Sukses

Sering Beruntusan, Ketahui Cara Hilangkan Jerawat Pasir

Meski tidak berbeda jauh dengan yang biasa, jerawat pasir muncul dalam jumlah yang banyak dan bentuknya kecil-kecil. Bagaimana cara mengatasinya?

Jerawat merupakan permasalahan yang umum terjadi. Baik pada wanita maupun pria, jerawat bisa muncul kapan saja dan di banyak area, terutama bila Anda memiliki kulit sensitif atau kotor. 

Salah satu jenis jerawat yang sering muncul adalah jerawat pasir. Bagaimana cara mengatasinya?

1 dari 3 halaman

Sekilas tentang Jerawat Pasir

Jerawat pasir merupakan jenis jerawat kecil yang muncul dalam jumlah banyak pada wajah. Menurut dr. Devia Irine Putri, jerawat pasir juga bisa disebut beruntusan, karena berjumlah banyak dan merata di beberapa bagian kulit. 

Tekstur jerawat pasir sendiri sangat kasar dan tidak jarang muncul kemerahan pada kulit. 

“Penyebabnya biasanya dikaitkan dengan gesekan berlebih pada kulit. Namun, bisa juga akibat penggunaan kosmetik, tersumbatnya pori-pori kulit karena kebersihannya tidak terjaga, dan faktor hormonal,” ujar dr. Devia.  

Umumnya, jerawat pasir terbentuk dari komedo putih, biang keringat, atau papula. Meski tidak selalu meradang seperti jerawat biasa, tapi tidak menutup kemungkinan jerawat pasir juga ikut bernanah, memerah, dan meradang. 

“Bedanya dengan jerawat biasa terletak pada ukuran dan jumlahnya. Biasanya lebih sedikit kalau jerawat biasa,” kata dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Lakukan 6 Langkah Ini agar Selalu Bebas dari Jerawat

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Sama dengan mengatasi jerawat pada umumnya, berikut beberapa cara mengatasi jerawat pasir yang perlu Anda terapkan: 

  1. Jangan Sering Menyentuh Area Wajah 

Kebiasaan menyentuh wajah dengan telapak tangan memang masih menjadi tabiat kebanyakan orang. 

Padahal, menyentuh area wajah dengan telapak tangan bisa jadi salah satu faktor munculnya jerawat pada wajah, termasuk jerawat pasir. 

Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh area wajah, terlebih di masa pandemi virus corona seperti sekarang. Selain meningkatkan risiko kulit berjerawat, risiko tertular virus corona juga tinggi. 

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Tidak sedikit orang yang masih malas membersihkan wajahnya setelah pergi seharian dari luar. 

Hal ini justru membuat kotoran menumpuk di area wajah dan berujung pada timbulnya jerawat pasir. Karena itu, Anda wajib mencuci muka setiap pulang dari luar rumah! 

  1. Hindari Memencet Jerawat

Meski bentuknya kecil, ada saja orang yang iseng memencet jerawat maupun menyentuhnya dengan tangan. Padahal, memencet jerawat justru membuat jerawat jadi semakin meradang dan meninggalkan bekas luka pada wajah. 

Jika Anda menjadi salah satu yang gemar memencet jerawat, maka segera ubah kebiasaan tersebut dan coba tutup jerawat dengan acne patch

Artikel Lainnya: Sudah Bukan Remaja tapi Jerawat Masih Muncul, Ini 6 Penyebabnya

  1. Kurangi Penggunaan Makeup

“Bukan tidak boleh menggunakan makeup, tapi ada baiknya bila Anda mengurangi atau stop dulu pakai kosmetik saat wajah sedang berjerawat. Penambahan polesan kosmetik pada jerawat justru bisa memperparah kondisinya dan butuh waktu cukup lama untuk mengobatinya,” ujar dr. Devia.

  1. Gunakan Obat Jerawat 

Pakailah obat jerawat terpercaya yang banyak dijual di pasaran, misalnya krim, gel, maupun salep jerawat. Pilih yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, tea tree oil, dan asam alfa hidroksida (AHA). 

  1. Gunakan Skin Care Sesuai Jenis Kulit 

Selain mencuci muka, Anda juga perlu cermat dalam memilih skin care untuk kulit wajah. Jangan hanya karena ikut-ikut teman, tapi pilihlah skin care yang memang cocok dan sesuai dengan jenis kulit. 

Pasalnya, memilih jenis produk skin care yang salah bisa jadi salah satu faktor muka jadi berjerawat atau membuatnya jadi semakin meradang dan banyak.

  1. Banyak Minum Air Putih 

Hati-hati, kulit pun bisa dehidrasi. Jadi, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. 

Menurut dr. Devia, dengan tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh, kulit akan menjadi lebih lembap, kenyal, dan masalah jerawat bisa diatasi dengan mudah. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat. Bila jerawat pasir tidak kunjung hilang dan semakin meradang, segera ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Konsultasikan masalah kulit Anda lebih mudah dengan dokter kulit lewat fitur Chat Premium di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar