Sukses

Manfaat Terbaik MPASI Wortel untuk Kesehatan si Kecil

Untuk mendukung tumbuh kembangnya agar lebih optimal, berikan bayi Anda asupan bergizi dari MPASI wortel yang kaya manfaat!

Saat bayi sudah bisa mengonsumsi beragam asupan bergizi lainnya selain ASI, waktunya untuk ibu berkreasi membuat menu MPASI agar kecukupan nutrisi bayi dapat terpenuhi.

Bukan asal berkreasi, ibu tetap perlu memerhatikan bahan makanan apa saja yang dapat diolah menjadi MPASI. Nah, wortel bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa dicoba. 

Umumnya, wortel bisa diberikan ketika bayi sudah berusia enam bulan. Menurut American Academy of Pediatrics, memberi wortel kepada bayi kurang dari usia tersebut tidak aman karena kandungan nitrat di dalamnya.

1 dari 3 halaman

Manfaat Wortel untuk Kesehatan Bayi

Dalam wortel, terdapat banyak sekali kandungan penting yang bermanfaat untuk perkembangan bayi. Menurut dr. Arina Heidyana, wortel mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga manfaatnya pun beragam. 

Misalnya, untuk daya tahan tubuh, kesehatan mata dan pencernaan, serta peredaran darah.

Berdasarkan informasi gizi dari United States Department of Agriculture, AS, beberapa di antaranya yaitu karbohidrat, gula alami, serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, dan selenium.

Tak hanya itu, wortel juga mengandung banyak vitamin penting, seperti vitamin A, E, K, B9 (folat), C, B1, B2, B3, dan lainnya.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi wortel bagi bayi:

  1. Memelihara Kesehatan Mata

Beta karoten dalam wortel penting untuk menjaga kesehatan retina mata. Retina mata yang sehat dapat membuat penglihatan menjadi lebih baik dan jernih. 

Untuk itu, wortel menjadi salah satu asupan penting yang bermanfaat bagi mata bayi.

  1. Membantu Memperlancar Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mikronutrien seperti flavonoid dari wortel dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Selain itu, kandungan tersebut baik juga untuk ginjal agar dapat berfungsi lebih maksimal sebagai filter racun dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Pola Makan MPASI Sesuai Tahapan Usia si Kecil

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun yang baik merupakan hal utama bagi bayi agar tidak mudah terkena penyakit. Studi dalam jurnal Food and Nutrition Sciences menyebutkan, konsumsi wortel secara rutin dapat meningkatkan jumlah limfosit dan trombosit. 

Sel-sel darah tersebut tersebut berperan penting dalam mengatur kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Fungsi Hati

Nutrisi penting dalam wortel dapat membantu melindungi organ hati dari efek-efek berbahaya yang dihasilkan oleh bahan kimia beracun. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi wortel dapat menjaga kesehatan organ hati bayi.

  1. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Mengonsumsi wortel dapat membantu tubuh untuk mengontrol pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Lalu, sayuran ini juga bisa mendukung pemulihan pada tubuh.

Artikel Lainnya: 5 Resep MPASI yang Praktis untuk Ibu Baru

2 dari 3 halaman

Tips Membuat MPASI Wortel untuk Bayi

Untuk membuat MPASI wortel, Anda harus memasak wortel hingga matang terlebih dahulu. Ini karena  dikhawatirkan wortel mentah dapat memicu reaksi alergi.

“Untuk jenisnya, wortel biasa atau baby carrot sama-sama bisa dikonsumsi bayi, karena kandungan nutrisinya sama,” ucap dr. Arina.

Cuci bersih wortel dan buang bagian-bagian yang kotor. Anda bisa mencucinya sambil direndam dalam air agar lebih bersih, lalu cuci lagi dengan air. Keringkan, lalu potong-potong dan taruh di dalam wadah yang bersih dan kedap.

Untuk memasaknya, Anda bisa mengukus agar wortel lebih lunak dan terjaga nutrisinya, atau merebusnya. Dengan begitu, wortel dapat diolah menjadi puree yang sehat untuk bayi.

Menurut dr. Arina, MPASI wortel sebaiknya disesuaikan dengan usia bayi. “Kalau masih awal MPASI, teksturnya harus agak cair. Jadi, wortelnya bisa dikukus dulu lalu diolah jadi bentuk makanan yang lunak,” jelasnya.

Ia menambahkan, MPASI wortel bisa saja dikombinasikan dengan bahan makanan lain, misalnya sayuran, daging, ayam, hati, dan lainnya yang sesuai kondisi bayi Anda. Yang penting, teksturnya harus sesuai.

Pastikan bayi tidak memiliki riwayat alergi terhadap wortel. Bila ingin mencampurnya dengan bahan makanan lain, pilih yang aman dan tidak memicu reaksi alergi.

Konsultasi seputar gizi bayi bisa Anda lakukan hanya dengan smartphone lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter. Bayi sehat, ibu pun bahagia!

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar