Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Basmi Corona, Perlukah Disinfektan untuk Bersihkan Toilet dan Kamar Mandi Rumah?

Basmi Corona, Perlukah Disinfektan untuk Bersihkan Toilet dan Kamar Mandi Rumah?

Penggunaan disinfektan menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, apakah efektif jika dipakai untuk membersihkan toilet dan kamar mandi rumah?

Di tengah suasana pandemi saat ini, tentu saja kita semua berharap dapat terhindar dari infeksi COVID-19. Salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah dengan memahami bagaimana proses penularan penyakit ini dan bagaimana sifat-sifat umum dari virus corona.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan kebersihan di rumah, mulai dari sabun cuci tangan hingga disinfektan yang berguna untuk membunuh virus. Lalu, apakah disinfektan ini juga efektif untuk membersihkan toilet dan kamar mandi? Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Cara Penularan Virus Corona

Proses penularan utama dari virus corona adalah melalui person-to-person (orang ke orang). Ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan sekadar berbicara, mereka akan mengeluarkan droplet (cairan berukuran kecil dari mulut atau hidung) yang mengandung virus ke udara.

Virus tersebut dapat melayang-layang di udara beberapa saat dan jika seseorang di sekitarnya menghirup droplet tersebut, mereka dapat terinfeksi COVID-19.

Selain itu, virus ini dapat melekat di permukaan berbagai benda selama beberapa saat. Bahkan, mereka dapat menempel di permukaan benda tersebut jauh lebih lama ketimbang waktu mereka di udara, mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Inilah yang cukup berbahaya karena tanpa disadari, Anda dapat menyentuh benda tersebut dan jika Anda lupa untuk cuci tangan sebelum menyentuh mulut dan hidung, Anda akan tertular penyakit ini.

Setelah memahami bagaimana virus ini menyebar, kita jadi paham mengapa pemerintah terus menggalakkan agar masyarakat menggunakan masker ketika bepergian. Karena dapat mencegah kita menyebarkan droplet atau menghalangi droplet masuk ke mulut atau hidung.

Begitu juga dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Cara ini dapat membantu membunuh virus yang bisa melekat di tangan setelah menyentuh berbagai benda yang terkontaminasi.

1 dari 3 halaman

Bersihkan Toilet dan Kamar Mandi Rumah dengan Disinfektan

Selain menggunakan masker dan mencuci tangan, usaha lain yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari virus corona adalah dengan rutin membersihkan rumah, khususnya benda-benda yang mudah terkontaminasi oleh virus ini.

Mulai dari permukaan meja dan kursi di ruang tamu, lantai rumah, hingga toilet dan kamar mandi.

Kenapa toilet dan kamar mandi? Karena di sanalah berbagai kuman dapat dengan mudah berkembang biak, termasuk virus corona. Anda mungkin sering membuang liur serta lendir dari hidung (ingus) dan hanya membersihkannya dengan air tanpa menggunakan sabun atau larutan disinfektan.

Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan virus ini tetap hidup dan bertahan beberapa lama dalam toilet dan kamar mandi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan toilet dan kamar mandi terutama di masa pandemi ini sangatlah penting.

Salah satu cairan yang dapat Anda gunakan untuk membunuh virus corona di berbagai tempat adalah larutan disinfektan. Larutan disinfektan merupakan berbagai bahan kimia yang dapat menghambat atau membunuh berbagai kuman.

Perlu diingat bahwa larutan disinfektan hanya digunakan pada benda mati, seperti furnitur, lantai, serta toilet dan kamar mandi. Disinfektan tidak diperuntukkan untuk kulit karena dapat mengiritasi kulit dan berpotensi menyebabkan kanker.

Anda dapat menggunakan larutan ini untuk membersihkan permukaan benda-benda yang rawan terkontaminasi, seperti lantai ruang keluarga, dinding, hingga toilet dan kamar mandi.

Lakukanlah dengan rutin terutama ketika rumah Anda tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Mengingat semakin sedikit paparan sinar matahari, semakin lama pula virus corona ini dapat bertahan hidup di permukaan suatu benda.

2 dari 3 halaman

Pilihan Disinfektan yang Efektif Basmi Virus Corona

Biasanya, larutan disinfektan yang beredar di pasaran mengandung salah satu di antara sodium hipoklorit, ammonium kuarterner, alkohol 70 persen, dan hidrogen peroksida.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan larutan disinfektan untuk virus corona adalah disinfektan yang mengandung minimal 0.1 persen sodium hypochlorite.

Oleh karena itu, untuk membersihkan lantai serta dinding toilet dan kamar mandi di rumah, Anda bisa menggunakan produk VIXAL karena mengandung 3 persen sodium hypochlorite, di atas standar minimum yang ditetapkan WHO.

Jadi, dengan menggunakan VIXAL pembersih lantai, Anda dapat merasa tenang karena telah terlindungi dari potensi kontaminasi virus corona di toilet dan kamar mandi Anda.

Demikian informasi mengenai pentingnya penggunaan disinfektan pada toilet dan kamar mandi. Jika ada pertanyaan seputar kesehatan lainnya, silakan berkonsultasi dengan dokter via Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar