Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Metode Dry Brushing untuk Atasi Selulit, Efektif Tidak, Ya?

Metode Dry Brushing untuk Atasi Selulit, Efektif Tidak, Ya?

Melakukan metode dry brushing katanya efektif menyamarkan selulit. Benar atau tidak, ya? Mari simak penjelasan dari dokter berikut.

Tak cuma jerawat dan bekas luka yang kadang bikin kepercayaan diri wanita turun. Masalah seperti selulit kerap membuat wanita berdecak kesal. Coba cari cara sana-sini buat atasi selulit, lalu ketemulah metode dry brushing

Lantas, efektifkah cara dry brushing tersebut untuk mengatasi selulit? Atau jangan-jangan itu percuma saja?

Apa Itu Dry Brushing?

Sebelum membahas keampuhannya, ada baiknya Anda kenali dulu metode yang satu ini. Metode dry brushing merupakan teknik perawatan kulit alami yang melibatkan sikat berbulu kaku ke seluruh kulit dengan gerakan memanjang atau melingkar. 

Meski dry brushing terbilang baru di dalam dunia perawatan kulit Barat, metodei ini sebenarnya sudah berabad-abad menjadi bagian dari pengobatan tradisional Ayurveda.

Menyikat permukaan kulit dipercaya dapat memberi sejumlah manfaat, termasuk pengelupasan sel kulit mati, menstimulasi sistem peredaran darah, hingga menyamarkan selulit. 

1 dari 4 halaman

Seberapa Efektif Dry Brushing Atasi Selulit?

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, hingga saat ini sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang membenarkan manfaat dry brushing adalah untuk menghilangkan selulit. 

Selulit itu sendiri dialami sekitar 80-90 persen wanita di dunia. Saat Anda mengalami penambahan berat badan, terjadi tarik ulur antara jaringan di bawah permukaan kulit dan sel-sel lemak, muncullah selulit. 

“Metode dry brushing diaplikasikan dari luar itu pada dasarnya tidak bisa mengendurkan jaringan di bawah kulit, sehingga efektivitasnya tidak ada untuk mengurangi masalah selulit,” jelas dr. Theresia.

Kendati tidak efektif sebagai cara mengatasi selulit, manfaat dry brushing tetap ada, meski untuk tujuan yang lain. 

Dokter Theresia mengatakan, “Dry brushing sendiri konsepnya untuk mengangkat sel kulit mati. Tentu ini bagus juga untuk membantu kulit beregenerasi sehingga kulit tampak lebih cerah dan lembut. Ini justru lebih efektif untuk menghilangkan kekusaman ketimbang selulit."

"Lalu, dry brushing itu caranya digosok-gosokkan ke tubuh begitu, ya. Jadi, ini hampir mirip dengan teknik memijat yang bisa memperlancar sirkulasi darah ke kulit. Selain untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan, dia juga bisa memberikan efek relaksasi.”

Artikel Lainnya: Ini Dia 6 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit

2 dari 4 halaman

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Selulit yang Efektif?

Jika memang tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan selulit, dr. There merekomendasikan Anda untuk menurunkan berat badan ke angka yang lebih ideal. 

“Cara menurunkan berat badannya bisa lewat diet seimbang dan lebih aktif bergerak, tidak perlu sampai diet ekstrem,” sarannya. 

Ia menambahkan, “Kalau berat badan sudah agak turun karena pola makan yang lebih baik, jangan lupa olahraga. Olahraga bisa mengencangkan kulit Anda sehingga sesudahnya tidak menggelambir."

"Jangan lupa juga untuk rutin mengoleskan pelembap ke kulit yang bermasalah, itu bisa mengurangi tampilan selulit,” dia menambahkan. 

Selebihnya, Anda bisa melakukan terapi medis yang efektif. Misalnya saja, laser cellulaze, terapi gelombang akustik, subcision, vacuum-assisted precise tissue release, hingga carboxytherapy

Mana yang terbaik dan cocok untuk kulit dan kondisi Anda, harus dikonsultasikan dulu pada dokter. 

Artikel Lainnya: Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

3 dari 4 halaman

Tetap Ingin Melakukan Dry Brushing, Ini Tipsnya!

Seperti yang sempat disebutkan oleh dr. There, metode dry brushing tetap memiliki sejumlah manfaat lain, meski tidak efektif untuk menghilangkan selulit. 

Bila ingin merasakan manfaat dry brushing untuk mencerahkan kulit dan melancarkan peredaran darah, tips yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Pilih sikat yang dibuat dari bulu alami dan berbahan lembut supaya tidak meninggalkan bekas kemerahan atau goresan.
  • Lakukan metode ini di kamar mandi dan tidak mengenakan pakaian agar lebih mudah serta efektif. 
  • Agar lebih licin dan wangi, manfaatkan juga minyak kelapa, atau minyak esensial favorit Anda. Dimulai dari kaki, sapukan dengan gerakan lembut memutar. 

  • Setelah metode dry brushing selesai, Anda bisa mandi untuk mengangkat sel-sel kulit mati hasil penggosokkan. 

Itu dia efektivitas metode dry brushing sebagai cara mengatasi selulit. Bila Anda masih ada pertanyaan seputar kulit, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar