Sukses

Manfaat Baik Konsumsi Kentang saat Hamil

Kentang memang punya sederat manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, nyatanya kentang juga sangat bagus bagi ibu hamil, lho.

Mengonsumsi makanan yang sehat penting bagi semua orang, apalagi saat sedang hamil. Ibu hamil butuh banyak nutrisi baik untuk mendukung kondisinya dan janin. Nah, kentang bisa jadi jawabannya.

Kentang diketahui kaya akan serat, vitamin, dan nutrisi penting lainnya untuk wanita hamil. Apa saja manfaatnya bagi kehamilan dan bagaimana cara konsumsi yang tepat?

Ibu Hamil Boleh Makan Kentang

Boleh bukan berarti sembarangan, ibu hamil tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum makan kentang supaya benar-benar aman bagi kehamilannya.

Namun, umumnya makan kentang memang boleh untuk ibu hamil. Hal ini dibenarkan oleh dr. Devia Irine Putri.

"Kentang mengandung sumber karbohidrat, serat, asam folat, serta vitamin B dan C. Jadi, ibu hamil bisa dapat nutrisi juga. Serat yang cukup bisa membuat ibu hamil lebih mudah buang air besar dan terhindar dari konstipasi," ujar dr. Devia Irine.

1 dari 3 halaman

Manfaat Makan Kentang saat Hamil

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makan kentang ketika sedang hamil, yakni:

1. Mengurangi Asam Lambung

Kentang sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah pencernaan atau asam lambung. Satu porsi kentang tumbuk bisa membantu mengurangi masalah kesehatan itu. Makanan tersebut juga lebih mudah dimakan dan dicerna.

2. Kaya Vitamin B dan C

Vitamin dalam kentang membantu penyembuhan luka dan meningkatkan kekebalan. Kandungan tersebut juga membantu penyerapan zat besi dari makanan lain.

3. Sumber Asam Folat yang Baik

Asam folat sangat penting dalam perkembangan otak janin dan sistem saraf. Mengonsumsi makanan kaya asam folat pada tahap awal kehamilan dapat mengurangi kemungkinan ibu hamil mengalami keguguran.

4. Tinggi Karbohidrat

Kentang kaya akan karbohidrat dan berfungsi sebagai sumber energi yang baik untuk ibu hamil. 

Akan tetapi, penting untuk tetap berolahraga dan aktif demi mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan dari kentang, serta makanan kaya karbohidrat lainnya.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kulit kentang mengandung banyak kalium yang dikenal dapat mengurangi risiko serangan jantung dan hipertensi karena menurunkan tekanan darah. Untuk itu, kentang sangat baik dikonsumsi ibu hamil agar terhindar dari risiko kronis tersebut.

Artikel Lainnya: Jangan Simpan Kentang di Kulkas, Ini Alasannya

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil saat Makan Kentang

Meski manfaatnya luar biasa, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat makan kentang. Salah satunya kandungan karbohidrat yang tinggi di dalamnya.

"Karena kentang termasuk karbohidrat, hati-hati kalau terlalu banyak. Sebab, bisa meningkatkan risiko obesitas yang akhirnya menyebabkan diabetes gestasional. Terlebih kalau makan kentangnya digoreng dan ditambah mayones," dr. Devia mengingatkan.

Cara paling sehat untuk makan kentang adalah direbus atau dikukus. Kalau mau digoreng boleh juga, tapi sesekali saja.

"Jangan terlalu banyak menambahkan garam, keju, dan campuran lainnya," saran dr. Devia Irine.

Selain itu, dr. Devia Irine juga mengatakan sebaiknya jumlahnya juga diperhatikan alias jangan berlebihan. Ingat, sesuatu yang berlebihan justru bisa menghadirkan masalah.

Kemudian, ada beberapa hal lainnya juga yang perlu diperhatikan sebelum makan kentang. Hal ini terkait fisik kentang itu sendiri.

Artikel Lainnya: Mengapa Konsumsi Kentang Penting untuk Diet Anda?

"Hindari kentang yang ada bintik hijaunya. Hal ini menandakan kentang terpapar cahaya sehingga menghasilkan solanin," kata dr. Devia Irine. 

"Solanin membantu kentang untuk terhindar dari bakteri atau kuman lainnya. Tapi, berbahaya bagi manusia bila dikonsumsi berlebihan. Karena, bisa menyebabkan masalah saluran cerna, seperti diare, mual muntah, dan sakit kepala," pungkas dr. Devia Irine.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak makan kentang bagi ibu hamil. Dapatkan manfaat sehatnya secara maksimal untuk kesehatan ibu dan calon bayi.

Konsultasikan seputar asupan gizi ibu hamil lebih lengkap dengan dokter via LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar