Sukses

Benarkah Golongan Darah Tentukan Karakter Seseorang?

Menilai karakter dari zodiak sudah biasa. Tapi bagaimana dengan melihat sifat berdasarkan golongan darah? Valid atau tidak, ya? Simak di sini.

Bagi sebagian orang yang percaya dengan astrologi, menebak kepribadian seseorang bisa dilakukan dengan membaca zodiak. 

Namun, bagaimana jika membaca karakter menurut golongan darah? Apakah ini bisa dipercaya? Simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Kepribadian Menurut Golongan Darah

Meski tidak bisa dikatakan valid, ada saja orang yang masih percaya bahwa kepribadian seseorang bisa dinilai dari golongan darah. 

Padahal, tes kepribadian melalui golongan darah belum memiliki bukti sahih dan ilmiah untuk dipastikan kebenarannya. 

Kepercayaan ini bermula pada 1930 di Jepang. Ketika itu, profesor bernama Takeji Furukawa menerbitkan sebuah jurnal yang mengklaim seseorang bisa dinilai kepribadiannya berdasarkan golongan darah.

Konon, ada banyak penelitian yang merinci bagaimana golongan darah dapat mengungkapkan pola kesehatan pribadi. 

Studi menemukan, terdapat hubungan yang cukup signifikan antara golongan darah ABO dengan kepribadian yang dimiliki seseorang. 

Berikut analisis yang telah ditulis dalam studi tersebut mengenai karakter dan sifat berdasarkan golongan darahnya: 

  • Golongan Darah A 

Berdasarkan analisis yang dilakukan para peneliti, orang dengan golongan darah A memiliki karakter yang sangat terorganisasi, kritis, bertanggung jawab, konsisten, dan berusaha untuk selalu berhasil dalam situasi apapun. 

Selain itu, orang dengan golongan darah A juga memiliki kepribadian yang menonjol, perfeksionis, memiliki keinginan kuat untuk membantu, berkelakuan baik, bisa bekerja sama saat dengan orang lain. 

Mereka juga sangat menjaga apa yang sudah ditetapkan dan diajarkan, dan sensitif terhadap perkataan orang lain.

Menurut National Institutes of Health, Amerika Serikat,  pemilik golongan darah A cenderung memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih tinggi dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: Antisipasi Risiko Penyakit dari Golongan Darah Anda

  • Golongan Darah B 

Orang yang memiliki golongan darah B biasanya cenderung memiliki rasa penasaran yang sangat besar dan tertarik terhadap segala sesuatu yang memiliki peluang besar. Mereka cenderung punya terlalu banyak kegemaran atau hobi.

Orang dengan golongan darah B juga umumnya sangat aktif dan kreatif. Sayangnya, mereka sering juga dianggap sulit untuk bekerja sama dengan sesama rekan kerja karena lebih dominan dan suka membuat aturan sendiri. 

Sebuah studi di Harvard University, AS, menemukan wanita dengan darah B  memiliki 11 persen peningkatan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan tipe O. 

Mereka juga memiliki hingga 50.000 kali jumlah strain bakteri baik dibandingkan orang dengan golongan darah A atau O. 

  • Golongan Darah AB 

Ketimbang dengan golongan darah lainnya, mereka yang punya golongan darah AB cenderung lebih misterius dan karakternya sulit ditebak. 

Meski begitu, orang dengan golongan darah AB tetap pandai dalam bergaul dan memiliki banyak teman. 

Beberapa penelitian  juga menyebutkan golongan darah AB punya sikap yang kritis dan rasional. Sayangnya, mereka sering kali dianggap tidak tegas dan cukup sensitif dalam beberapa hal. 

  • Golongan Darah O 

Untuk golongan darah yang terakhir, yaitu O, beberapa penelitian menyebut, orang dengan golongan darah O memiliki sikap yang easy going dan mudah berteman dengan siapa saja. 

Mereka juga cenderung punya sikap yang rendah hati, perhatian, terbuka, dan mau menerima pendapat atau saran dari orang lain. 

Hanya saja, orang dengan golongan darah O cukup mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain, hingga bisa menjerumuskan dirinya sendiri.

Artikel Lainnya: Hati-Hati, Golongan Darah, A, B, O Lebih Mudah Kena Stres Berat!

2 dari 3 halaman

Bagaimana Pendapat Psikolog Mengenai Hal Ini?

Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi. mengatakan, sampai saat ini, tidak ada bukti atau penelitian valid yang menyebut bahwa kepribadian dan sifat berdasarkan golongan darah benar adanya.

“Dari yang saya baca, ada beberapa yang setuju dan tidak setuju. Mereka yang setuju mengatakan ada protein-protein tertentu yang membangun semua sel dalam tubuh, sehingga bisa menentukan karakter dan kepribadian seseorang,” kata Ikhsan.

“Namun, tentu dalam dunia medis hal ini tidak valid dan belum ada penelitian pasti yang mendukung pernyataan tersebut,” psikolog itu menjelaskan. 

Dia menambahkan lagi, sebenarnya ini ilmu semu, karena golongan darah tidak mutlak menentukan karakter seseorang. 

“Ada banyak faktor yang membentuk karakter seseorang. Misalnya, pola asuh, lingkungan tempat dia tinggal, dan pengalaman hidupnya. Jadi, bukan semata karena golongan darahnya,” ujar Ikhsan.

Nah, bagaimana dengan Anda? Masih percayakah dengan sifat berdasarkan golongan darah? Sekadar tahu tak mengapa, tapi jangan dijadikan acuan baku untuk menilai sifat seseorang, ya.

Pantau terus informasi menarik seputar kesehatan lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar