarkan benda asing dari dalam tubuh. Tujuannya untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan.

Artikel Lainnya: Amankah Susuk dari Sudut Pandang Medis?

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Corpus Alienum

Corpus alienum perlu segera dikeluarkan dari tubuh. Ada beberapa hal yang ditakutkan malah jadi masalah besar di kemudian hari bila tidak segera diberi penanganan.

Adanya benda asing dalam tubuh biasanya memerlukan prosedur operasi untuk bisa mengeluarkannya.

"Kalau di dalam tubuh, harus operasi. Akan tetapi, kalau masih di mata, hidung, atau telinga, bisa dicoba dulu pakai alat khusus, misalnya pinset atau aligator," ungkap dr. Devia Irine.

Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dulu terkait adanya benda asing dalam tubuh. Jangan sembarangan mengeluarkannya sendiri kalau ragu-ragu atau tidak mengerti cara penggunaan alat yang benar.

Dokter akan membantu mengeluarkan benda asing dengan risiko seminimal mungkin. Kalau Anda melakukan kesalahan dalam mengeluarkannya, dikhawatirkan malah berbahaya untuk tubuh sendiri.

Itulah penjelasan mengenai adanya benda asing di dalam tubuh. Bila mengalami suatu gejala yang tak biasa Anda alami, jangan ragu konsultasi dengan dokter lewat LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar