Sukses

Ini Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Bisul sangat menyakitkan hingga ingin cepat-cepat diobati. Namun, sebelum buru-buru pakai obat dokter, coba dulu obat alami bisul ini!

Diawali dari benjolan kecil yang keras berwarna merah, bisul bisa menimbulkan rasa nyeri menyakitkan bagi penderitanya.

Karena rasa tidak nyaman itu, sebagian orang memilih menggunakan bahan obat bisul alami untuk mengatasinya.

Kenali Dulu Penyebab Bisul

Banyak orang masih memercayai kalau penyebab bisul, atau dalam istilah medis disebut furunkel, bersumber dari makanan, seperti telur. Padahal, itu adalah keliru.

"Bisul sebenarnya disebabkan oleh infeksi bakteri, kebanyakan oleh bakteri Staphylococcus. Biasanya, benjolan ini muncul karena kurang jaga kebersihan kulit, ada jerawat atau luka sebelumnya sehingga memudahkan bakteri masuk," ungkap dr. Devia Irine Putri.

Furunkel dapat terjadi di area kulit mana saja, meski umumnya muncul di leher, bokong, paha, dan juga ketiak.

Gejala bisul biasanya sebagai berikut:

  • Benjolan keras, merah, dan nyeri biasanya berukuran sekitar setengah inci.
  • Selanjutnya, benjolan menjadi lebih lembut, lebih besar, dan lebih nyeri. Kantong nanah pun terbentuk di bisul.
  • Kulit di sekitar bisul menjadi terinfeksi. Menjadi merah, nyeri, hangat, dan bengkak.

Dalam kasus yang berat, dapat muncul lebih banyak bisul di sekitar yang asli, demam bisa terjadi, serta dapat terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.

Artikel Lainnya: Bisul Tak Kunjung Sembuh, Apa yang Perlu Dilakukan?

1 dari 3 halaman

Cara Atasi Bisul dengan Bahan Alami

Bisul memang jarang sekali dalam kondisi yang berat hingga butuh penanganan di rumah sakit. Biasanya, benjolan menyakitkan ini bisa diobati di rumah atau bahkan sembuh dengan sendirinya.

"Kalau awal-awal bisa dibantu kompres dengan air hangat dan minum obat antinyeri. Tidak boleh dipencet sendiri karena justru bisa mengakibatkan infeksi," ujar dr. Devia Irine. 

"Jika bisul semakin besar, nyeri, sampai tubuh demam, biasanya diberikan antibiotik dan biasanya dilakukan tindakan insisi untuk mengeluarkan nanahnya," dia menjelaskan. 

Namun, selain yang disebutkan di atas, Anda bisa mengobati bisul sendiri dengan bahan alami. Cara mengobati bisul secara alami itu adalah:

  • Tea Tree Oil

Minyak pohon teh alias tea tree oil memiliki sifat antiseptik dan juga antibakteri yang kuat. Atas alasan tersebut, minyak esensial ini yang bisa mengobati infeksi bakteri penyebab bisul. 

Campurkan tea tree oil yang sudah diencerkan dengan kapas. Oleskan kapas ke bisul 2-3 kali sehari. Lakukan ini setiap hari hingga bisul sembuh.

  • Kunyit dan Jahe

Kunyit dan jahe direbus bersama dengan waslap bersih dalam air garam. Didihkan selama 5-10 setiap hari. Setelah itu, aplikasikan waslap ke bisul Anda.

Kunyit dikenal punya sifat anti-inflamasi serta antibakteri, yang bisa membantu mengatasi keluhan bisul Anda dengan cepat.

  • Bawang Merah

Obat bisul alami berikutnya adalah bawang merah. Iris agak tebal bawang merah, lalu bungkus dengan kain kasa halus. Letakkan kain kasa di atas bisul atau luka selama 1 jam sekali, dalam dua kali dalam sehari.

  • Garam Epsom

Garam jenis ini dikenal punya kemampuan dalam mengobati bisul. Garam epsom memang bisa membantu dalam mengeringkan nanah, sehingga bisul mengering.

Larutkan garam Epsom bersama air hangat. Kemudian, rendam kain halus di dalamnya. Oleskan kompres ke bisul selama beberapa saat. Lakukan ini setidaknya 3 kali sehari hingga bisul sembuh.

  • Minyak Neem

Cara alami mengobati bisul lainnya adalah dengan minyak neem, atau lilac India. Minyak ini punya sifat antibakteri, antimikroba, plus antiseptik yang bermanfaat untuk membantu mengatasi infeksi kulit, termasuk bisul, dengan cepat.

Caranya, oleskan minyak neem ke bisul 3-4 kali sehari. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah mengaplikasikannya.

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Pengobatan Bisul dengan Bawang Putih

2 dari 3 halaman

Apa Pengobatan Bisul Cukup dengan Bahan Alami Saja?

Bahan alami memang dapat mengatasi bisul. Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Sebab, dalam beberapa kasus, furunkel bukannya sembuh malah semakin parah.

"Bahan alami memang tidak menjamin sepenuhnya bisul bisa kempes dan sembuh. Ada juga kemungkinan memperparah kondisi bisul," ungkapnya.

Dengan kata lain, saat bisul tak kunjung sembuh atau semakin parah, Anda harus ke dokter. Berikut waktu yang tepat untuk Anda menemui dokter:

  • Bisul terus membesar meski dirawat di rumah.
  • Furunkel belum hilang atau hilang setelah seminggu perawatan di rumah.
  • Benjolan sudah sebesar bola pingpong.
  • Kulit di sekitar bisul berwarna merah cerah atau terlihat ada garis-garis merah yang memanjang.
  • Bisulnya sangat menyakitkan.
  • Ada gumpalan lain di dekat bisul.
  • Mengalami bisul berulang selama beberapa bulan.
  • Anda penderita diabetes.

Bisul memang masalah kecil tapi tidak boleh diremehkan begitu saja. Kalau obat alami bisul di atas tidak juga menyembuhkan atau mengurangi keluhan, segeralah ke dokter.

Pantau terus informasi kesehatan lainnya hanya di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

1 Komentar

  • Susi

    Selamat siang dokter,sy mau kl seandainya ada slh satu tetangga kt terkena covid tp dia isolasi sendiri dirumah gimana tuh