Sukses

Mengatasi Sariawan dengan Baking Soda, Apakah Efektif?

Selain jadi bahan untuk pembuatan kue, baking soda juga disebut ampuh untuk mengatasi sariawan. Apakah medis setuju dengan pendapat ini? Cari tahu faktanya!

Baking soda sejak lama sudah dikenal sebagai bahan baku pembuatan roti atau kue, agar hasilnya lebih mengembang dan terasa lezat saat dikonsumsi. 

Di balik kegunaannya tersebut, baking soda katanya juga menyimpan manfaat lain bagi kesehatan.

Banyak yang bilang, baking soda dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sariawan. Dengan penggunaan yang benar, manfaat soda kue untuk sariawan bahkan dapat dirasakan dengan sangat optimal.

Pertanyaannya, apakah anggapan tersebut sejalan dengan fakta medis yang sebenarnya? 

Menilik Kandungan dalam Baking Soda 

Berdasarkan dr. Devia Irine Putri, baking soda umumnya memiliki kandungan zat kimia berupa natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat

Kedua bahan tersebut berfungsi untuk menghasilkan gelembung-gelembung karbon dioksida, yang bisa mengembangkan adonan kue. 

“Beberapa riset ilmiah menyebut, senyawa yang ada dalam soda kue mengandung antibakteri dan antimikroba yang bisa membantu menyehatkan kondisi mulut,” kata dr. Devia.

“Jadi, segala jenis kuman penyebab bau mulut maupun infeksi bisa diatasi dengan berkumur menggunakan baking soda,” jelasnya.

Artikel Lainnya: 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan yang Mengganggu

1 dari 3 halaman

Mengatasi Sariawan dengan Baking Soda, Apakah Efektif?

Manfaat baking soda untuk sariawan ternyata bukan isapan jempol belaka. Namun, apakah penggunaannya aman? Menanggapi hal itu, drg. Callista Argentina angkat bicara. 

Menurut drg. Callista, soda kue bisa menetralkan asam yang menyebabkan lesi dalam mulut (ulserasi). 

Tidak hanya itu, kandungan antibakteri dalam pengembang kue ini juga bisa membantu proses penyembuhan secara cepat. 

“Agar lebih efektif, Anda bisa berkumur dengan campuran larutan air garam ditambah baking soda. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan satu gelas air, lalu tambah setengah sendok teh baking soda. Kumur selama 30 detik, lalu buang,” ujar drg. Callista. 

“Sebagai alternatif, Anda juga bisa membuat pasta baking soda. Caranya, campur baking soda dengan air, lalu aduk hingga mengental. Oleskan racikan tersebut pada sariawan untuk mengurangi rasa sakitnya. Lakukan sampai sariawan tidak sakit lagi,” sambungnya.. 

Artikel Lainnya: Tak Hanya Kurang Vitamin C, Ini 7 Alasan Anda Sering Sariawan

2 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Gunakan Baking Soda untuk Obat Sariawan

Meski aman dan diperbolehkan menggunakan baking soda untuk sariawan, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada akan kemungkinan terjadinya efek samping. 

Faktanya, penggunaan baking soda secara sembarangan dapat membuat sariawan semakin parah. Karenanya, Anda tidak boleh langsung menaburkan soda kue, tanpa diracik sesuai dengan ketentuan yang telah dijelaskan sebelumnya.

“Pastikan untuk berkumur dengan air putih setelah menggunakan racikan baking soda. Hentikan pemakaian jika timbul rasa perih dan menyengat pada sariawan,” tutur Drg. Callista. 

Selain itu, drg. Callista juga menyarankan agar baking soda untuk sariawan tidak digunakan oleh anak di bawah umur. Pasalnya, penggunaan soda kue pada anak bisa menimbulkan rasa perih yang tidak tertahankan dan berisiko tertelan. 

“Sariawan bisa disembuhkan dengan kumur larutan khusus yang mengandung chlorhexidine, atau dengan mengoleskan gel yang mengandung chlorhexidine atau asam hialuronat. Ini lebih aman ketimbang penggunaan baking soda,” kata drg. Callista. 

Manfaat baking soda untuk sariawan sudah tidak diragukan lagi. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya agar tidak malah memicu efek samping merugikan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat baking soda atau punya pertanyaan lain mengenai masalah gigi dan mulut? Konsultasikan secara langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar